Serba-Serbi Cicilan Perumahan Subsidi yang Wajib Kamu Ketahui

Memahami Sistem Cicilan Perumahan Subsidi Lebih Dalam

Memiliki rumah sendiri menjadi impian banyak orang. Akan tetapi, banyak orang yang menunda mewujudkan impian tersebut dikarenakan adanya kendala seperti harga rumah baru yang dari hari ke hari terus mengalami kenaikan. Jika budget kamu untuk membeli rumah baru masih terbatas, saat ini ada banyak program cicilan perumahan subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah sehingga harganya terjangkau dan bisa membantu kamu mewujudkan rumah impian.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil program cicilan perumahan subsidi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak serba-serbi cicilan perumahan subsidi dari Kania di bawah ini!

Ketahui Ketentuan Rumah Subsidi

deretan rumah subsidi sebagai ilustrasi cicilan perumahan subsidikompas.com

Pada saat memutuskan untuk mengambil cicilan perumahan subsidi, kamu harus mengetahui ketentuan harga yang ditawarkan. Ini karena hunian bersubsidi harus dijual dengan batas maksimal harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah, di mana saat ini terbagi berdasarkan kawasannya (dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan ketentuan pemerintah), yaitu:

  • Pulau Jawa kecuali Jabodetabek: Rp150,5 juta
  • Pulau Sumatera kecuali Kep. Riau, Bangka Belitung, serta Mentawai: Rp150,5 juta
  • Jabodetabek: Rp168 juta
  • Kepulauan Anambas: Rp168 juta
  • Kep. Riau, Bangka Belitung, serta Mentawai: Rp156,5 juta
  • Pulau Kalimantan kecuali Kab. Murung Raya serta Mahakam Ulu: Rp164,5 juta
  • Kab. Murung Raya serta Mahakam Ulu: Rp168 juta
  • Pulau Sulawesi: Rp156,5 juta,
  • Maluku, Maluku Utara, Bali, serta Nusa Tenggara: Rp168 juta
  • Papua dan Papua Barat: Rp219 juta.

Ketahui Luas Rumah Subsidi

gambar rumah subsidi untuk ilustrasi cicilan perumahan subsidishutterstock.com

Selain mengetahui batas harga yang ditentukan pemerintah, cicilan perumahan subsidi pun memiliki ketentuan luas bangunan. Untuk rumah tapak, luas tanah yang ditawarkan yaitu minimal 60 m² dan maksimal 200 m². Sementara itu, luas bangunan yang ditetapkan memiliki luas minimal 21 m² dan maksimal 36 m². 

Ketahui Besaran Uang Muka

ilustrasi uang muka pada cicilan perumahan subsidishutterstock.com

Sama seperti saat ingin mengambil KPR, cicilan perumahan subsidi pun mengharuskan kamu untuk membayar uang muka. Adapun, ketentuan uang muka untuk cicilan perumahan subsidi yang ditetapkan saat ini adalah sebesar 1% dari nilai jual rumah, di mana nilai tersebut jauh lebih rendah ketimbang perumahan biasa

Ketahui Besaran Suku Bunga

ilustrasi suku bunga pada cicilan perumahan subsidishutterstock.com

Hal menarik dari program cicilan perumahan subsidi adalah suku bunga yang tergolong rendah. Hal ini karena cicilan perumahan subsidi biasanya memberlakukan bunga fixed yang berlaku hingga cicilan tersebut berakhir. Dengan begitu, kamu pun tak perlu memikirkan kenaikan suku bunga karena besaran cicilan yang dibayarkan jumlahnya akan tetap sama. 

Persyaratan Cicilan Perumahan Subsidi

ilustrasi rumah subsidi sederhana untuk pembahasan cicilan perumahan subsidibukitcikeretegindah.com 

Jika ingin mengajukan cicilan perumahan subsidi, terdapat beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi. Pertama, kamu memiliki gaji bulanan di bawah Rp8 juta sehingga jika kamu memiliki gaji di atas nominal tersebut, maka kamu tidak berhak mengajukan cicilan perumahan subsidi. Selain itu, kamu pun diwajibkan menyerahkan sejumlah berkas seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Surat Nikah atau Surat Cerai, slip gaji atau bukti penghasilan dengan masa kerja atau lama usaha selama 1 tahun, serta telah berusia di atas 21 tahun atau telah menikah. 

Perhatikan Lokasi Rumah Bersubsidi

gambar sederet rumah subsidi untuk ilustrasi cicilan perumahan subsidiradarsukabumi.com

Sudah menjadi kewajiban bahwa kamu juga harus melakukan survei lokasi sebelum mengambil cicilan perumahan subsidi. Sebaiknya, pilihlah perumahan bersubsidi dengan akses yang mudah, telah memiliki fasilitas yang memadai seperti air, serta mengetahui spesifikasi rumah yang akan kamu ambil.

Itulah beberapa hal mengenai cicilan perumahan subsidi yang sebaiknya kamu ketahui sebelum membelinya. Apabila kamu masih mempertimbangkan antara membeli rumah subsidi dan rumah second yang sederhana, kamu bisa cek terlebih dahulu pilihan rumah dijual dengan harga terjangkau di Dekoruma Properti.

Selain itu, kamu juga bisa sekaligus membeli aneka furnitur di Dekoruma untuk melengkapi hunianmu agar lebih nyaman! Mulai dari sofa minimalis, meja tamu, rak buku, meja makan, tempat tidur, dan kabinet dapur. Bahkan, Dekoruma juga jual vas & pot bunga, karpet, lampu, cermin, dan aksesoris rumah lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply