Apa Saja Perbedaan Serai Wangi dan Serai Biasa?

Hal Umum yang Membedakan Serai Wangi dan Serai Biasa

Meskipun memliki nama dan bentuk yang mirip, tapi tanaman serai wangi dan serai biasa memiliki fungsi serta ciri yang berbeda. Jika dilihat sekilas, keduanya terlihat seperti rumput dengan daun yang panjang, langsing, dan tajam. Namun, tumbuhan berumpun ini memiliki aroma yang khas.

Serai biasa dikenal juga dengan sebutan serai bumbu dapur dan punya aroma yang tidak terlalu tajam. Sementara, serai wangi memiliki aroma yang lebih tajam. Nah, bagi kamu yang masih sulit untuk membedakan antara serai wangi dan serai biasa, yuk simak ulasan lengkap Kania mengenai perbedaan keduanya di bawah ini agar kamu tidak salah pilih!

Perbedaan Fungsi dari Serai Wangi dan Serai Biasa

seikat serai wangi di atas permukaan kayumedicalfood

Perbedaan yang paling signifikan antara tanaman serai wangi dan serai biasa adalah fungsi dari masing-masing serai itu sendiri. Serai wangi memiliki batang yang lebih ramping dan aromanya sangat kuat sehingga kerap digunakan sebagai pembuatan minyak atau sabun serai dan juga diandalkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Sementara, serai bumbu dapur punya bentuk pangkal batang yang lebih besar dan berisi daripada serai wangi. Selain itu, aromanya tidak terlalu tajam dan rasanya sedikit pahit. Meskipun demikian, serai biasa ini sangat cocok digunakan sebagai bumbu untuk masakan atau sambal.

Kandungan yang Dimiliki Serai Wangi dan Serai Biasa

tanaman serai wangipinterest.com

Serai wangi banyak mengandung citronella oil yang memiliki konsentrasi oksidan dan fitokimia. Citronella oil murni sendiri memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan anti jamur. Sedangkan serai biasa lebih banyak mengandung sitral yang bisa memberi aroma khas tersendiri pada masakan. Serai biasa memang tidak memiliki rasa yang khas, tapi mempunyai aroma harum yang mampu menyedapkan masakan.

Perbedaan Akar dari Serai Wangi dan Serai Biasa

tanaman serai wangi yang ditanam di dalam plastikyoutube.com

Bentuk serai wangi dan serai biasa yang identik tentu akan membuat kamu jadi lebih sulit untuk membedakan keduanya. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa membedakan serai wangi dan serai biasa secara mudah dengan cara melihat bagian akar atau bawah serai.

Pada bagian bawah tanaman serai wangi terdapat warna kemerahan, sedangkan untuk serai biasa warna pada pangkalnya didominasi oleh warna hijau dan putih. Selain itu, serai wangi juga memiliki daun yang lebih lebar dibandngkan serai biasa. Perbedaan ini tentunya akan memudahkanmu saat hendak memilih serai wangi atau serai bumbu dapur.

Penyulingan Minyak Serai Wangi

tanaman serai wangi di lahanmedium.com

Karena fungsinya yang beragam, selama kurang lebih 10 tahun belakangan ini, minyak tanaman serai wangi dimanfaatkan sebagai penghasil minyak atsiri dan citronella oil yang menjadi salah satu potensi industri. Tanaman serai wangi ini mudah dibudidayakan dan tidak menuntut perlakuan khusus sehingga bagi masyarakat yang berminat mengembangkannya terbuka peluang yang cukup besar.

Pengembangan agro industri berbasis minyak atsiri menciptakan lapangan kerja baru. Melalui penyulingan serai wangi ini dapat menghasilkan produk turunan yang berguna bagi industri minyak wangi, industri kecantikan, dan industri kesehatan.

Perbedaan Harga Serai Wangi dan Serai Biasa

5medicalnewstoday.com

Serai biasa bisa secara mudah didapatkan di pasar dengan harga yang terjangkau. Sedangkan untuk serai wangi, harganya tergolong cukup mahal, yaitu sekitar Rp 340.000 per kilogram. Hal ini karena tanaman serai wangi mengalami peningkatan dalam budidaya dan kegunaannya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Nah, setelah tahu perbedaan umum antara serai wangi dan serai biasa, sekarang kamu tidak akan keliru lagi, deh saat hendak memilih salah satu diantaranya! Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma, ya!

Tidak hanya artikel saja, kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah, seperti furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply