8 Tips Gunakan Jasa Desain Interior Bekasi untuk Rumah Mungil

Rumah boleh mungil, tapi tentu harus didesain dengan apik supaya nyaman dan aman saat dihuni. Namun, sebagai orang awam di dunia desain interior, rasanya sulit untuk memutuskan pemilihan furnitur dan tata letak yang efisien. Di sini lah peran jasa desain interior profesional di kota-kota besar, seperti Jakarta atau desain interior Bekasi dibutuhkan oleh para pemilik rumah mungil. Khususnya saat ingin menata ruangan yang sempit.

Kamu membutuhkan jasa desain interior Bekasi dan baru pertama kali melakukannya? Sebaiknya simak dulu tips-tips berikut ini supaya kamu tidak salah pilih desainer interior dan menyesal di kemudian hari!

1. Tentukan Referensi Desain Interior Bekasi

Sebelum mulai mencari dan menggunakan jasa desain interior Bekasi, ada baiknya kamu menentukan referensi ruangan impian terlebih dulu. Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah warna dominan, bentuk, dan desain. Apabila sudah menentukan referensi terlebih dulu, kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan desainer interior. Kamu pun jadi memiliki banyak referensi sehingga bisa menemukan desain yang benar-benar tepat.

2. Pilih Desainer Interior Bekasi yang Kriterianya Sesuai Harapan

Apa saja yang kamu cari dari penyedia jasa desain interior Bekasi? Apakah yang sudah spesialis, ramah saat berkomunikasi, atau yang portfolionya sangat unik?

Cara paling mudah untuk mengetahui kriteria dari seorang desainer interior adalah dengan melihat media sosial atau website-nya. Kamu bisa menilai cara mereka berkomunikasi sekaligus melihat portfolio dari proyek-proyek sebelumnya. Karena kamu butuh untuk menata interior rumah mungil, pastikan kalau calon desainer interior tersebut cukup ahli di bidang tersebut.

Selain itu, terapkan cara lain seperti menanyakan review dari klien-klien lain. Jika mau lebih nyaman, coba tanyakan kepada kolega atau saudara yang pernah menggunakan jasa desain interior Bekasi tersebut sebagai referensi.

3. Terbuka dan Solutif

Salah satu tugas dari seorang desainer interior adalah memberikan solusi pada kliennya dalam upaya mendapatkan penempatan ruang yang efisien dan estetik. Sehingga kehidupan seluruh penghuni rumah menjadi semakin nyaman dan aman. 

Karena posisinya profesional dan kita sebagai klien sangat minim informasi terkait desain interior, sudah sepantasnya seorang desainer interior bersikap terbuka. Apabila referensi yang kamu berikan memiliki banyak kekurangan, tentu mereka harus menyampaikannya dan memberikan solusi yang tepat. 

Begitu pula terhadap material bangunan yang akan digunakan. Kamu berhak mendapatkan informasi terkait pertimbangan penggunaan material tersebut, termasuk kekurangan dan kelebihannya. Tentu kamu tidak ingin mendapatkan interior yang bagus tanpa persiapan untuk mengatasi kekurangannya di masa depan, bukan?

Desainer interior Bekasi yang profesional juga akan terbuka terkait masalah waktu pengerjaan. Mereka siap menginformasikan sudah sejauh mana progress pembuatan desain interior dan tidak mundur dari deadline yang sudah ditentukan.

4. Pilih Desainer yang Keuangannya Transparan dan Realistis

Menggunakan jasa desain interior Bekasi bisa jadi sebuah keputusan yang besar untuk sebagian orang karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Sangat disayangkan apabila ada pembengkakan anggaran karena desainer interior tidak menyampaikannya di awal.

Untuk memastikannya, cermati pengajuan anggaran dari desainer interior, apakah semua jenis biaya sudah tercantum. Misalnya jasa desain, jasa pemasangan, pembelian material, dan sebagainya. Akan lebih baik jika biaya tersebut tertulis dengan hitam di atas putih untuk menghindari penambahan biaya desain interior yang berlebihan di kemudian hari.

Rincian biaya desain interior Bekasi juga harus realistis. Untuk hal ini, kamu perlu mencari referensi harga material atau membandingkan tarif desainer sebanyak-banyaknya. Biaya yang terlalu murah patut dicurigai, sedangkan biaya yang terlampau mahal juga tidak baik, kecuali desainer interior Bekasi tersebut sudah sangat terkenal dan memiliki jam terbang yang tinggi.

5. Jujur Terkait Anggaran Pribadi

Bukan hanya jasa desain interior Bekasi saja yang wajib transparan soal keuangan, tapi dari sisi klien juga demikian. Jelaskan dengan jujur berapa besar biaya yang rela kamu keluarkan untuk menggunakan jasa desain interior Bekasi. Tidak ada gunanya bersikap seakan-akan mampu membayarkan biaya fantastis agar hasilnya berkualitas tinggi dan mewah, tapi kenyataannya budget-nya tidak cukup.

Lebih baik katakan dengan jujur sehingga kamu tetap bisa menjalani hidup sesuai anggaran juga. Toh, nantinya desainer interior akan memberikan solusi lain seperti mengganti material tertentu yang lebih murah, tapi tidak mengorbankan kualitas. Tidak perlu khawatir, rumah mungil akan tetap terlihat menawan di tangan para desainer profesional.

6. Bersiap pada Perubahan

Kamu telah berencana dan membayangkan betapa indahnya desain interior di rumah mungilmu. Namun, terkadang tidak semuanya sesuai dengan rencana tersebut. Mungkin saja ada perubahan yang diajukan oleh penyedia jasa desain interior Bekasi pada beberapa elemen untuk memastikan kenyamanan dan keamanan kamu dan keluarga.

Meskipun ada yang harus dikorbankan, tidak apa-apa karena pastinya sang desainer interior sudah mempertimbangkan desain yang paling baik. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri juga untuk menghadapi beberapa perubahan pada desain.

7. Istilah Terkait Interior pada Rumah Mungil

Persiapan lain yang diperlukan oleh kamu adalah mempelajari beberapa istilah interior pada rumah mungil. Hal ini bertujuan agar kamu tidak bingung dan lebih nyambung saat berkomunikasi dengan desainer interior Bekasi.

  • Kabinet

Kabinet merupakan area penyimpanan dalam bentuk lemari, rak, atau laci. Kabinet ada yang sudah jadi dan bisa dibeli secara terpisah (loose furniture) di toko furniture terdekat, ada pula yang dibuat secara built-in. Pada area kitchen set, kabinet ada yang posisinya di bawah, ada pula yang posisinya menempel pada dinding bagian atas untuk menghemat tempat (space-saving).

  • Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi menjadi andalan para penyedia jasa desain interior Bekasi karena mampu memanfaatkan ruang mungil secara maksimal, tanpa kesan sumpek. Furnitur semacam ini biasanya bisa dilipat atau didorong ke dalam ketika tidak digunakan. Ada juga yang memiliki fungsi ganda. Misalnya saja meja makan lipat yang menyatu dengan counter top atau tempat tidur dengan tambahan laci di bagian bawahnya.

  • Backsplash

Berikutnya ada istilah yang lebih mengarah ke area dapur. Elemen backsplash penting dihadirkan dalam pembuatan kitchen set di rumah mungil. Posisinya ada di dinding yang bersebelahan langsung dengan bak cuci piring dan kompor. Fungsinya untuk melindungi dinding dari cipratan air dan noda masak. Permukaannya licin dan tidak berpori sehingga mudah dibersihkan dan dapur selalu tampil bersih.

  • Kitchen Island

Elemen ini berupa sebuah meja di tengah dapur yang merupakan bagian dari kitchen set. Fungsinya menambah ruang untuk persiapan masak atau penyajian makanan. Pada rumah mungil, kitchen island masih mungkin dihadirkan dengan meja berukuran kecil yang mudah dipindahkan.

  • Countertop

Countertop adalah area di mana semua kegiatan masak berlangsung. Mulai dari menyiangi sayur, memasak, mencuci, dan sebagainya. Material countertop biasanya dibedakan dari material kitchen set secara keseluruhan supaya lebih awet dan menonjol.

8. Jasa Desain Interior Bekasi Terpercaya untuk Rumah Mungil

Apabila kamu kesulitan mencari jasa desain interior Bekasi, langkah yang paling tepat adalah dengan berkunjung ke Dekoruma. Toko furniture dan dekorasi terdepan di Indonesia ini juga menyediakan layanan desain interior bertajuk Dekoruma Desain Interior.

Dekoruma Desain Interior memiliki signature style sendiri, yaitu gaya Japandi yang mengutamakan hunian praktis dan efisiensi lahan. Sangat cocok untuk mendekor rumah mungil kamu. Tim desainer interior Dekoruma pun siap melayani dengan profesional dan harga transparan. Bahkan tak hanya di Bekasi saja, tapi juga di kota-kota lainnya, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bandung, dan Surabaya.

Segera hubungi Dekoruma Desain Interior untuk membuat janji temu! Kamu juga bisa langsung kunjungi Dekoruma Experience Center terdekat untuk melihat pilihan material serta inspirasi ruang bergaya Japandi untuk rumah mungil kamu dengan panduan tim desainer interior Dekoruma. #EnaknyaAdaDekoruma, mewujudkan hunian impian jadi semakin mudah. Yuk, konsultasi sekarang!

Leave a Reply