Tips Memilih Rak dan Penyimpanan Depok yang Berkualitas

Bagi sebagian orang, rak & penyimpanan Depok digunakan untuk menjaga kerapian hunian. Akan tetapi, bagi beberapa orang lainnya, penggunaan rak & penyimpanan justru untuk menjaga bentuk dari barang yang akan disimpan. Misalnya saja buku, tas, dan sepatu yang bentuknya rawan berubah apabila tertumpuk dan berceceran di lantai.

Namun, apapun tujuan kamu terhadap penggunaan rak & penyimpanan tersebut, jelas kualitas dari furnitur ini harus diutamakan. Yuk, ikuti tips memilih rak & penyimpanan Depok yang berkualitas dari Kania berikut ini!

Material Rak & Penyimpanan

Material utama yang digunakan untuk membuat rak & penyimpanan Depok memiliki peran paling penting terhadap pembentukan kualitas. Pertimbangan material yang berkualitas ada pada daya topang, keawetan, anti jamur, dan masih banyak lagi. Berikut pembahasannya secara singkat:

  • Kayu

Material rak & penyimpanan dari kayu memang awet dan berkualitas. Akan tetapi, kamu perlu mengecek keaslian kayu serta jenisnya. Kayu jati dan mahogani paling diandalkan untuk furnitur di Indonesia. Kedua jenis kayu ini tahan serangan rayap dan jamur. Daya topangya juga bagus karena kayunya padat.

  • Kayu olahan

Ada lagi rak & penyimpanan Depok yang terbuat dari kayu olahan. Di antaranya berupa particle board, MDF, dan HPL. Ketiga material ini sering dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin menghadirkan kesan alami dan hangat dari kayu, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Umumnya, permukaannya glossy dan memiliki corak yang menyerupai serat kayu alami. Daya tahannya baik dan anti jamur. Namun, pastikan untuk meletakkan barang sesuai bobot yang dianjurkan agar tidak mudah patah.

  • Plastik

Rak & penyimpanan murah Depok dari plastik saat ini banyak dipilih karena tahan air dan anti rayap. Desain dan warnanya pun bermacam-macam karena material plastik mudah diolah. Berbeda dengan material plastik zaman dulu, plastik zaman sekarang diproduksi dengan teknologi baru sehingga memiliki kualitas yang baik pula.

  • Besi

Kalau material besi, tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Rak & penyimpanan modern dari material ini mungkin terlihat kecil atau tipis, tapi daya topangnya sangat besar dan bisa awet hingga puluhan tahun. Selain tahan air dan serangan serangga, besi juga tahan panas. Untuk menghindari karat, kamu hanya perlu membersihkannya dari debu dan segera mengelapnya ketika terkena air. Pastikan juga sambungan-sambungan rangka besi menyatu dengan baik agar daya topangnya makin sempurna.

Sesuaikan Model dengan Tujuan Penggunaan

Beda tujuan penggunaan, tentunya akan memengaruhi aspek pertimbangan desain pula. Salah memilih model rak & penyimpanan Depok dengan tujuan penggunaan hanya akan mengurangi kualitas yang ditawarkan. Misalnya saja rak & penyimpanan perlengkapan kosmetik tidak cocok untuk menjadi rak pajang figurine.

Jadi, sebelum berkunjung ke toko rak & penyimpanan di Depok, tentukan dulu barang apa saja yang akan kamu simpan pada rak tersebut. Berikut sedikit panduan untukmu:

  • Untuk alas kaki, pilih rak penyimpanan sepatu terbuka dengan banyak susunan, tapi jarak antar ambalannya rendah. Setidaknya muat untuk sepatu hak tinggi atau boot kesayanganmu.
  • Untuk buku, paling baik pakai rak penyimpanan terbuka juga supaya tingkat kelembapan terjaga dan koleksi buku tidak dihinggapi jamur.
  • Untuk barang pajangan, dianjurkan pakai rak & penyimpanan dengan pintu kaca agar koleksimu tidak terkena paparan debu.
  • Untuk TV, rak & penyimpanannya harus memiliki top table yang kokoh dan ramah untuk jalur kabel.

Perhatikan Ukuran dan Jarak Antar Ambalan

Saat memilih ukuran dari rak & penyimpanan Depok, pertimbangkan ukuran dari segi ruangan yang akan menjadi lokasi rak nantinya serta barang yang akan disimpan. Ruangan yang berukuran besar, tentu idealnya menggunakan rak & penyimpanan yang besar juga. Bahkan, tinggi dan lebarnya bisa dibuat mengikuti ukuran dinding.

