Tips Memilih Sofa 2 Seater Bekasi untuk Ruang Tamu Kecil

Popularitas sofa 2 seater Bekasi seakan tidak pernah redup. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko furniture di Bekasi. Ada beberapa pertimbangan kenapa banyak orang lebih memilih sofa 2 seater untuk melengkapi ruang tamunya. Selain harganya terjangkau, ukuran sofa 2 seater juga pas untuk ruang tamu kecil. Sofa tersebut nyaman diduduki ataupun digunakan untuk berbaring santai.

Meski terdengar mudah, kenyataannya proses memilih sofa itu cukup rumit. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal agar tidak hanya sofa yang stand out, tapi juga menjadikan ruang tamu kecil terlihat indah dan terasa nyaman untuk semua penggunanya. Simak 7 tips dari Kania berikut ini biar tidak salah pilih sofa untuk ruang tamu kecil!

Sesuaikan Ukuran Sofa dan Ruang Tamu

Menyesuaikan ukuran sofa dan ruang tamu merupakan aspek yang paling wajib dilakukan. Sofa 2 seater Bekasi tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan lebar. Sebelum mulai memilih, lakukan pengukuran luas ruang tamu. Kemudian, tentukan di mana kamu akan meletakkan sofa 2 seater tersebut. Sesuaikan ukuran panjang dan lebar, serta jarak yang tersisa antar furnitur lainnya.

Desain Minimalis Tidak Makan Tempat

Perhatikan desain dari sofa 2 seater Bekasi yang kamu incar. Desain yang rumit dengan ukiran dan motif ramai hanya akan membuat ruang tamu kecil terlihat penuh sesak. Sebaiknya, pilih sofa 2 seater murah Bekasi yang desainnya minimalis. Misalnya sofa tanpa sandaran lengan atau sofa dengan kaki ramping. Kriteria desain ini lebih spacesaving dan menjadikan ruang tamu terasa lebih lapang.

Meski minimalis, kamu tetap bisa menyesuaikannya dengan desain interior. Misalnya untuk gaya modern mewah, gunakan sofa minimalis dengan rangka besi dan pelapis bahan leather. Sementara itu, untuk desain interior Japandi, pilih sofa 2 seater yang dibuat dengan rangka kayu dan pelapis bahan kain.

Satu Sofa, Banyak Fungsi

Ini dia salah satu tips favorit Kania untuk menjadikan ruangan mungil lebih spacesaving dan praktis, yaitu gunakan furnitur multifungsi. Perihal ruang tamu, kamu bisa pilih sofa 2 seater Bekasi multifungsi. Baik itu yang dapat berfungsi sebagai kasur ataupun tempat penyimpanan.

Sofa 2 seater Bekasi yang multifungsi sebagai kasur biasa dikenal dengan istilah sofa bed. Furnitur ini nyaman ditiduri oleh 1 orang dewasa. Umumnya, jenis sofa bed ini digunakan pada unit apartemen studio yang lahannya sangat terbatas. Akan tetapi, di rumah tapak juga sah-sah saja karena bisa dipakai bersantai saat menonton TV ataupun menjadi tempat tidur tambahan ketika ada sanak saudara yang menginap.

Kalau sofa 2 seater Bekasi dengan storage atau tempat penyimpanan, bisa membantumu menghemat budget pembelian furnitur juga. Kamu tidak perlu membeli lemari atau rak tambahan dan memenuhi area ruang tamu. Kebanyakan wadah penyimpanan pada sofa berada di bagian bawah dudukan sofa. Cukup angkat dudukannya, lalu simpan barang-barangmu. Ada juga penyimpanan laci di bagian bawah lengan sofa. Praktis dan ruang tamu jadi rapi dalam sekejap.

Pahami Kriteria Material Sofa 2 Seater

Sebuah sofa secara garis besar terbagi atas 3 bagian, yaitu kerangka, isian, dan pelapis. Ketiga bagian ini dibuat menggunakan material yang berbeda-beda. Masing-masing tentu memiliki kriteria tersendiri dan perlu kamu pertimbangkan mana yang paling tepat. Berikut Kania beri penjelasan singkat terkait material-material umum sofa 2 seater Bekasi.

Material Kerangka

  • Besi

Besi cukup banyak digunakan pada sofa karena daya tahannya yang kuat. Material ini juga mudah dibentuk dalam desain apa pun. Tidak jarang tampilan sofanya lebih unik dibanding sofa biasa.

  • Kayu

Kerangka sofa dari kayu juga tidak kalah kuatnya dari besi. Namun, ada risiko lapuk apabila tidak dirawat dengan baik dan sering terkena air. Kerangka kayu pada sofa biasanya dibiarkan terekspos. Tujuannya untuk memberikan tampilan minimalis dengan sentuhan kehangatan. Material kayu juga sering dijadikan elemen aksen pada sofa, terutama berupa ukiran bergaya tradisional.

