6 Pertimbangan Penting Sebelum Beli Sofa 3 Seater Surabaya

Saat membeli sofa 3 seater Surabaya, itu artinya kamu sedang berinvestasi juga untuk hunian. Dikatakan demikian karena sofa 3 seater merupakan furnitur penting di ruang keluarga ataupun ruang tamu. Furnitur ini akan digunakan oleh banyak orang dengan intensitas sering dan jangka waktu lama.

Ukurannya pun besar sehingga memiliki andil dalam penataan interior sebuah ruangan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum beli sofa 3 seater Surabaya!

1. Ukuran Ideal Sofa 3 Seater

Tidak ada rumusan yang pasti untuk ukuran sofa terbaik. Karena idealnya, ukuran sebuah sofa harus sesuai dengan luas ruangan dan kebutuhan pengguna yang jelas berbeda satu sama lain. Untuk menilainya, coba gunakan pertimbangan ini:

Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Ukuran panjang sofa 3 seater Surabaya sebaiknya tidak mepet dengan dinding di kanan dan kirinya. Setidaknya, beri jarak sekitar 10-20 cm untuk mencegah lecet pada dinding maupun sofa. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan sirkulasi udara di sekitarnya lancar agar tidak mudah menimbulkan jamur pada sofa. Hitung pula lebar sofa dengan pertimbangan luas ruang yang tersisa setelah kamu meletakkan meja tamu, lemari, meja TV, dan sebagainya.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna

Kebanyakan sofa 3 seater Surabaya dijual dalam ukuran yang pas untuk orang dewasa. Lebar sofa misalnya, dibuat berukuran 50-60 cm yang ideal untuk besar badan orang dewasa. Namun, jika ukuran ini terlalu besar untuk seluruh anggota keluarga, pilih yang lebih kecil pun tidak masalah.

Sementara itu, tinggi dari dudukan ke permukaan lantai umumnya dibuat 45-50 cm. Tinggi sofa ini mampu memberikan kenyamanan bagi keseluruhan bagian kaki selagi duduk.

2. Kualitas Material Rangka Sofa 3 Seater

Beban yang harus ditopang oleh sofa 3 seater bukan hanya puluhan kilogram, tapi bisa mencapai ratusan kilogram karena digunakan oleh 2-3 orang sekaligus. Maka itu, ketika berada di toko sofa di Surabaya, cermati kualitas material rangka masing-masing sofa yang disediakan. Hindari memilih sofa dengan rangka dari logam, particle board, apalagi plastik. Ketiga material ini kurang cocok menahan bobot manusia yang sifatnya dinamis.

Sebaiknya, pilih sofa dengan rangka yang terbuat dari kayu solid atau besi. Rangka kayu solid dan besi memiliki daya topang yang baik dan tidak mudah patah. Akan tetapi, pastikan kayu solid yang digunakan berasal dari pohon yang berkualitas tinggi, seperti kayu mahoni atau jati. Sedangkan, rangka besi harus memiliki sambungan yang rapat dan dilapisi anti karat.

3. Periksa Material Isian Sofa 3 Seater

Sama halnya seperti kasur, isian sofa 3 seater Surabaya juga beragam. Material isian sofa ini memengaruhi kenyamanan saat duduk. Masing-masing material pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa jenis material isian sofa yang umum ditemukan di toko furniture di Surabaya:

Foam

Material foam untuk isian bantal sangat empuk dan mampu mengikuti lekuk tubuh penggunanya. Bobotnya ringan sehingga sofa lebih mudah diangkat, harganya pun terjangkau. Sayangnya, material ini terlalu empuk sehingga bisa kempis pada sisi yang sering digunakan. Kenyamanan dan estetika sofa bisa-bisa jadi berkurang.

Foam + Spring

Berikutnya ada material isian sofa 3 seater Surabaya berupa foam dengan tambahan spring layaknya kasur. Kehadiran spring atau pegas ini memberikan kekuatan tambahan pada dudukan sofa sehingga foam tidak akan mudah kempis.

Pengguna yang memiliki bobot berat pun akan lebih nyaman saat duduk karena foam ini memiliki tingkat kekerasan yang pas. Kalau mau digunakan untuk rebahan juga masih ideal untuk menopang bobot badan keseluruhan. Pastikan saja kalau spring yang digunakan memiliki kualitas baik agar bisa bekerja dengan maksimal.

4. Cermati Material Pelapis Sofa 3 Seater

Pemilihan material pelapis sofa yang tepat, mampu memberikan kenyamanan ekstra saat bersantai. Tampilannya juga bisa melengkapi keindahan interior ruang keluarga ataupun ruang tamu. Material pelapis sofa 3 seater Surabaya seperti apa yang cocok untukmu?

Katun

Pelapis dari kain katun banyak diandalkan masyarakat Indonesia karena lembut di kulit dan tidak menimbulkan rasa gerah ketika digunakan. Motif dan warnanya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Sofa dengan pelapis kain katun juga mudah dicuci.

Leather

Material pelapis sofa 3 seater Surabaya dari leather memiliki sensasi dingin ketika bersentuhan dengan kulit. Tampilannya juga mewah dan berkelas sehingga bisa meningkatkan estetika ruangan di hunian.

Faux Leather

Faux leather merupakan alternatif dari leather asli yang terkenal mahal. Tampilannya tidak kalah mewah. Pilihan warna pun lebih beragam. Namun, sofa dengan pelapis faux leather disarankan tidak terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama karena warnanya bisa pudar dan lapisannya mengering. 

Linen

Kain jenis linen tidak kalah populernya dengan katun. Selain memberikan efek sejuk, kain linen juga bisa menghangatkan di kala cuaca dingin. Tampilannya lebih berkelas dan estetik.

Polyester

Sofa berlapis kain polyester memiliki kerapatan serat yang tinggi. Alhasil, seratnya sulit ditembus oleh air. Ini berarti kamu tidak perlu panik jika ada minuman tumpah ke atas sofa. Pastikan saja kamu segera menyekanya dengan lap dan air bersih. Kelemahan dari material ini adalah sifatnya yang panas sehingga kurang ideal untuk ruangan tanpa AC.

Velvet

Bagi yang ingin tampil mewah tapi tidak suka pakai material leather atau faux leather, maka velvet bisa jadi alternatif terbaik. Kain pelapis ini memiliki kilap yang unik dan bulu-bulu yang lembut. Namun, jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu seperti kucing atau anjing, sebaiknya hindari sofa berlapis kain velvet karena bulu-bulu mereka yang menempel akan sulit dibersihkan.

5. Fitur Tambahan Sofa 3 Seater yang Ditawarkan

Sofa 3 seater Surabaya sudah banyak dimodifikasi dengan aneka fitur tambahan. Bukan hanya sekadar tempat duduk saja. Sebut saja seperti fitur tatakan gelas untuk memastikan kamu bisa nonton TV sambil minum tanpa takut tumpah.

Lalu, ada sofa 3 seater Surabaya yang multifungsi sebagai kasur sehingga kamu bisa hemat budget untuk home furnishing. Ada juga sofa 3 seater yang memiliki ruang penyimpanan di bawah dudukannya sehingga lebih spacesaving dan kamu tidak perlu beli lemari atau storage box lagi.

6. Wajib Coba Sebelum Membeli

Sebagai investasi jangka panjang, maka sofa 3 seater Surabaya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kenyamanan. Oleh karena itu, kamu wajib coba sebelum membelinya. Duduklah di setiap sisinya dengan berbagai posisi yang sering kamu lakukan.

Sayangnya, tidak semua toko yang jual sofa 3 seater Surabaya menyediakan berbagai macam sofa untuk dicoba langsung oleh calon pembeli. Daripada sudah jauh-jauh berkunjung ke setiap toko sofa, tapi tidak bisa mencoba, lebih baik langsung saja ke Dekoruma Experience Center (DEC) terdekat di Surabaya!

Di DEC, kamu #BebasCobain semua model sofa 3 seater Surabaya sampai puas dan bisa menentukan pilihan. Kualitas produk terjamin dan dan sofa 3 seater murah Surabaya di Dekoruma juga tersedia dalam aneka desain dengan fitur-fitur menarik.

Dekoruma Experience Center di Surabaya tersebar di 2 titik. Ada DEC HR Muhammad di Jl. Mayjen HR Muhammad No. 96 dan juga DEC Manyar di Jl. Manyar Kertoarjo No. 35. Yuk, langsung saja ke Dekoruma Experience Center untuk temukan sofa 3 seater Surabaya terbaik!

Leave a Reply