Apa Itu Rabat Beton? Yuk, Pahami Fungsi dan Serba-serbinya Lebih Dalam!

Serba-serbi Rabat Beton yang Perlu Diketahui

Dalam pembuatan bangunan, pondasi harus dibangun secara kokoh agar bisa menahan beban secara maksimal. Adapun, salah satu yang kerap digunakan dalam pembuatan pondasi adalah rabat beton yang dikenal juga dengan istilah lean concrete.

Nah, buat kamu yang saat ini tengah mempertimbangkan penggunaan rabat beton untuk keperluan proyek pembangunan atau konstruksi, Kania punya beberapa informasi yang sebaiknya kamu ketahui. Maka dari itu, sebelum menggunakan rabat beton, pastikan kamu membaca serba-serbinya berikut ini, ya!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Apa Itu Rabat Beton?

ilustrasi pengaplikasian rabat betonlocalmotionservices.com

Secara sederhana, rabat beton terdiri dari komposisi bahan campuran berupa pasir, semen, kerikil, serta air, di mana bahan tersebut diproses untuk menghasilkan mutu beton. Pada umumnya, kandungan semen pada rabat beton kurang dari 10 persen sehingga kerap disebut sebagai bahan dengan kekuatan rendah untuk difungsikan sebagai alternatif tanah yang dipadatkan. 

Fungsi Rabat Beton

ilustrasi rabat beton pada suatu proyek pembangunanmegaconperkasa.com

Rabat beton mempunyai fungsi utama sebagai lapisan beton. Bahkan, pada proyek konstruksi, rabat beton kerap dipakai untuk pembangunan jalan karena dapat membantu menahan beban bergerak dari para pejalan kaki maupun kendaraan yang melintas dengan mutu yang jauh lebih tinggi ketimbang penggunaan rabat beton untuk alas pembangunan.

Selain itu, rabat beton juga memiliki fungsi lainnya. Di antaranya adalah untuk menjaga permukaan jalan supaya tidak becek ketika hujan, mencegah kelembapan pada permukaan tanah, mencegah serangga agar tidak naik ke beton, menstabilkan kerataan permukaan beton, serta membantu ruang gerak para pekerja saat membangun sebuah proyek. 

Kelebihan Rabat Beton

ilustrasi rabat beton yang masih basahcivilsnapshot.com

Untuk kebutuhan pengerasan jalan, paving block kerap digunakan karena dianggap memberikan hasil akhir yang lebih rapi. Padahal, rabat beton juga tak kalah karena memiliki banyak sekali keunggulan seperti membuat permukaan tanah menjadi lebih rata dan membuat air tidak menggenang karena memiliki kemampuan daya serap tinggi.

Selain itu, rabat beton juga mampu menghalangi bahan kimia pada tanah agar tidak merusak beton, mempermudah proses pengecoran tanpa memengaruhi kualitas bangunan, dan mempermudah proses pembesian tulangan beton pada bangunan, serta mempercepat para pekerja bangunan untuk membuat pondasi secara kokoh sehingga efektif menghemat budget. 

Kekurangan Rabat Beton

ilustrasi proses penuangan rabat betonmistribabu.com

Meskipun rabat beton memiliki banyak keunggulan, tapi terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum mengaplikasikannya. Kekurangan pertama, pembuatan rabat beton diperlukan formula campuran yang tepat agar hasilnya tidak kasar dan meminimalisir terjadinya retak.

Selain itu, kekurangan lain dari rabat beton terletak pada proses pengerjaan yang harus dilakukan sekaligus agar lebih mudah menyatu dan tidak menimbulkan celah. Dalam pengerjaan rabat beton, pastikan juga untuk melakukannya saat kemarau karena jika terjadi hujan, maka mutu dari rabat beton akan berkurang dan membuat campuran material tidak akan tersusun secara sempurna. 

Pembuatan Rabat Beton

ilustrasi seseorang sedang meratakan rabat betonengineercalcs.com

Terdiri dari sejumlah bahan, komposisi pembuatan rabat beton harus diatur secara presisi dengan perbandingan bahan 1:2:3, yaitu bahan semen 1, bahan pasir 2, bahan kerikil 3, lalu dicampur dengan air sebanyak 0,5 porsi. Selain itu, penghitungan pembuatan rabat beton pun harus berdasarkan bobot jenis beton yang digunakan.

Agar proses pemasangan rabat beton lebih presisi dan tidak mudah rusak, pastikan kamu menggunakan jasa yang ahli dan telah berpengalaman. Selain informasi soal rabat beton di atas, temukan juga berbagai informasi menarik lainnya melalui artikel di Dekoruma!

Kamu juga bisa, lho belanja furniture dan aksesoris rumah secara online di Dekoruma! Dekoruma jual kotak penyimpanan, sofa, meja TV, meja makan, karpet, kasur, tempat tidur, lampu, kabinet dapur, hingga rak sepatu.

Nggak perlu khawatir juga kalau kamu belum bisa mengubah tampilan rumah secara keseluruhan, mulai saja dari #SatuSudutDulu, sesimpel dengan menambahkan dekorasi di atas rak ambalan ataupun mengganti piring lama dengan piring cantik bermotif yang lebih menarik untuk di ruang makan. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

Leave a Reply