5 Tips Ampuh Merawat Kasur Lipat Kesayangan

Dari sekian banyak kasur yang digunakan sebagai alas tidur, kasur lipat adalah salah satu jenis kasur yang terkenal karena sifat praktisnya. Dari namanya pun kita bisa mengerti bahwa kasur lipat adalah alas tidur yang bisa dilipat. Kasur jenis ini bisa dengan mudah dibawa ke mana pun dan bisa disimpan sehingga menghemat ruang tidur kamu.

Meski kasur lipat memiliki ukuran yang tak sebesar kasur biasanya, bukan berarti kasur lipat tidak perlu dirawat. Kasur lipat harus dirawat agar bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, bagaimana cara yang tepat untuk merawat kasur lipat?

Lindungi Kasur Lipat dengan Sprei

Sprei Kasur Lipatshutterstock.com

Sama dengan kasur busa, kasur latex, dan spring bed, kasur lipat harus diberi sprei. Kasur lipat yang tidak diberi cover atau pelindung bisa membantu kuman dan debu masuk dengan mudah dan kamu juga mudah terserang penyakit. Pilihlah sprei yang tipis agar kasur lipat tetap bisa ditekuk dan disimpan. Jangan lupa untuk rutin mengganti sprei selama seminggu sekali.

Bersihkan Kasur Lipat Secara Teratur

Vaccum Cleaner Kasur Lipatshutterstock.com

Melindunginya dari kuman menggunakan sprei saja tidak cukup, lho. Kamu juga harus rutin membersihkannya. Ditambah, kasur lipat sering menjadi kasur lantai sehingga kemungkinan terpapar debu dan kotoran lebih besar.

Alat paling ampuh untuk menyedot kuman dan debu adalah vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner dari atas kasur hingga bagian terbawah. Ulangi beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, kamu bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan baking soda. Baking soda bisa membantu menghilangkan bau tak sedap yang ada dalam kasur lipatmu. Setelah kamu memvakum kasur lipat, taburkan baking soda ke permukaan kasur lipat dan sikat perlahan. Diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu, gunakan vacuum cleaner kembali untuk menyedot baking soda yang sudah menyerap kuman penyebab bau tak sedap tersebut.

Taruh Kasur di Tempat Bersikulasi Udara Baik

Kasur Lipat Ditaruh di Ruangan yang Sirkulasi Udaranya Baikoverstock.com

Kesalahan yang kerap kali terjadi adalah kita menyimpan kasur lipat di ruangan tertutup, misalnya di dalam lemari. Padahal, kasur lipat harus disimpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dalam sehari, bukalah pintu dan jendela rumah di mana kasur disimpan. Biarkan udara masuk ke ruangan dan kasur lipatmu selama setengah jam. Udara yang masuk membantu kasur lipat memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kasur tidak lembap.

Jemur Kasur Lipat di Bawah Sinar Matahari

Jemur Kasur Lipat di bawah Sinar Matahariunsplash.com/@aesullivan2010

Selain disimpan di ruangan yang bersirkulasi udara baik, kamu juga perlu menjemur kasur lipat di bawah sinar matahari. Akan tetapi, jangan menjemurnya di luar rumah dan langsung terpapar sinar matahari. Justru bila dijemur langsung, kasur lipat yang secara umum terbuat dari busa membuatnya cepat mengempis.

Carilah titik dalam ruang tidur atau ruangan apapun dalam rumahmu yang terpapar sinar matahari. Taruhlah kasur lipat di sana. Dengan menjemurnya, kamu menghindarkan kasur lipatmu dari kelembapan yang berlebih.

Rotasi Kasur Lipat Secara Rutin 

Kasur Lipat Harus Dirotasipinterest.com

Kebiasaan yang sering terjadi adalah kita suka tidur di salah satu sisi kasur lipat. Justru, tindakan ini membuat kasur lipat tidak memiliki tekanan yang rata. Ujungnya, kasur lipatmu jadi mengempis sebelah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu memutar posisi kasur 180 derajat. Dengan begitu, kasur lipatmu tetap memiliki permukaan yang rata.

Intinya, jangan biarkan kasurmu tergeletak dan kotor. Jika kamu biarkan, justru kasurmu akan jadi sarang penyakit. Tips-tips di atas akan membantu kasur lipatmu awet sehingga bisa terus digunakan. Selain itu, kamu juga nggak perlu keluar uang lagi untuk membeli kasur baru karena kasurmu masih bisa dipakai. Semoga tips-tips ini bisa membantu kamu, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Daripada pergi ke toko fisik, kamu bisa membelinya secara online lewat Dekoruma. Ada beragam jenis furnitur dan dekorasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kursi kantor, lukisan, rak dinding, meja rias, karpet, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Dekoruma juga jual Green Leaf, yaitu merek wadah makanan yang terbuat dari bahan berkualitas sehingga aman untuk digunakan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

Leave a Reply