7 Tips Memilih Lemari Piring yang Tepat untuk di Dapur

Tips dan Trik Menentukan Lemari Piring yang Cocok dengan Dapur

Semua pasti setuju bahwa dapur belum lengkap kalau tidak ada lemari piring. Lemari piring sendiri sifatnya multifungsi, selain untuk menyimpan piring juga bisa untuk menyimpan peralatan makan dan minum lain, aneka macam peralatan dapur, bumbu dapur, hingga tempat sayuran sementara.

Tak lupa nih, lemari piring juga bisa membuat dapur menjadi tampak lebih menarik dan indah. Maka dari itu, jangan asal dalam memilih lemari piring. Yuk, simak dulu tips memilih lemari piring yang tepat dari Kania berikut ini!

Banner Dekoruma Retail

1. Cari Model yang Klop dengan Style Dapur

model lemari piring Japandidekoruma.com

Dekorasi dan desain rumah mempunyai peran penting saat memilih model lemari piring, lho. Rasanya kurang cocok kalau interiornya bernuansa industrial, tapi  memilih lemari piring yang bergaya imut ala shabby chic? Bagaimanapun, desain interior dan model lemari piring akan memengaruhi kenyamanan dan keindahan dapur di rumah. Oleh karena itu, pastikan model lemari piring yang dipilih sesuai dengan konsep dan style dapur rumah, ya! 

2. Ukuran Harus Disesuaikan Kondisi

model lemari piring kitchen set dengan dua warna kontrasdekoruma.com

Periksa ukuran lemari piring yang akan di beli, apakah muat di lokasi penempatan yang sudah kamu rencanakan di dapur atau tidak. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui detail ukuran lemari piring sebelum membelinya.

Selain itu, bila ingin menempatkan barang elektronik di samping lemari piring, seperti kulkas atau oven, maka sebaiknya ada sisa celah antara sisi lemari piring. Ini supaya lemari piring tidak terkena aliran panas perangkat elektronik sekaligus lebih space-saving.

Sebaiknya sisakan juga ruang yang cukup di depan lemari agar lemari piring bisa dibuka dengan sempurna, paling tidak sisakan jarak 50 – 100 cm. Dengan begitu, kamu pun dapat mengaksesnya dengan lebih leluasa.

3. Kapasitas Penyimpanan Lemari Piring

model lemari piring minimalis warna biru pasteldekoruma.com

Lemari piring sejatinya digunakan untuk menyimpan piring, tapi juga multifungsi untuk menyimpan barang-barang lain, seperti sendok, garpu, termos, toples, dan peralatan dapur. Sangat penting memilih lemari piring yang space-saving dan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Tidak disarankan memilih lemari dengan banyak ruang sisa ataupun terlalu pas karena dapat berisiko menjatuhkan peralatan makan lainnya saat hendak mengambilnya.

4. Lokasi Menaruh Lemari Piring

model lemari piring gantung klasik warna abu-abuadvice.diy-kitchens.com

Agar tidak salah memilih lemari piring, kamu perlu tahu lokasi yang ideal untuk menempatkannya di dapur. Ada beberapa pilihan lemari piring, misalnya lemari dengan bukaan di tengah atau engsel samping, ada juga yang pintunya di buka ke atas. Perbedaan model ini tentu memengaruhi tempat penempatan yang berbeda pula. 

Namun, supaya terlihat lebih rapi dan teratur, tempatkan lemari piring di posisi yang mudah dijangkau sehingga memudahkan alur kerja di dapur, acara masak dan bersih-bersih pun jadi makin efisien. Lemari piring juga bisa ditaruh dengan cara digantung atau pada bagian dinding atas supaya makin space-saving.

5. Harga yang Terjangkau dengan Kualitas Baik

model lemari piring tertutupdekoruma.com

Dalam memilih dekorasi rumah dan furnitur seperti lemari piring, harga merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan. Jadi, sebaiknya tentukan dulu budget lemari piring sebelum membelinya. Dengan demikian, proses membeli lemari piring juga bisa lebih mudah karena sesuai dengan anggaran tanpa harus mengorbankan kualitas. Jika ada budget lebih, kamu juga bisa mempertimbangkan lemari piring custom agar lebih pas dengan dapur kamu. 

6. Pilih Warna yang Sesuai dengan Konsep Dapur

model lemari piring klasik warna putihdekoruma.com

Mau dapur terlihat indah dan menyatu luwes dengan perabotan dapur? Cara termudahnya adalah memilih warna yang klop dengan keseluruhan interior dapur. Untuk desain dapur yang minimalis, dianjurkan memilih lemari piring berwarna netral dan simpel sehingga memberikan kesan yang lebih luas sekaligus adem maksimal. 

Sementara itu, untuk desain Japandi, kamu bisa memilih lemari dapur yang terbuat dari material kayu. Untuk warnanya, tinggal sesuaikan dengan konsep Japandi yang diusung. Jika mengusung Japandi natural, silakan pilih lemari piring kayu yang berwarna cerah, sedangkan Japandi modern bisa menggunakan material kayu yang berwarna medium hingga gelap.

7. Pilih Toko yang Terpercaya

lemari piring di dapur bernuansa naturaldekoruma.com

Sama seperti kitchen set, lemari piring akan dipakai dalam jangka panjang. Jadi, pastikan kamu membeli lemari piring di toko furnitur atau produsen yang terpercaya. Tanyakan juga hal-hal seperti masa garansi pemakaian, proses reparasi jika rusak, dan sebagainya. Saran Kania, lebih baik prioritaskan bahan yang berkualitas sebagai investasi, apalagi lemari piring akan banyak berhadapan dengan cipratan air atau minyak yang panas.

Demikianlah tips dan trik memilih lemari piring yang tepat untuk dapurmu. Kamu bisa, lho menemukan aneka lemari piring dapur berkualitas dengan model kekinian di Dekoruma! Banyak juga yang modelnya space-saving dan multifungsi, harganya pun terjangkau.

Kalau kamu lebih memilih membuat lemari piring custom yang menyatu dengan kitchen set, Dekoruma Desain Interior juga siap mewujudkannya. Tunggu apa lagi? Yuk, buat lemari piring impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma!

Leave a Reply