Mengetahui Serba-Serbi Kayu Balsa yang Berbobot Ringan tapi Kuat

Mengenal Karakteristik Kayu Balsa Lebih Dalam

Kamu ragu memiliki perabotan atau furnitur berbahan kayu karena harganya mahal? Saat ini, masyarakat lebih mengenal kayu jati karena penggunaannya yang luas. Padahal, ada banyak jenis kayu lain yang harganya lebih miring namun memiliki kekuatan yang tak kalah baik.

Salah satunya adalah kayu balsa yang terkenal murah, tapi memiliki banyak sekali keunggulan, di mana salah satunya terletak pada kekuatannya. Nah, jika kamu tertarik dengan material yang satu ini, Kania akan mengajak kamu untuk mengenal kayu balsa secara detail melalui ulasan berikut ini!

Apa Itu Kayu Balsa?

tiga papan kayu balsa berwarna cokelat muda yang cerahbetterequipped.co.uk

Sesuai namanya, material satu ini berasal dari pohon balsa. Pohon balsa memiliki banyak keunikan, di mana salah satunya adalah proses tumbuh yang berjalan cepat, yakni sekitar lima tahun saja untuk bisa tumbuh setinggi 20 meter. Meskipun berasal dari Kalimantan Selatan, tapi pohon balsa kini banyak tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia sehingga menjadi komoditas utama untuk diekspor ke berbagai negara. 

Penggunaan Kayu Balsa

ilustrasi tumpukan potongan kayu balsaamazon.com

Tak hanya digunakan untuk material pembangunan rumah seperti untuk plafon atau kusen, kayu balsa juga ideal digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga. Saat ini, kayu balsa dimanfaatkan sebagai bahan utama dari pembuatan meja, kursi, kotak penyimpanan barang, pintu rumah, bahkan untuk wall panel.

Kayu Balsa Berbobot Ringan

seseorang memilih papan kayu balsashutterstock.com

Salah satu keunggulan kayu balsa yang paling terkenal adalah bobotnya yang ringan. Kayu balsa memiliki karakter berupa sel besar serta dinding tipis, bahkan hanya sekitar 40% dari potongan kayu balsa yang merupakan material padat.  Maka dari itu, pengolahan dan pengeringan kayu balsa harus dilakukan secara benar agar penggunaannya maksimal.

Kayu Balsa Berkekuatan Prima

tumpukan papan kayu balsashutterstock.com

Meskipun bobot dari kayu balsa ringan, tapi kekuatannya dapat disandingkan dengan jenis kayu mahal lain yang ada di pasaran. Kayu balsa memiliki kekuatan yang sangat prima sehingga hasil pengolahannya akan kokoh dan tahan lama. Namun, sebelum menggunakan kayu balsa, pastikan kamu memilih potongan dengan kepadatan yang baik, ya!

Kayu Balsa Mudah Dibentuk

beberapa kayu balsa di atas cutting boardshutterstock.com

Dikarenakan kayu balsa memiliki tingkat kepadatan yang rendah serta berbobot ringan, maka material yang satu ini pun sangat mudah dibentuk untuk dijadikan bahan utama dari pembuatan berbagai jenis perabotan rumah tangga seperti sandaran kursi makan. Namun, terdapat hal menarik lain di mana kayu balsa juga dapat menyerap getaran ataupun guncangan sehingga lebih mudah untuk dipotong serta direkatkan.

Kayu Balsa Berwarna Terang

ilustrasi tekstur dan warna kayu balsashutterstock.com

Karakter lain dari kayu balsa adalah warnanya yang terang secara natural. Dengan begitu, kayu balsa sangat pas untuk dibentuk menjadi perabotan oleh kamu yang menginginkan hasil akhir berwarna light. Selain itu, perabotan dari kayu balsa juga sangat pas digunakan untuk melengkapi hunian bergaya Japandi ataupun modern.

Tingkat Kepadatan Kayu Balsa

tumpukan kayu balsa berukuran panjangshutterstock.com

Seperti Kania sebutkan di atas, kamu harus memperhatikan tingkat kepadatan dari kayu balsa. Adapun, tingkat kepadatan kayu balsa saat ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Kayu balsa ringan berbobot di bawah 120 kg per m³ untuk penggunaan hobi serta aeromodelling.
  • Kayu balsa sedang berbobot 120 kg hingga 180 kg per m³ untuk penggunaan industri komposit.
  • Kayu balsa berat berbobot di atas 180 kg per m³ untuk penggunaan yang lebih luas.

Memiliki banyak kelebihan, kayu balsa juga dibanderol dengan harga terjangkau, yakni mulai dari kisaran Rp90.000 per m³. Jadi, melalui penjelasan Kania di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan material yang satu ini untuk keperluan rumahmu? Semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya! Selain artikel, beragam jenis furnitur untuk hunianmu juga ada di Dekoruma, lho! Mulai dari sofa, meja tamu, meja tv, rak dinding, lemari pakaian, hingga tempat tidur, semuanya ada. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply