7 Ide Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat, Hunian Jadi Lebih Plong!

Inspirasi Desain Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat yang Nyaman

Tuntutan hidup di zaman sekarang, terutama di daerah perkotaan sering kali membuat pemilik rumah harus beradaptasi dengan keterbatasan ruangan atau space. Otomatis, desain hunian harus semakin efisien dan space-saving.

Salah satu trik yang bisa diterapkan tak lain adalah desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Ada banyak keunggulan yang menjadikan konsep demikian sangat diminati, di antaranya adalah ruangan jadi terasa lebih plong dan lega, serta akses cahaya yang masuk jadi lebih banyak sehingga hunian lebih cerah. Buat kamu yang tertarik, berikut Kania sudah menyiapkan 7 inspirasi desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang keren dan pastinya nyaman dihuni!

Aransemen Nyaman Tanpa Ribet

desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat di hunian memanjangdekoruma.com

Ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang satu ini tampil dengan simpel dan cukup efektif. Mengikuti bentuk ruangan yang lurus memanjang, desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat mengalir dengan sempurna alias effortless banget. Furnitur yang multifungsi jadi kunci agar ruangan makin space-saving dengan fokus peletakan yang didekatkan ke dinding. 

Heim Studio Nobu Sofa Bed Cream

Heim Studio Nobu Sofa Bed Cream

Supaya ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini makin serbaguna, kamu bisa menghadirkan sofa bed kecil seperti inspirasi produk di atas. Kursi ini bergaya rendah dan bisa dibentangkan menjadi seperti kasur untuk penggunaan ekstra menyambut tamu atau bersantai bersama keluarga. 

Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat dengan Sentuhan Mewah

desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat ala Japandi naturaldekoruma.com

Dengan sentuhan mewah, inspirasi ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini menerapkan desain Japandi yang khas. Penataan dekorasi jadi kunci supaya hunian terasa nyaman dan betah setiap saat.

Tanpa berlebihan, aksesorisnya bergaya minimalis dengan pilihan lampu gantung unik, pot tanaman hijau, cermin, karpet, bantal dekorasi, dan vas bunga. Cukup tambahkan sedikit partisi dari kisi-kisi kayu, jadi deh desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang homey nan elegan!

Tata Ruang yang Smart & Efisien

desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat dengan tambahan ruang makandekoruma.com

Karena bentuk ruangan yang cenderung lebar ke samping, desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini bisa hadir nyaman dan saling melengkapi. Dengan meletakkan ruang dapur lebih ke arah samping belakang, ruang tamu bisa hadir kece di tengah.

Ruang tamu dan dapur tanpa sekat bergaya Japandi ini juga menggunakan aneka furnitur yang multifungsi dan space-saving sehingga masih ada sisa ruang yang bisa difungsikan sebagai ruang makan. Tak lupa, ada pula akses ke area teras atau taman yang bikin hunian lebih asri. 

Livien Meja Makan Island dark brown Story D60

Livien Meja Makan Island dark brown Story D60

Mengingat ukuran dapur cukup terbatas, kamu bisa menghadirkan meja kitchen island yang multifungsi seperti inspirasi di atas sebagai area kerja di dapur. Salah satu sisi permukaan meja bisa dilipat sehingga jadi lebih space-saving. Selain itu, di bagian bawah meja ini terdapat rak terbuka yang cukup besar dan juga laci untuk menyimpan berbagai peralatan dapur kamu. 

Saat dibuka, bisa jadi meja dapur untuk menyiapkan hidangan ataupun meja makan yang dapat menampung hingga empat orang. Sementara itu, saat permukaan meja dilipat, furnitur serbaguna ini bisa menjadi meja konsol di dapur. Fungsi model dapur minimalis ini dijamin jadi makin maksimal dan nyaman berkat furnitur satu ini!

Transisi Tegas Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat

ruang tamu dan dapur tanpa sekat dengan partisi kayudekoruma.com

Mengandalkan partisi sebagai pengganti dinding, boleh banget meniru desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang satu ini. Ruangan mungil bisa terasa lebih multifungsi dengan pembagian ruangan yang jelas.

Tak lupa, kehadiran furnitur kayu seperti meja tamu menambah kesan Japandi yang nyaman. Lengkapi juga dengan pilihan furnitur gantung yang space-saving seperti rak dinding & ambalan

Tetap Nyaman dengan Furnitur Pilihan

ruang tamu dan dapur tanpa sekat bergaya Japandi di apartemen kecildekoruma.com

Satu lagi desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang simpel dan efektif mengikuti bentuk ruangan yang lurus. Meski sederhana, ruangan tetap tampil penuh karakter dengan ciri khas Japandi yang nyaman. Menambah solusi space-saving, hadir ambalan di area ruang tamu sebagai pengganti rak display dan juga meja lipat sebagai meja makan di area dapur.

Livien Meja Belajar Zenn Desk

Livien Meja Belajar Zenn Desk

Untuk model meja makan lipat serupa, kamu bisa membuatnya secara custom atau built-in. Namun, kalau mau yang lebih praktis, kamu juga bisa beli yang sudah jadi, seperti rekomendasi produk dari Kania di atas untuk di area dapur dan ruang tamu tanpa sekat milikmu. Meja lipat ini bisa kamu gunakan sebagai meja makan atau meja kerja di hunianmu.

Ekstra rak terbuka di bagian sampingnya bisa kamu manfaatkan untuk menaruh peralatan dapur seperti wajan & panci, talenan, bahkan juga alat makan dan minum. Kegiatan makanmu bakal jadi lebih menyenangkan dan praktis, deh!

Cara Pisahkan Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat

inspirasi ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang homeydekoruma.com

Jika tetap ingin ada batasan antara ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang anti ribet, boleh banget coba trik desain yang satu ini! Dengan menghadirkan partisi tinggi yang juga berfungsi sebagai backdrop TV, tempat penyimpanan, dan area display pada salah satu sisinya, ruang tamu dan dapur tanpa sekat bisa saling terpisah secara jelas. Tinggal lengkapi saja dengan dekorasi yang klop agar hunian jadi lebih cantik. Kini fungsi area jadi makin jelas, deh!

Formula Apik Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat 

desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang berseberangandekoruma.com

Untuk ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang hadir berseberangan, bisa juga dijembatani dengan kehadiran meja makan yang cantik. Dengan demikian, ada alih fungsi ruangan yang terasa lebih natural. Jangan ragu untuk bermain dengan warna kontras untuk pilihan furnitur, seperti paduan warna cokelat medium dan putih bersih. Dijamin hasilnya bakal terasa lebih unik dan menarik. 

Sudah menemukan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang cocok untuk hunianmu? Ingat, kalau ruanganmu tergolong mungil, gunakanlah furnitur yang multifungsi dan hemat tempat alias space-saving. Dengan begitu, fungsi ruangan akan jadi lebih maksimal dan terasa lebih lega.

Kamu bisa, lho menemukan aneka jenis furnitur di Dekoruma! Dekoruma jual nakas, sofa, meja tamu, meja tv, lemari pakaian, hingga tempat tidur. Ada juga aneka aksesoris rumah seperti karpet, lampu, kotak penyimpanan, dan perlengkapan kamar tidur. Nggak perlu khawatir juga kalau punya rumah mungil karena kamu bisa mewujudkan rumah impian mulai dari #SatuSudutDulu.

Nah, buat kamu yang justru sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek dan Bandung, seperti rumah dijual di Depok dan sekitarnya hingga rumah baru di BSD, Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply