5 Fakta Sirih Gading, Tanaman Cantik yang Bisa Menjernihkan Udara

Serba-Serbi Tanaman Sirih Gading yang Harus Kamu Ketahui

Selain monstera dan aglaonema, ada juga tanaman hias yang saat ini tak kalah populer, yaitu sirih gading. Tanaman ini mulai banyak dilirik orang-orang, khususnya oleh mereka para pecinta tanaman. Selain karena memiliki bentuk yang cantik, manfaat sirih gading juga menjadi salah satu alasan mengapa tanaman ini banyak diburu orang.

Lalu, apa saja sih manfaat, karakteristik, dan juga jenis-jenis tanaman sirih gading? Yuk, langsung saja kenalan dengan tanaman sirih gading lebih dalam melalui ulasan Kania di bawah ini!

Karakteristik Sirih Gading

sirih gadingshutterstock.com

Ciri khas tanaman sirih gading yang paling menonjol dapat terlihat dari daunnya yang berukuran kecil. Bagian pangkal daunnya berbentuk bundar, sedangkan bagian ujung satunya meruncing. Tumbuhan yang termasuk jenis tanaman merambat semi epifit ini umumnya memiliki daun yang berwarna hijau dengan semburat warna kuning hingga putih kekuningan.

Batang tanaman sirih gading sangat ramping, tidak kaku, dan biasanya dapat bertumbuh hingga mencapai 20 meter. Jika ditanam di pekarangan rumah, tanaman ini bisa merambat mengelilingi pohon lain atau menjalar di dinding rumah. Sementara, jika ditanam di dalam pot, batang sirih gading akan tumbuh menjuntai ke bawah sehingga terlihat sangat cantik.

Manfaat Sirih Gading

sirih gading gantunghomeguides.sfgate.com

Tanaman sirih gading terkenal akan manfaatnya yang mampu menjernihkan udara di dalam rumah dengan cara menyerap semua racun berbahaya yang ada di atmosfer. Oleh karena itu, sirih gading juga termasuk ke dalam jenis tanaman indoor atau dalam ruangan. Adapun zat berbahaya yang mungkin ada di dalam hunianmu adalah sisa-sisa cat tembok, perabotan plastik, peralatan elektronik, atau bahkan asap kendaraan yang mungkin masuk ke dalam rumah.

sirih gading tampak dekatpatchplants.com

Jika kamu meletakkan tanaman sirih gading, baik itu di pekarangan ataupun di dalam rumah, kamu pasti akan mendapatkan asupan oksigen dan udara yang segar setiap hari. Nah, berkat kemampuannya yang dapat mengurangi racun dan menambah oksigen, tentunya sistem pernapasan tubuhmu pun akan jadi lebih baik dan sehat.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tapi tanaman sirih gading juga bermanfaat untuk kesehatan psikologismu, lho! Karena dapat menciptakan suasana yang sejuk dan segar, pikiranmu pasti akan jadi lebih tenang sehingga tanaman ini sangat cocok untuk mengurangi stress. Saat tubuh dan pikiran rileks, suasana hati gembira, kamu pun jadi lebih produktif melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Jenis-Jenis Sirih Gading

sirih gading cantikpatchplants.com

Tanaman sirih gading tidak hanya satu, melainkan ada beberapa jenisnya. Setidaknya, ada empat jenis tanaman hias sirih gading yang paling populer. Pertama, ada sirih gading emas atau yang disebut juga golden pothos. Sesuai namanya, jenis ini memiliki daun berwarna hijau yang bercorak warna keemasan. Jenis ini merupakan tanaman sirih gading yang paling sering dijumpai karena lebih mudah bertumbuh.

Jenis yang kedua adalah sirih gading jessenia atau jessenia pothos yang warna daunnya tetap hijau, tapi agak kekuningan, meskipun semburatnya tidak banyak seperti jenis yang lainnya. Sementara jenis yang ketiga adalah sirih gading neon atau neon pothos. Jenis neon ini sangat mudah dibedakan karena daunnya berwarna hijau cerah yang hampir menyerupai kuning sepenuhnya.

Nah, jenis yang terakhir adalah sirih gading putih. Kalau daun pada jenis-jenis yang sebelumnya didominasi oleh warna hijau, sirih gading putih justru lebih didominasi oleh warna putih itu sendiri dengan sedikit corak hijau.

Sirih Gading sebagai Tanaman Hias

sirih gading di depan dinding bata merahshutterstock.com

Pada dasarnya, sirih gading memang merupakan tanaman hias yang mampu membuat hunian jadi lebih cantik sekaligus asri. Untuk di dalam ruangan, kamu bisa menanam tanaman cantik ini di dalam pot gantung, kemudian gantungkan pada sebuah tiang atau langit-langit rumah. Sementara untuk di luar rumah, kamu bisa membiarkan tanaman sirih gading merambat di dinding teras atau pagar rumah. Batangnya yang merambat maupun menjuntai dijamin akan membuat tampilan hunian lebih menawan.

Cara Merawat Sirih Gading

tanaman sirih gading di dalam pot kecilgardenbeast.com

Merawat tanaman sirih gading tidaklah sulit, tapi harus dilakukan secara konsisten agar dapat tumbuh subur. Setidaknya ada lima hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat tanaman yang cantik ini, di antaranya adalah media tanam, pemupukan, pencahayaan, suhu, dan penyiraman.

Sirih gading dapat dapat ditanam dengan media air ataupun tanah yang kering. Kamu juga bisa menggunakan kompos, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : ¼.  Untuk pemupukan, kamu perlu melakukannya setiap tiga bulan sekali agar lebih cepat tumbuh. Adapun, pupuk yang paling baik adalah pupuk organik atau pupuk kandang.

seseorang memegang tanaman sirih gading dan alat penyiramanyates.com.au

Tanaman sirih gading dapat bertumbuh dengan pencahayaan yang cerah, tapi tidak secara langsung karena daunnya cenderung mudah terbakar. Alternatifnya, kamu bisa meletakkan tanaman ini di kebun rumah yang beratap atau di dekat jendela rumah. Kamu juga perlu memperhatikan suhu, di mana sirih gading menyukai tempat dengan suhu sekitar 21 – 32 derajat celcius.

Nah, untuk penyiraman, sebaiknya sirih gading disiram setiap hari waktu masih pagi. Bukan tanpa alasan, melainkan karena jika kamu menyiramnya di sore hari, tanaman ini akan lebih cepat lembap dan bisa membusuk. Sementara, di pagi hari tanaman sirih gading dapat berfotosintesis dengan baik. Perhatikan juga jumlah airnya, jangan sampai terlalu banyak karena bisa menyebabkan daun menjadi layu.

Melalui ulasan di atas, sekarang kamu sudah lebih mengenal tanaman sirih gading, ‘kan? Tidak ada alasan lagi untuk tidak memelihara tanaman bermanfaat ini di rumah. Yuk, langsung saja cari sirih gading di toko tanaman terdekat!

Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu sedang mencari furnitur, dekorasi, atau aneka perabotan rumah, Dekoruma juga menyediakannya, lho. Dekoruma jual kursi anak, sofa minimalis, meja makan, lemari, hingga rak display dengan ukuran serta model yang bervariasi.

Selain furnitur, ada juga aneka perlengkapan makan dan minum berkualitas dari merek-merek terkenal. Dekoruma jual Luminarc, Oxone, dan Nakami. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan semua kebutuhan rumahmu!

Leave a Reply