5 Trik Sulap Teras Jadi Ruang Tamu yang Cozy dan Instagramable 

Cara Mengubah Teras Jadi Ruang Tamu yang Nyaman dan Estetik

Mau sulap teras jadi ruang tamu minimalis? Ide yang bagus! Dengan konsep ini, kamu dapat mengalihfungsikan area ruang tamu di dalam rumah sebagai ruangan lain, seperti ruang kerja atau untuk memperluas ruang makan. Privasi penghuni lain juga akan terjaga dengan baik karena tamu hanya berada di teras. 

Untuk mengubah teras menjadi ruang tamu, kamu tidak perlu sampai renovasi teras secara ekstrem. Cukup lakukan beberapa trik berikut ini agar ruang tamu di area tetap cozy dan instagramable!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Tentukan Konsep Utama Ruang Tamu di Teras

sulap teras jadi ruang tamu dengan konsep kasual naturaljohnlewis.com

Layaknya mendesain interior rumah, saat mau sulap teras jadi ruang tamu, kamu juga perlu menentukan konsepnya terlebih dahulu. Cara paling mudahnya, sesuaikan dengan eksterior atau gaya bangunan. Tapi kalau mau kekinian dan Instagramable, silakan coba konsep Japandi minimalis yang didominasi warna putih dengan elemen kayu atau rotan.

Halau Sinar Matahari dengan Estetik

desain ruang tamu teras yang teduhthespruce.com

Sinar matahari bisa membuat momen kunjungan tamu ke rumah jadi kurang nyaman di siang hari. Oleh karenanya, ketika sulap teras jadi ruang tamu, kamu wajib menghalau sinar matahari dan tentunya dengan cara yang estetik. Cara paling klasik adalah dengan membuat atap cantik dari kain yang sifatnya waterproof. Pasanglah kain tersebut dengan model gelombang sehingga ada tekstur dan terlihat unik.

Untuk tambahan ketika hendak menyulap teras jadi ruang tamu, buatlah tanaman pagar hijau yang mengelilingi area tersebut. Selain menghalau sinar matahari, orang asing pun akan sulit mengintip dan suasananya jadi semakin asri.

Pilih Furnitur Outdoor yang Tepat untuk Sulap Teras Jadi Ruang Tamu

sulap teras jadi ruang tamu yang nyaman dengan aneka furnitur berkualitassheknows.com

Pemilihan furnitur yang tepat merupakan salah satu trik yang punya peran penting, baik dari segi kenyamanan maupun estetika. Idealnya, kamu memilih furnitur outdoor untuk sulap teras jadi ruang tamu. Meja kursi dari rotan memiliki tingkat keawetan yang lebih daripada kayu. Furnitur rotan juga lebih tangguh di tengah cuaca panas. Materialnya pun tetap terasa sejuk ketika bersentuhan dengan kulit. 

Akan tetapi, untuk kursi toran, kamu perlu menambahkan busa agar bisa duduk dengan nyaman. Rotan juga kurang tahan terhadap paparan air hujan, jadi lebih disarankan untuk ruang tamu teras yang memiliki atap lebar. Sementara itu, untuk ruang tamu di teras yang mudah terkena air hujan dan panas karena atapnya minimalis, lebih baik pakai furnitur dari material plastik atau stainless steel.

Dekorasi Sederhana Tapi Stand Out

desain ruang tamu minimalis estetik di teras rumahmydomaine.com

Trik selanjutnya untuk sulap teras jadi ruang tamu agar kelihatan instagramable adalah dengan mendekorasi secara sederhana. Tidak perlu pajangan mewah atau lampu gantung yang besar. Pastikan saja dekorasi tersebut memiliki desain yang eyecatching sehingga tampilan ruang tamu di teras lebih stand out.

Misalnya saja meletakkan cushion dengan bentuk unik dan berwarna kontras dengan sofa. Alternatif lainnya dengan menggunakan keramik teras bermotif cantik untuk lantai. Keren buat foto bareng, ‘kan?

Linori SOLA Round Cushion 40cm - Brown

Linori SOLA Round Cushion 40cm – Brown

Linori memiliki cushion unik yang bisa jadi dekorasi estetik nan bermanfaat di ruang tamu teras. Bentuknya bulat dengan aksen kancing di bagian tengah dan menggunakan bahan kain polyester. Warna cokelatnya lembut, tapi mampu stand out di tengah ruang tamu bergaya minimalis, apalagi yang didominasi warna putih seperti pada inspirasi gambar sebelumnya.

Ciptakan Kenyamanan di Malam Hari

inspirasi ruang tamu minimalis modern di teras rumahiqoutdoorliving.co.uk

Kalau di siang hari terasa panas dan bisa diatasi dengan atap serta tanaman peneduh, maka di malam hari suasana jadi gelap dan kemungkinan banyak nyamuk. Agar tetap nyaman di malam hari, sulap teras jadi ruang tamu dengan penerangan yang tepat.

Misalnya 1-2 lampu utama di bagian plafon, lalu pasang lampu pendukung. Pilihannya antara pakai lampu uplight di setiap sudut ruang tamu, lampu dinding, atau lampu meja. Pertimbangkan pula pemasangan alat perangkap nyamuk elektrik biar bisa ngobrol sepuasnya tanpa gigitan nyamuk.

Trik sulap teras jadi ruang tamu di atas tergolong mudah, ‘kan? Suasananya layak untuk menyambut tamu tanpa mengurangi kenyamanan dan rasa hormat. 

Oh ya, sebenarnya untuk sulap teras jadi ruang tamu ini kamu bisa menggunakan furnitur dari ruang tamu lama. Akan tetapi, kalau mau ganti suasana biar makin cozy dan Instagramable, mampir ke showroom Dekoruma, yuk!

Di Dekoruma ada banyak pilihan furnitur dan dekorasi berkualitas untuk hunianmu dengan harga yang terjangkau. Modelnya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan konsep hunian atau preferensi kamu. Sebab, Dekoruma jual sofa minimalis, meja kerja, kursi teras, lemari pakaian 3 pintu, dan lainnya yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. 

Leave a Reply