Sementara itu, untuk ruangan mungil sebaiknya menggunakan rak & penyimpanan yang ramping dan tingginya mengikuti tinggi dinding. Jangan lupa pertimbangkan pula lebarnya dengan keberadaan furnitur lain yang ada di ruangan tersebut.

Selanjutnya, pertimbangkan ukuran atau jarak antar ambalan sesuai dengan barang yang akan disimpan. Dengan demikian, barang yang akan disimpan akan muat dan tidak rusak bentuknya. Agar lebih aman dan bisa digunakan untuk bermacam-macam barang, kamu bisa pilih rak & penyimpanan yang jarak antar ambalannya bisa diatur sesuai kebutuhan, seperti rak Kino dari Heim Studio. Rak penyimpanan semacam ini dapat ditemukan dengan mudah pada toko furniture di Depok.

Ketahui Daya Topang Rak Penyimpanan

Masing-masing rak & penyimpanan Depok memiliki daya topang yang berbeda-beda, bahkan di setiap ambalannya. Oleh karena itu, ketahui daya topang yang dimiliki suatu rak & penyimpanan. Kemudian, pertimbangkan dengan bobot barang milikmu. Muatan barang yang berlebihan hanya akan menjadikan rak penyimpanan mudah melengkung, bahkan pada kasus ekstrem bisa ambruk.

Kualitas Nomor Satu, Tapi Estetika Tidak Boleh Diabaikan

Membawa pulang rak & penyimpanan Depok yang berkualitas ke dalam hunian adalah hal yang penting dan tidak dapat diganggu gugat. Akan tetapi, nilai estetika dari rak & penyimpanan Depok juga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Keserasian antar rak & penyimpanan dengan furnitur lain beserta gaya interior akan menyempurnakan tampilan ruangan. Jika gaya interior bernuansa tradisional, maka gunakan rak penyimpanan dari kayu dengan ukiran di setiap sisinya. Apabila interiornya bergaya Japandi minimalis, maka pilihlah rak & penyimpanan dari kayu olahan yang desainnya lebih sederhana dengan warna putih, cokelat, atau abu-abu muda. 

Bonus: Tips Perawatan Rak & Penyimpanan

Tanpa perawatan yang tepat, rak & penyimpanan berkualitas pun bisa jadi lebih pendek usia pemakaiannya. Oleh karena itu, keluarkanlah barang-barang dari rak & penyimpanan tersebut secara berkala, lalu bersihkan debu-debu yang menumpuk di setiap sudutnya. 

Untuk rak & penyimpanan Depok dari kayu, cukup dibersihkan menggunakan lap kering atau kemoceng. Begitu pula dengan rak penyimpanan dari besi. Kalau yang terbuat dari bahan kayu olahan dan plastik, kamu bisa basahi kain lap untuk membantu hilangkan noda membandel. Namun, jangan lupa untuk segera menyekanya dengan lap kering supaya tidak ada bekas air.

Temukan Rak & Penyimpanan Depok Berkualitas di DEC!

Sebagai toko furniture terpercaya dan terlengkap, Dekoruma Experience Center (DEC) juga jual rak & penyimpanan Depok. Ada banyak varian rak & penyimpanan yang dapat kamu pertimbangkan dan coba secara langsung. Mulai dari beragam material, ukuran, daya topang, warna, hingga desainnya.

Tidak hanya rak & penyimpanan konvensional, di Dekoruma Experience Center pun ada banyak furnitur hunian yang multifungsi sebagai rak & penyimpanan. Di antaranya, ada tempat tidur yang dilengkapi dengan rak dan laci, meja kerja dengan rak ramping, hingga sofa dengan area penyimpanan di bawah dudukannya.

Kunjungilah Dekoruma Experience Center terdekat di kota Depok! Kamu bisa mampir ke DEC Margonda Depok di Jl. Margonda Raya No. 229 atau DEC The Park Sawangan Mall di Lantai LG-0080, Jl. Raya Parung – Ciputat No. 1, Depok, Jawa Barat.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajak keluarga, pasangan, atau temanmu ke Dekoruma Experience Center Depok untuk belanja rak & penyimpanan serta furnitur dan aksesoris berkualitas lainnya!

Leave a Reply