6 Trik Menciptakan Ruang Tamu Estetik dan Nyaman di Hunian

Cara Membuat Ruang Tamu Terlihat Estetik, Rapi, dan Homey

Walaupun diberi nama ruang tamu, kenyataannya ruangan ini tidak hanya digunakan untuk menerima tamu saja. Ruang tamu, bahkan yang didesain estetik guna membuat tamu terkesan, juga dipakai oleh para penghuni rumah sebagai area bersantai.

Apalagi sepulang beraktivitas dari luar, sering kali kita rebahan tanpa ganti pakaian terlebih dulu. Jaket dan helm pun dibiarkan tergeletak di sudut ruang tamu. Ditambah lagi, posisi ruang tamu yang ada di depan sangat rawan terpapar asap kendaraan bahkan aroma dari tumpukan sampah. Alhasil, ruang tamu tidak lagi terlihat estetik dan muncul aroma tidak sedap.

Pasti tidak nyaman, ‘kan bersantai dan menyambut tamu dengan kondisi seperti ini? Tapi tenang saja, berikut Kania beri tahu rahasia untuk menciptakan ruang tamu estetik yang rapi dan nyaman!

Perbanyak Ruang Penyimpanan

ide tempat penyimpanan untuk ruang tamu estetikdekoruma.com

Dari mata turun ke hati. Itulah mengapa penting sekali untuk menjaga kerapian ruang tamu estetik. Gunakan organizer box untuk menyimpan benda-benda atau perbanyak laci dan lemari di beberapa sudut. Selain itu, kamu juga perlu disiplin mengembalikan benda ke tempatnya semula setelah menggunakannya.

Khusus untuk benda yang sering dipakai ke luar rumah, seperti jaket dan helm, sediakan tempat atau gantungan khusus di dekat pintu masuk. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk melemparkannya ke atas sofa ruang tamu.

Jaga Kebersihan Ruang Tamu

proses mengepel lantai untuk menjaga kebersihana ruang tamu estetikshutterstock.com

Trik ini sebenarnya sudah diketahui banyak orang. Akan tetapi, biasanya rasa malas jauh lebih besar sehingga ruang tamu estetik terlihat kusam dan jorok. Usahakanlah untuk menyapu dan mengepel lantai setiap hari. Lalu, bersihkan debu di permukaan meja dan lemari.

Sementara itu, untuk sofa dan karpet, lakukan pembersihan setidaknya seminggu sekali dengan menggunakan vacuum cleaner. Setelah satu bulan, disarankan untuk mencuci cover sofa dan karpet secara berkala agar bersih menyeluruh. Cek pula bagian plafon ruang tamu karena area tersebut bisa menjadi sarang debu dan laba-laba.

Pasang Pengharum Ruangan di Ruang Tamu

pengharum ruangan Stella Matic di atas meja ruang tamudekoruma.com

Ketika muncul aroma tidak sedap di ruang tamu, cara paling instan untuk menetralisirnya adalah dengan menyemprotkan pengharum ruangan. Dalam keadaan normal pun, pengharum ruangan dapat digunakan pada ruang tamu agar suasananya jadi lebih nyaman dan bikin rileks.

Agar keharuman ruang tamu estetik tetap terjaga, Kania sarankan untuk pakai pengharum ruangan dengan penyemprot otomatis, seperti Stella Matic. Dengan Stella Matic, kamu bisa mengatur timer penyemprotan setiap 10-40 menit sekali. Ketahanannya pun bisa mencapai hingga 8 minggu dengan timer terlama.

Pilihan varian pengharum ruangannya pun bervariasi. Bahkan, ada pula Stella Parfum’ist, seri aromatherapy dengan wangi yang premium dan lembut, membantu pikiran dan tubuh lebih rileks. Adapun, ragam varian Stella Parfum’ist yang bisa kamu pilih di antaranya ada aroma Japanese Sakura, Secret Lavender, Caffe Latte, Cananga Lullaby, dan Warm Verbena. Selain untuk ruang tamu, tentunya pengharum ruangan Stella ini juga bisa diandalkan untuk menjaga keharuman kamar tidur dan kamar mandi.

Tambahkan Elemen Dekoratif

inspirasi ruang tamu estetik dengan aneka dekorasidekoruma.com

Penggunaan elemen dekoratif mampu meningkatkan nilai estetika ruang tamu. Elemen dekoratif yang dimaksud bukan hanya sekadar lukisan, patung, atau tanaman hias, tapi juga termasuk home furnishing. Misalnya menghadirkan credenza dengan desain unik untuk membuat ruang tamu tambah estetik. Lalu, atasi kekosongan di sudut ruangan dengan standing lamp.

Selain itu, hadirkan pula detail benda-benda fungsional lainnya yang memiliki desain cantik. Misalnya dengan menaruh throw blanket rajut di atas sofa. Bisa juga meletakkan pengharum ruangan di atas credenza. Namun, pastikan pengharum ruangannya memiliki desain estetik, seperti Stella Matic yang hadir dengan warna putih yang elegan, cocok sebagai dekorasi rumah dan mudah dipadukan dengan semua gaya interior.

Elemen-elemen dekoratif ini bebas dipilih sesuai selera masing-masing. Yang penting, pastikan saja kamu tetap memperhatikan keserasiannya satu sama lain!

Hadirkan Ventilasi Udara di Ruang Tamu

gambar jendela sebagai ventilasi udarashutterstock.com

Ruang tamu estetik yang tertutup rapat memang lebih bebas debu dan asap. Akan tetapi, udara akan terjebak di dalam ruangan sehingga kelembapan meningkat dan berpotensi menimbulkan jamur serta bau tak sedap. Oleh karena itu, hadirkan ventilasi udara. Bentuknya bisa berupa jendela, dinding roster, atau exhaust fan. Ventilasi udara ini juga perlu dibersihkan secara rutin dari debu supaya bisa bekerja dengan baik.

Maksimalkan Pencahayaan Ruang Tamu

ruang tamu estetik dengan banyak bukaan jendeladekoruma.com

Apalah artinya sudah menata perabot di ruang tamu estetik sedemikian rupa, tapi pencahayaannya tidak tepat. Ruang tamu justru akan terlihat sumpek dan tidak nyaman, membuat orang enggan berlama-lama di sana. Alangkah baiknya jika kamu memaksimalkan pencahayaan di ruang tamu, baik menggunakan lampu plafon ataupun cahaya alami yang masuk dari jendela. Sebagai pelengkap, gunakan standing lamp atau lampu sorot untuk menarik perhatian tamu ke spot yang ingin ditonjolkan.

Ternyata menciptakan ruang tamu estetik yang rapi dan nyaman di hunian sendiri itu tidak serumit yang dibayangkan, bukan? Yuk, mulai terapkan trik di atas dari yang paling mudah dan murah dulu, seperti membersihkan ruangan secara rutin dan menggunakan pengharum ruangan Stella Matic!

Leave a Reply