Material Isian

  • Busa

Busa merupakan isian wajib dari sebuah sofa. Tujuannya untuk memberi kenyamanan bagi penggunanya. Isian busa yang baik mampu mengikuti postur tubuh si pengguna. Kemudian, bahan busa akan kembali ke bentuk semula ketika si penggunanya beranjak pergi.

  • Spring

Spring atau pegas biasanya dikombinasikan dengan material busa sebagai isian sofa. Fungsinya untuk menjaga kelenturan sandaran punggung dan dudukan sofa. Jadi, si pengguna tidak akan terjeblos dalam ketika mendudukinya. Konsep spring atau pegas ini sama seperti yang digunakan pada spring bed. Kalau hendak membeli sofa 2 seater Bekasi jenis sofa bed, sebaiknya pilih yang material isiannya dilengkapi spring supaya lebih nyaman ditiduri.

Material Pelapis

  • Woven

Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk melapisi permukaan sofa. Namun, jenis woven adalah bahan pelapis sofa yang paling populer. Bukan tanpa sebab, kain ini tidak mudah meregang ataupun kusut. Ketebalannya mampu melindungi material isian sofa. Bahan woven juga tidak menimbulkan serat-serat halus yang bisa mengganggu pernafasan dan menempel di pakaian. 

  • Leather

Material pelapis yang satu ini terkenal memiliki harga jual yang mahal, tapi sebanding dengan kualitasnya. Tampilannya mampu membuat ruang tamu jadi lebih mewah dan berkelas. Agar tetap indah, material leather ini butuh perawatan ekstra.

  • Faux leather

Kalau material faux leather ini merupakan alternatif dari genuine leather karena tampilannya mirip, tapi harga lebih terjangkau. Pilihan warnanya pun lebih beragam karena dibuat oleh pabrik. Perawatannya lebih mudah, tapi kamu harus pastikan kualitasnya bagus supaya tidak mudah robek.

  • Suede

Selain leather dan faux leather, ada pula material pelapis suede yang bisa membuat ruang tamu mungil jadi terkesan mewah. Bahan kain ini menyerupai velvet, ada kilau tersendiri saat permukaannya tertimpa cahaya. Serat kainnya pun sangat lembut dan nyaman diduduki. 

Daya Topang Sofa 2 Seater

Setiap sofa 2 seater memiliki daya topang yang berbeda. Tanyakan hal ini kepada staff yang jual sofa 2 seater Bekasi tersebut. Kemudian, sesuaikan dengan kondisi para pengguna sofa. Apabila kapasitas daya topang di bawah bobot pengguna, maka sofa akan lebih mudah melengkung, bahkan kerangkanya bisa patah.

Kemudahan Membersihkan

Sebagai furnitur yang cenderung paling sering digunakan di hunian dan diduduki banyak orang, sofa 2 seater akan mudah menyerap debu dan aneka kotoran lainnya. Maka dari itu, pertimbangkan juga dari segi proses membersihkannya.

Kania sarankan pilih sofa yang dudukan dan sandaran punggungnya dapat dilepas. Dengan demikian, kamu bisa menyingkirkan debu-debu yang ada di sela-sela sudut sofa. Kalau ada yang material lapisannya bisa dilepas, akan lebih baik lagi karena dapat dicuci dan dikeringkan dengan sempurna. Untuk yang berencana menghabiskan waktu di atas sofa sambil minum dan makan camilan, pilih yang material pelapisnya bersifat waterproof atau setidaknya memiliki tingkat kerapatan pori-pori tinggi.

Coba Langsung Sofa 2 Seater di Toko Furnitur Bekasi

Cara terbaik atau tips untuk memilih sofa 2 seater Bekasi untuk ruang tamu kecil yang terakhir adalah dengan mencobanya langsung di toko furnitur. Supaya hemat waktu dan biaya perjalanan, kunjungi toko furniture terdekat di Bekasi, seperti Dekoruma Experience Center (DEC).

Saat ini, Dekoruma Experience Center di Bekasi pun ada 2, yakni DEC Summarecon Bekasi dan DEC Grand Galaxy Bekasi. Kamu #BebasCobain langsung sofa yang kamu sukai, lalu rasakan kenyamanannya dan cek ukurannya. Jadi, tidak perlu takut salah beli lagi!

Selain sofa 2 seater, Dekoruma Experience Center juga menyediakan produk home furnishing lain. Di antaranya ada meja tamu, meja & kursi makan, tempat tidur, lemari pakaian, kabinet dapur, rak dinding, kasur, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja berkunjung ke Dekoruma Experience Center Bekasi bersama keluarga dan teman-temanmu untuk membeli sofa 2 seater tebaik!

Leave a Reply