Mau Beli Rumah Pertama? Simak 7 Tipsnya Agar Tak Salah Pilih!

Tips dan Trik Membeli Rumah Pertama

Semua orang pasti memiliki impian untuk membeli rumah baru. Terlebih lagi, saat ini ada sejumlah metode pembayaran untuk pembelian rumah dijual, di mana salah satunya adalah menggunakan metode KPR yang memungkinkan kamu bisa lebih cepat memiliki rumah impian.

Saat mencari penawaran rumah dijual, pastikan kamu tidak terburu-buru. Sebaiknya, kamu melakukan sejumlah tips membeli rumah pertama berikut ini agar tidak menyesal dan memungkinkan kamu mendapatkan rumah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Ketahui Kondisi Lingkungan Rumah

perumahan Kaze Hill by Dekoruma sebagai rekomendasi rumah pertamadekoruma.com

Jika kamu tertarik membeli rumah pertama secara online, baik yang berada di perumahan umum ataupun perumahan syariah, maka langkah penting yang harus kamu lakukan adalah melakukan survei secara langsung. Kamu harus mengamati dan mempelajari kondisi lingkungan rumah baru, misalnya seperti apa tempat tinggal yang diincar dan bagaimana tetangga di sekitar rumah agar nantinya mempermudah kamu dalam beradaptasi.

Ketahui Fasilitas Rumah Baru

ilustrasi fasilitas jogging track di perumahan rumah pertamashutterstock.com

Jika kamu melakukan pembelian rumah pertama yang berada di kompleks perumahan baru, maka pastikan kamu mengetahui fasilitas apa saja yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa fasilitas di area calon rumah pertama kamu telah sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh developer. Pastikan juga bahwa fasilitas tersebut dapat menunjang kebutuhan kamu secara maksimal, misalnya ketersediaan keamanan 24 jam, area terbuka hijau, jogging track, tempat ibadah, bahkan fasilitas kesehatan.

Ketahui Akses Ke Kawasan Rumah

Kaze Hill by Dekoruma sebagai rekomendasi rumah pertamadekoruma.com

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan saat hendak membeli rumah pertama adalah akses menuju kawasan rumah tersebut. Lebih baik, rumah pertama kamu memiliki sarana transportasi publik yang memadai, seperti ketersediaan bus publik, akses langsung ke MRT atau LRT, hingga dekat dengan terminal ataupun stasiun. Ini tentu bertujuan untuk menunjang kebutuhan transportasi kamu.

Perhatikan Spesifikasi Bangunan

perumahan Bali Resort Extention sebagai rekomendasi rumah pertamadekoruma.com

Biasanya, developer yang menawarkan rumah baru akan memberikan informasi mengenai spesifikasi apa saja yang tersedia. Misalnya saja spesifikasi material bangunan tertentu untuk dinding, atap, dan lantai, serta elemen-elemen seperti pintu, kloset, dan wastafel.

Spesifikasi bangunan rumah pertama ini termasuk juga daya listrik yang tersedia, fasilitas air bersih, dan ketersediaan carport rumah. Pastikan bahwa calon rumah pertama kamu memiliki spesifikasi bangunan yang dijanjikan oleh developer karena hal ini akan memengaruhi kualitas dan kenyamanan kamu selama tinggal di hunian tersebut. 

Baca Kontrak Pembelian Secara Cermat

ilustrasi proses tanda tangan kontrak pembelian rumah pertamashutterstock.com

Saat kamu membeli rumah pertama melalui sistem KPR bank ataupun melalui agen penjual rumah, pastikan juga untuk membaca kontrak secara cermat dan menyeluruh. Biasanya kontrak tersebut berisikan surat ataupun dokumen penting lain terkait calon rumah pertama kamu.

Bahkan, ada pula kontrak yang menyebutkan layanan apa saja yang akan disediakan oleh developer. Jika kamu menemukan istilah yang kurang dimengerti, silakan tanyakan semuanya hingga jelas agar bisa dipahami. 

Jangan Membeli Rumah Karena Faktor Emosional

ilustrasi faktor emosional membeli rumah pertamashutterstock.com

Banyak orang yang membeli rumah pertama dikarenakan adanya faktor emosional. Meskipun hal ini terdengar sepele, tapi pastikan kamu untuk tetap rasional agar nantinya tidak menyesal dan tidak menemukan masalah di kemudian hari. Dengan demikian, kamu pun akan selalu merasa nyaman selama tinggal di rumah pertama tersebut. 

Pilih Rumah dari Agen Terpercaya

ilustrasi agen terpercaya untuk membeli rumah pertamashutterstock.com

Tips terakhir yang penting kamu lakukan adalah memastikan agen dari calon rumah pertama kamu terpercaya, terutama saat hendak membeli rumah dengan harga yang murah. Tak hanya meminimalisir terjadinya penipuan, pembelian rumah pertama dari agen berkredibilitas baik pun akan menjamin kamu dapat memiliki hunian berkualitas, memiliki dokumen yang jelas, dan dapat menghindari terjadinya permasalahan di masa depan.

Jika kamu berencana membeli rumah pertama, kamu bisa melihat berbagai penawaran rumah baru maupun bekas dengan harga terbaik di Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan rumah baru di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, dan berbagai daerah lainnya. Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan berbagai promosi menarik yang sangat menguntungkan!

Bahkan, melalui Dekoruma Properti kamu juga bisa melakukan simulasi KPR untuk menghitung estimasi biaya KPR dari harga hunian, lho. Tersedia kalkulator KPR dari berbagai pilihan bank yang akan terhitung secara otomatis, seperti kalkulator KPR BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, BTN Syariah, Permata, dan yang lainnya. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply