6 Tips Memilih Pisau Dapur Sesuai Kebutuhan, Ibu Harus Tahu!

Ikuti Tips dan Trik Memilih Pisau Dapur yang Bagus

Ahli masak pasti setuju, pisau dapur ga cuma sekedar di tahap persiapan tapi bisa menentukan citarasa masakan juga. Meskipun hanya dipakai di rumah, para ibu harus tahu dulu cara memilih pisau dapur terbaik. Bagaimanapun juga, pisau tidak perlu dibeli bejibun tapi harus minimal ada 1-2 yang asli berkualitas. Yuk, cek dulu 6 tips memilih pisau dapur yang sudah Kania rangkum berikut ini! 

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

1. Kenali bahan bilah pisau dapur

Kenali bahan bilah pisau dapur

shutterstock.com

Saat ini sudah banyak pilihan bahan pisau dapur, tapi salah satu yang tetap jadi favorit tak lain adalah stainless steel. Berbeda dengan kategori koki profesional, stainless steel dinilai cukup dan para ibu tidak perlu, kok, sampai mengadakan pisau bahan titanium. Pisau khusus untuk masak yang stainless steel memiliki keunggulan yaitu terjangkau, berkualitas dan anti karat. 

2. Berat pisau yang cocok

Danari TAMA Pisau Chef 19 cm Putih Handle Hollow

Danari TAMA Pisau Chef 19 cm Putih Handle Hollow

Berat pisau merupakan hal yang subjektif bagi setiap penggunanya. Jadi apa yang cocok antar individu tidaklah serupa. Pisau dapur dengan bobot ideal seharusnya bisa cukup berat untuk aktivitas memotong bahan keras seperti umbi-umbian hingga tulang. Tapi pisau yang ringan juga ada kelebihan karena sifatnya yang lebih gesit dan praktis. 

Sebaiknya sih ibu menyediakan minimal masing-masing satu, yaitu pisau yang berat dan cukup ringan. Salah satu rekomendasi terbaik datang dari Danari Tama Pisau Chef, karena sifatnya yang ringan kurang dari 0.1 gram saja. Rahasianya tak lain karena gagang yang hollow dan panjang 12 cm yang cocok untuk bumbu dapur dan buah.

3. Pegangan tetap seimbang

Danari KEIKO Set Pisau Santoku 12 cm & Talenan Bambu 35x25x1.5 cm

Danari KEIKO Set Pisau Santoku 12 cm & Talenan Bambu 35x25x1.5 cm

Pisau dapur yang cocok untuk berbagai kebutuhan harusnya stabil alias tidak mudah goyang. Jika pisau harus dipegang dengan sangat dekat ke tubuh, maka aktivitas memasak jadi lebih mudah penat. Sebaliknya, jika pisau masak bisa dipegang nyaman dari jarak pinggang ke talenan dengan mudah, tandanya pisau sudah berkualitas dan nyaman dipakai seharian. 

Kunci agar pegangan tetap ideal tak lain adalah dari desain pisau untuk memasak. Carilah pisau masak yang pegangannya solid dan tidak mudah tergelincir, seperti Danari Keiko set yang lengkap dengan talenan bambu. Pegangannya anti panas dan dari bahan natural pastinya cocok untuk semua tugas memotong, mengiris dan mencincang tanpa capek.

4. Teknologi Jepang lebih handal

Greenpan SANTOKU KNIFE CHOP AND GRILL 18 CM

Greenpan SANTOKU KNIFE CHOP AND GRILL 18 CM

Enggak bisa dipungkiri kalau negara Sakura memang yang paling lihai soal pisau yang tahan lama. Pisau dapur Jepang ditandai dengan bilah yang lebih ringan, sangat tajam dan tipis dibandingkan pisau produksi negara lain. Karena cukup ringan, maka kecepatan bekerja di dapur juga meningkat. 

Hanya saja, pastikan pisau dengan teknologi Jepang tidak sampai terlalu ringan. Karena bobot pisau penting untuk tugas berat sehari-hari. Dari Greenpan, telah hadir Santoku Knife 18 cm dengan berat dan ukuran pas. Pisau ini hadir dengan warna hitam elegan dan punya performa ideal yang dicari-cari.

5. Warna pisau dapur

Danari TAMA Pisau Chef 19 cm Putih Handle Hollow

Danari TAMA Pisau Chef 19 cm Putih Handle Hollow

Para ibu pasti sudah terbiasa melihat pisau dapur dengan warna atau wujud standar. Tapi kini telah hadir pilihan warna pisau yang lebih nyaman dan bisa mempermudah kegiatan memotong. Favorit dari Dekoruma, tak lain adalah Danari Tama pisau Chef 19 cm berwarna putih. Estetika yang ditawarkan jadi beda dan terlihat lebih bersih, menjadikan aktivitas dapur lebih nyaman di mata.

6. Perawatan juga penting

Oxone Knife Set OX 961

Oxone Knife Set OX 961

Ingin pisau selalu tajam dan siap digunakan? Kuncinya di perawatan, termasuk membersihkan dan menyimpan secara aman. Pastikan pisau sudah dicuci bersih dan dilap sebelum disimpan. Pisau tidak perlu bolak balik diasah jika perawatannya telaten.

Nah, untuk urusan penyimpanan yang tak hanya lebih bersih, bebas debu dan juga aman dari jangkauan anak-anak, telah hadir Oxone Knife Set yang terdiri dari 5 pisau dan 1 gunting praktis. Slot kayu yang tersedia pada pisau ini berbahan kayu sehingga lebih aman dan bersih. Tinggal masukkan ke selongsong dan aman deh!

Temukan juga perlengkapan dapur paling lengkap berikut kebutuhan rumah tangga idaman para ibu. Selain pisau dapur, ada banyak item untuk perlengkapan dapur dan furniture pelengkap lainnya yang bisa kamu temukan di Dekoruma! Beberapa perlengkapan dapur atau furnitur dapur yang bisa kamu pilih adalah Peralatan Makan & Minum, wajan, panci, rak piring, hingga kabinet dapur.

Leave a Reply