Yuk, Kenalan dengan Rumah Adat Toraja yang Penuh Makna!

Memahami Filosofi dan Keunikan Rumah Adat Toraja

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak suku bangsa dan masing-masing suku memiliki rumah adatnya sendiri. Salah satunya adalah rumah adat Toraja di Sulawesi Utara yang bernama Tongkonan. Rumah adat ini menggunakan kayu uru sebagai material utamanya. Bagian atapnya menyerupai bentuk perahu, sedangkan bagian lantainya tinggi di atas permukaan tanah.

Desain rumah adat Toraja ini tidak dibuat semata-mata untuk estetika, melainkan ada banyak makna yang terkait dengan kepercayaan dan tradisi suku Toraja. Tak kenal maka tak sayang. Yuk, kenalan dulu dengan rumah adat Toraja bersama Kania!

Arti Nama Tongkonan

beberapa rumah adat Toraja yang saling berseberangansuperadventure.co.id

Nama Tongkonan berasal dari kata tongkon yang memiliki arti menduduki atau tempat duduk. Rumah adat Toraja diberi nama demikian karena pada awalnya rumah ini merupakan tempat berkumpulnya para bangsawan Toraja. Kegiatan yang biasa mereka lakukan di sini adalah berdiskusi.

Rumah adat Toraja ini pun terbagi atas tiga jenis. Pertama, ada Tongkonan Layuk untuk pusat pemerintahan. Kedua, ada Tongkonan Pekamberan untuk keluarga besar yang memiliki kekuasaan. Terakhir adalah Tongkonan Batu A’riri untuk keluarga biasa. 

Perahu Leluhur

gambar rumah adat Torajashutterstock.com

Jika diperhatikan dengan saksama, atap rumah adat Toraja memiliki bentuk yang menyerupai perahu. Bentuk atap ini dipilih untuk mengingatkan masyarakat Toraja akan perjuangan para leluhur, di mana mereka tiba di Sulawesi menggunakan perahu. Bagian atap rumah adat Toraja ini menggunakan bambu yang sudah dibelah dan dipotong pendek-pendek.

Dekorasi Hewan Melambangkan Derajat Keluarga

dekorasi hewan pada rumah adat Torajashutterstock.com

Rumah adat Toraja memiliki dekorasi khas berupa kepala kerbau dan tanduknya. Dekorasi ini dipajang pada tiang utama masing-masing rumah. Untuk kepala kerbau, biasanya berasal dari kerbau putih, kerbau hitam, atau kerbau bule. Jumlah tanduk kerbau dapat mengindikasikan status keluarga yang menghuni rumah adat Toraja tersebut. Semakin banyak jumlah tanduk kerbau, maka makin tinggi status sosialnya.

Ada juga dekorasi patung kepala ayam atau naga di rumah adat Toraja. Kedua dekorasi ini berfungsi sebagai penanda kalau pemilik rumah tersebut adalah orang yang dituakan atau dihormati.

Empat Warna Dasar

detail rumah adat Torajashutterstock.com

Rumah adat Tongkonan didominasi oleh empat warna dasar. Di antaranya adalah merah, kuning, putih, dan hitam. Keempat warna ini memiliki makna tersendiri yang mengingatkan masyarakat akan nilai kehidupan. Warna merah punya makna darah yang mewakili kehidupan manusia. Warna kuning memiliki makna anugerah dan kekuasaan dari Sang Ilahi. Warna putih melambangkan tulang dan kesucian. Sedangkan, warna hitam pada rumah adat Toraja mewakili kegelapan dan kematian.

Bagian Utama Rumah

deretan rumah adat Torajawikipedia.org

Pada dasarnya, rumah adat Toraja terbagi atas tiga bagian utama, yaitu bagian utara, tengah, dan selatan. Bagian utara disebut juga sebagai Tengalok. Ruangan ini digunakan untuk ruang tamu, ruang tidur anak, atau area meletakkan sesaji bagi leluhur.

Bagian selatan rumah adat Toraja yang disebut sebagai Sumbung digunakan untuk ruang kepala keluarga. Sementara itu, bagian tengah atau Sali digunakan sebagai ruang makan, ruang pertemuan keluarga, dapur, dan tempat disemayamkannya orang yang sudah meninggal.

Rumah adat Toraja ini seringkali diartikan sebagai ibu. Posisinya juga selalu menghadap ke utara. Posisi rumah yang seragam ini untuk mengingatkan para keturunan bahwa para leluhur mereka berasal dari utara. Mereka juga percaya kalau pada akhirnya semua masyarakat Tana Toraja akan berkumpul kembali di utara.

Wah, rumah adat Toraja ini benar-benar penuh makna, ya? Semoga suatu saat kamu bisa melihatnya langsung dan meresapi makna tersebut! 

Temukan artikel dengan pembahasan menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, lemari dapur, meja makan, kursi kantor, hingga meja belajar. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Leave a Reply