Yuk, Kenalan dengan Pondasi Bore Pile untuk Konstruksi Rumah!

Serba-serbi Pondasi Bore Pile

Pondasi merupakan salah satu elemen penting dalam konstruksi pembangunan karena berfungsi untuk menahan beban pada seluruh bagian bangunan. Dengan begitu, pemilihan jenis pondasi dan pembuatannya tak bisa dilakukan secara asal-asalan karena akan mempengaruhi kualitas dari hasil pembangunan.

Pada dasarnya, terdapat dua kelompok pondasi, yakni pondasi dalam dan dangkal yang dapat disesuaikan berdasarkan jenis bangunan ataupun lingkungannya. Namun, dalam kelompok pondasi dalam, salah satu jenis yang kerap digunakan adalah pondasi bore pile karena sangatlah cocok untuk konstruksi di kawasan sempit dan dibangun di antara bangunan yang sudah berdiri kokoh.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan serba-serbi mengenai pondasi bore pile untukmu agar proses pembangunan konstruksi yang akan dilakukan dapat berjalan lebih efektif. Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai pondasi bore pile di bawah ini!

Apa Itu Pondasi Bore Pile?

proses memasang pondasi bore pilegeotechnicaldesign.info

Pondasi bore pile adalah jenis pondasi dalam yang umum digunakan pada bangunan vertikal dengan lapisan lantai yang jumlahnya cukup banyak. Pondasi bore pile banyak digunakan pada konstruksi bangunan yang berlokasi di kawasan padat penduduk karena dianggap efektif dan tidak menyebabkan pergerakan tanah yang besar. Selain itu, pondasi bore pile dapat digunakan sebagai alternatif jika lokasi konstruksi tidak memungkinkan untuk dibangun pondasi tiang pancang.  

Pembuatan Pondasi Bore Pile

pondasi bore pile pada suatu proyek bangunanpinterest.com

Pondasi bore pile dibuat melalui proses pengeboran pada lapisan tanah hingga tingkat kedalaman tertentu untuk kemudian dimasukkan tulang baja yang telah dirakit ke dalam lubang bor dan diisi dengan agregat material beton. Jika digunakan pada lokasi tanah yang stabil, daya dukung dari pondasi bore pile bisa mencapai 15 meter, di mana hal ini didapatkan dari tekanan bagian ujung tiang serta daya dukung geser yang berasal dari daya adhesi antara pondasi bore pile dengan tanah di sekitarnya.

Kelebihan Pondasi Bore Pile

kerangka pondasi bore pileconstructiontuts.com

Di dalam bidang konstruksi, pondasi bore pile memiliki banyak kelebihan. Pertama, pondasi bore pile bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pile cap atau tiang kelompok yang lazim digunakan untuk konstruksi di area sempit serta dapat dibuat pada tingkat kedalaman yang beragam.

Kelebihan lainnya, penggunaan pondasi bore pile juga tidak terpengaruh oleh kondisi tanah lempung dan tidak akan bergerak ke samping meskipun kondisi tanah bergelombang. Bahkan, pondasi bore pile pun dapat meminimalisir getaran tanah serta tidak mengeluarkan bising saat proses pemancangan. 

Kekurangan Pondasi Bore Pile

pemasangan pondasi bore pile di dalam tanahyourfoundationexperts.com

Pondasi bore pile juga memiliki sejumlah kekurangan yang wajib kamu ketahui. Kekurangan ini terletak pada proses pengeboran ataupun pembetonan yang cenderung lebih sulit jika kondisi cuaca kurang mendukung. Selain itu, kepadatan tanah saat pengeboran pun akan mengalami penurunan. Dengan demikian, jika lokasi pengeboran terletak di area tanah berpasir, maka prosesnya juga harus memanfaatkan bentonite untuk menahan longsor.

Proses pengecoran saat membuat pondasi bore pile juga sangat sulit dilakukan apabila terdapat pengaruh air tanah dikarenakan beton menjadi tidak dapat terkontrol. Bahkan, ada pula kemungkinan terjadi tanah runtuh sehingga pemasangannya memerlukan casing.

Jenis Pondasi Bore Pile

jenis-jenis pondasi bore piletrevispa.com 

Pondasi bore pile juga terdiri dari berbagai jenis yang dapat disesuaikan berdasarkan kondisi tanah di area pembangunan. Pertama adalah jenis pondasi bore pile berbentuk lurus untuk diaplikasikan pada kondisi tanah keras. Selain itu, ada pula pondasi bore pile dengan ujung membesar menyerupai bel, pondasi bore pile dengan ujung membesar menyerupai trapesium, serta pondasi bore pile berbentuk lurus yang ditujukan untuk konstruksi di lokasi tanah bebatuan.

Melalui penjelasan di atas, Kania harap kamu tak salah memilih jenis pondasi untuk membangun rumah impian, ya! Selain artikel mengenai pondasi bore pile, temukan juga berbagai inspirasi dan informasi menarik lainnya di Dekoruma. Beberapa di antaranya, ada artikel mengenai desain rumah Japandi, desain dapur minimalis, dan juga tips menata hunian.

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma menyediakan aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien dan multifungsi sehingga dijamin dompet tidak akan menipis dan hunian pun jadi lebih space saving!

Leave a Reply