Ini Dia 6 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Jangan Keliru!

Memahami Bedanya Kucing Anggora dan Persia

Sepintas kucing anggora dan kucing persia terlihat sangat mirip. Jika bukan pencinta kucing, kamu akan sulit membedakannya hanya dengan sekali lihat. Namun sebenarnya, kedua jenis kucing ras ini sangatlah berbeda. Perbedaan kucing anggora dan kucing persia bisa dilihat mulai dari tingkah laku, harga, juga bentuk fisik.

Bentuk fisik dari kedua jenis hewan peliharaan ini sebenarnya memiliki ciri khas masing-masing. Kamu bisa langsung membedakan mana yang kucing anggora dan mana yang kucing persia apabila tahu keunikannya yang secara kasat mata ini.

Jika memahami ciri khas di bawah ini, kamu akan lebih mudah membedakan antara kucing anggora dan persia. Jadi, nggak ada alasan keliru lagi saat membeli kucing-kucing tersebut untuk dipelihara. Yuk, pahami perbedaannya bersama Kania!

Bentuk Hidung

perbedaan kucing anggora dan persia dari bentuk hidunggoogle.com

Perbedaan paling mencolok antara kucing anggora dan kucing persia ada di bagian hidungnya. Kucing anggora memiliki hidung yang sedikit runcing. Sementara itu, sudah dari dulu kucing persia terlihat sangat menggemaskan karena bentuk hidungnya yang pesek.

Kontur Wajah

perbedaan kucing anggora dan persia bentuk wajahwallpaperuse.com

Jika kucing anggora dan kucing persia disejajarkan, kamu pasti bisa mengenali keduanya dari kontur wajahnya. Kontur wajah kucing anggora mengarah ke bentuk segitiga. Berbeda dengan kucing persia yang kontur wajahnya lebih bulat, tapi terlihat datar karena hidungnya yang pesek.

Model Telinga

perbedaan kucing anggora dan persia dari bentuk telingawallpaperbetter.com

Perbedaan kedua kucing ras ini juga bisa terlihat dari model telinganya. Kucing anggora memiliki model telinga yang panjang dan bersudut lancip. Bahkan, kalau dilihat sekilas, bentuk telinganya menyerupai segitiga. Keunikan lain dari telinga kucing anggora adalah telinganya yang tegak dan berjumbai. Inilah yang tidak dimiliki oleh kucing persia, di mana telinga kucing ras ini justru terkesan rendah merapat ke kepala.

Proporsi Tubuh

perbedaan kucing anggora dan persia dari proporsi tubuhwallpapertip.com

Proporsi tubuh dari kucing anggora dan kucing persia juga bisa kamu perhatikan untuk melihat perbedaannya. Proporsi tubuh kucing anggora bisa dibilang lebih ideal. Ini karena tubuh kucing anggora cenderung lebih ramping dan terlihat tinggi.

Sementara itu, kucing persia lebih memiliki proporsi tubuh yang gemuk daripada kucing lainnya, tidak terkecuali dengan kucing anggora. Kucing persia juga terlihat lebih pendek jika disandingkan dengan kucing anggora karena kakinya yang memang pendek dengan bentuk cakar membulat.

Kelebatan Bulu

perbedaan kucing anggora dan persia dari ketebalan buluthesprucepets.com

Kamu juga bisa mencoba melihat perbedaan kucing anggora dan kucing persia dari bulunya. Kedua jenis kucing ras ini memiliki bulu yang lebat. Akan tetapi, kucing anggora umumnya memiliki bulu yang lebih panjang sehingga terlihat tebal. Namun, bulu pada kucing anggora tidak sampai ke bagian wajah. Bulu di wajah kucing anggora terlihat lebih tipis.

Sementara itu, bulu kucing persia lebih lebat. Yang paling menjadi ciri khas dari bulu kucing ras ini adalah ketebalan bulu yang merata sampai ke bagian wajahnya. Nah, karena kedua jenis kucing ini memiliki bulu yang cenderung tebal, pastikan kamu selalu menjaga kebersihannya agar tidak dihinggapi kutu kucing!

Bentuk Ekor

perbedaan kucing anggora dan persia dari bentuk ekoraskideas.com

Perbedaan paling mencolok lainnya dari kucing anggora dan kucing persia terlihat di bagian ekor. Kucing anggora dikenal sebagai kucing yang memiliki ekor musang, di mana ekor kucing ras ini memiliki bulu yang sangat lebat, lebih tebal dibandingkan bulu di bagian tubuh lain. Ekor kucing anggora juga kerap berdiri tegak ke atas. Karena bentuknya yang demikian, ekor kucing anggora sering disebut juga sebagai ekor kemoceng.

Sementara itu, ekor kucing persia terlihat biasa saja. Kelebatan bulu di ekor pun sama dengan kelebatan bulu di bagian tubuh lain dari kucing ras ini.

Jadi, jika dilihat dari bentuk fisiknya, kamu lebih tertarik memelihara kucing anggora atau kucing persia? Sebaiknya, perhatikan pula tingkah lakunya. Jika ingin kucing yang atraktif dan senang diajak bermain, pilihlah anggora. Jika ingin melihat kucing yang lebih tenang dan penurut, kucing persia lebih cocok untuk kamu pelihara. Kalau sudah menemukan pilihan kucing yang cocok untuk dipelihara, jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah agar bebas dari kotoran dan kuman penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh hewan kesayanganmu!

Temukan artikel dengan pembahasan menarik lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang multifungsi dan space-saving untuk hunian kamu, lho. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, meja rias, rak gantung, meja makan, dan tempat tidur yang dilengkapi storage. Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply