Kenali Gejala Alergi Debu, Cara Mengatasi, dan Mencegahnya

Tanda-tanda Alergi Debu pada Tubuh dan Cara Menanganinya

Alergi debu adalah salah satu jenis alergi yang paling umum dialami orang. Biasanya kerap terjadi di ruangan tertutup, termasuk hunian pribadi. Kondisi alergi ini disebabkan karena ada zat-zat asing di dalam debu yang ikut terhirup atau bersentuhan dengan kulit. Zat-zat asing tersebut memicu sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan.

Meski alergi debu ini sangat umum, bukan berarti kamu bisa menyepelekannya. Reaksi alergi yang ditimbulkan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan jadi tidak bebas beraktivitas. Yuk, kenali gejala alergi debu dan cara mengatasinya melalui ulasan dari Kania berikut ini!

Gejala Alergi Debu

seorang pria mengalami flu akibat alergi debuunsplash.com

Reaksi atas alergi debu biasanya tidak membutuhkan waktu lama usai seseorang menghirup atau bersentuhan dengan debu. Di antaranya adalah bersin-bersin dan batuk. Bagi yang memiliki tingkat tolerir alergi debu sangat rendah, reaksinya bisa semakin parah. Misalnya, hidung tersumbat dan berair. Bisa juga tenggorokannya berlendir, gatal-gatal, ruam merah pada kulit, hingga sesak nafas.

Cara Mengatasi Alergi Debu

Setelah mengetahui gejala alergi debu, sekarang kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Apabila kamu mengalami alergi debu, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejalanya, yaitu:

1. Pengobatan

ilustrasi obat untuk mengatasi alergi debuunsplash.com

Cara mengatasi alergi debu yang paling mudah adalah dengan minum obat anti alergi. Pengobatan ini sifatnya hanya sementara, di mana zat-zat dalam obat berfungsi untuk meredakan gejala yang ditimbulkan.

Untuk menghilangkan reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal dan ruam merah, kamu bisa mengonsumsi obat antihistamin yang dapat dibeli secara bebas. Sementara itu, untuk reaksi alergi debu seperti hidung tersumbat dan berair, ada dekongestan yang perlu dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter. 

2. Terapi Imun Tubuh

suntikan berisi obat terapi untuk alergi debuunsplash.com

Penggunaan obat hanyalah solusi sementara untuk mengatasi alergi debu. Jika kamu membutuhkan efek pengobatan jangka panjang, ada terapi imun tubuh atau biasa disebut sebagai imunoterapi. Akan tetapi, perlu diketahui juga kalau terapi ini tidak benar-benar menghilangkan alergi debu pada penderitanya, melainkan melatih sistem kekebalan tubuh supaya tidak terlalu sensitif terhadap debu.

Cara Mencegah Alergi Debu

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini juga bisa diterapkan untuk mengatasi alergi debu. Lakukan pencegahan dengan menyingkirkan sumber penyakitnya melalui cara-cara berikut ini:

1. Menyingkirkan Debu

kegiatan membersihkan lantai rumah untuk mencegah alergi debupixabay.com

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan debu secara rutin dari seluruh perabotan yang ada di hunian. Bersihkan hingga ke sela-sela bagian yang tidak terlihat sekalipun. Gunakan masker dan sarung tangan saat menyingkirkan debu untuk meminimalisir kontak dengan sumber alergi. 

2. Pilih Material yang Tepat

pemilihan material furnitur yang tepat untuk mencegah alergi debupixabay.com

Material kain dan busa memiliki pori-pori yang mudah dimasuki debu. Meski tidak terlihat langsung oleh mata, partikel-partikel debu akan bersarang di sana dan memicu reaksi alergi debu. Sebaiknya, gunakan material yang tidak menyerap debu, misalnya kayu, plastik, kaca, keramik, kulit, dan vinyl.

Untuk kasur dan bantal yang tidak mungkin diganti dengan material padat, pastikan untuk melakukan vakum secara rutin, sedangkan kain tirai dan sprei disarankan untuk dicuci setiap minggu. Bila perlu, rendam dalam air panas untuk menyingkirkan tungau yang punya andil meninggalkan zat alergen pada debu.

3. Cegah Debu dari Luar

mencegah alergi debu dengan menggunakan kawat penyaring debupixabay.com

Kalau sudah bersih-bersih bagian dalam hunian, maka kita perlu mencegah masuknya debu dari luar supaya alergi debu bisa diminimalisir lagi. Pasanglah jaring kawat penyaring debu pada bagian jendela. Sirkulasi udara di dalam hunian akan tetap lancar dan debu tidak mudah masuk. Namun, jaring kawat penyaring tersebut harus rajin dibersihkan juga, ya!  

Opsi lainnya adalah menanam pohon yang daunnya rimbun di bagian depan dan halaman belakang rumah. Daun-daun rimbun ini dapat menghalangi debu yang terbawa angin masuk ke dalam rumah. Penumpukan debu di dedaunan bisa disingkirkan dengan cara menyiramnya.

Kalau selama ini kamu mengalami alergi debu, terapkan tips tadi untuk mengatasinya. Namun, jika reaksinya parah, segera konsultasi kepada dokter, ya! Semoga artikel ini bermanfaat!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada banyak jenis furnitur dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti lemari dapur, coffee table, rak penyimpanan, meja TV, dan kursi kantor. Modelnya pun sangat beragam dan pastinya efisien sehingga hunian pun akan lebih space-saving.

Tersedia pula aneka jenis kasur dari berbagai merek terkenal. Dekoruma jual Comforta, King Koil, Serta, Sleep Care, dan The Luxe. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply