6 Tips dan Trik Jual Tanah Agar Cepat Terjual

Cara Cepat Jual Tanah yang Perlu Kamu Ketahui

Tanah merupakan salah satu bentuk investasi properti yang pertambahan nilainya menjanjikan di masa depan. Namun sayang, menjual tanah bukanlah hal yang mudah. Selain karena harganya yang mahal dan banyak pesaing, daya beli masyarakat pun tengah menurun akibat pandemi. Meski demikian, kamu tidak boleh menyerah saat hendak jual tanah!

Berikut ini, Kania punya beberapa tips dan trik jual tanah agar cepat terjual. Yuk, terapkan cara-cara di bawah ini!

1. Survey Lokasi Tanah

gambar tanah kosong untuk ilustrasi jual tanahpixabay.com

Sebelum mulai jual tanah, pastikan untuk melakukan survey lokasi terlebih dulu. Tips ini bermanfaat untuk mengetahui harga jual tanah yang sesuai pasaran. Tidak terlalu murah, tidak terlampau mahal juga. Semakin strategis lokasinya, maka harga jual akan tinggi juga. Kamu pun bisa menggunakan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) sebagai patokan harga jual.

2. Kenali Keunggulan Tanah Dibanding Milik Kompetitor

acungan jempol untuk ilustrasi jual tanahpixabay.com

Masing-masing properti memiliki keunggulan. Jadi, alangkah baiknya jika kamu mengenali betul apa saja keunggulan tanahmu dibanding milik kompetitor. Kamu dapat fokus menjelaskan keunggulan tersebut saat jual tanah. Misalnya saja, lokasi tanah berada di dekat area perkantoran sehingga cocok untuk dibangun menjadi restoran. Bisa juga kondisi tanahnya gembur sehingga cocok untuk dijadikan lahan pertanian atau tidak rawan mengalami bencana alam.

3. Tentukan Target Calon Pembeli

ilustrasi target pembeli untuk jual tanahpixabay.com

Setelah kamu mengenali keunggulan tanah yang akan dijual, tentukanlah target calon pembeli. Manfaatnya untuk membantumu menentukan bahasa iklan, promosi, media iklan, dan harga yang tepat saat jual tanah. Pada akhirnya, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk menawarkan tanah ke calon pembeli yang tidak potensial. Peluang keberhasilan jual tanah dalam waktu cepat pun semakin tinggi .

Apabila kamu kesulitan menentukan target calon pembeli, mulailah menjawab beberapa pertanyaan dasar. Di antaranya adalah apa peruntukkan tanah tersebut, apakah calon pembeli individu atau korporasi, di mana lokasi tanah, dan berapa harga jual tanah?

4. Persiapkan Tanah Sebaik Mungkin

gambar tanah dengan pagar kayu sebagai ilustrasi jual tanahpixabay.com

Layaknya menjual rumah, keadaan tanah pun perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Keadaan yang tertata rapi serta bersih akan berpeluang lebih besar menarik hati calon pembeli. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika ingin jual tanah adalah menyingkirkan rumput liar dan sampah-sampah yang berserakan. Bila perlu, berikan pagar pembatas supaya calon pembeli dapat melihat batas wilayah tanah yang dijual. Jangan lupa untuk memastikan bahwa surat-surat kepemilikan tanah lengkap dan bebas sengketa.

5. Manfaatkan Portal Iklan Online

seseorang menggunakan laptop untuk ilustrasi jual tanahunsplash.com

Jual tanah menggunakan jasa agen properti memang lebih mudah dan cepat. Namun, penjual perlu menyisihkan uang untuk memberi komisi. Apabila merasa budget sudah sangat terbatas, kamu dapat menerapkan tips jual tanah yang memanfaatkan portal iklan online.

Saat ini sudah ada banyak portal iklan online untuk menjual properti. Beberapa portal menyediakan layanan ini tanpa biaya tambahan dan langsung mengantarkan kamu pada calon pembeli yang tepat. Pilihlah portal yang paling pas dengan kebutuhanmu dan memiliki banyak pengunjung.

6. Jual Tanah Melalui Bank

gambar sekotak uang untuk ilustrasi jual tanahpixabay.com

Tips dan trik terakhir untuk jual tanah dengan cepat adalah menjualnya melalui bank. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan adalah transaksi jual tanah lebih aman, pembeli dapat memanfaatkan program KPT (Kredit Kepemilikan Tanah), dan penjual akan mendapatkan uang hasil jual tanpa menunggu cicilan pembeli selesai. Dalam hal ini, semua pihak akan diuntungkan

Terapkanlah 6 tips dan trik jual tanah di atas. Niscaya, tanah akan terjual dengan cepat. Akhir kata, tetap semangat dan pantang menyerah, ya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Bekasi, rumah baru di Tangerang, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Leave a Reply