Pahami Pentingnya Self Care dan 7 Cara Penerapannya di Rumah

Ragam Aktivitas Self Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

Belakangan ini isu self care marak diperbincangkan di berbagai media. Penyebab utamanya karena kita terlalu sibuk untuk melayani orang lain dalam aspek apa pun, hingga kita lupa untuk mengurus diri sendiri. Akibat tidak ada self care, seseorang jadi lebih mudah stress dan kelelahan.

Jika selama ini kamu selalu mengutamakan kepentingan orang lain dan menghabiskan waktu untuknya, coba luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan bebas manjain diri di rumah. Hal ini penting dilakukan oleh siapa pun karena ketika melakukan self care, seseorang akan mendapatkan kondisi fisik dan mental yang lebih sehat sehingga lebih siap menghadapi lingkungan di sekitar.

Sebagian besar orang masih bingung dengan apa yang harus dilakukan untuk mencapai self care, mungkin juga termasuk kamu. Pada dasarnya self care itu tidak sulit, tidak perlu dilakukan seharian dan bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Berikut Kania sudah merangkum 7 cara penerapannya yang dilansir dari beberapa sumber!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Nyalakan Lilin Aromaterapi

lilin aromaterapi dinyalakan untuk self carepixabay.com

Menyalakan lilin aromaterapi adalah cara yang paling mudah untuk menerapkan sensory self care dan body care. Wangi lilin aromaterapi mampu melatih kepekaan indera penciuman dan membuat pikiran lebih tenang. Wangi ini juga dapat dijadikan latihan meditasi mindfulness sehingga kamu tetap “stay in the present”, bukannya merasa cemas memikirkan masa lalu ataupun masa depan. 

Pilih lilin aromaterapi dengan fungsi dan wangi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya aroma lavender untuk menenangkan pikiran dan membantu tidur nyenyak. Adapun aroma lemon untuk meningkatkan semangat di pagi hari.

Linori KOUGA Scented Candle Okura 60gr untuk Self Care

Linori KOUGA Scented Candle Okura 60gr

Jangan lupa pastikan juga kamu menggunakan lilin aromaterapi yang aman ketika aromanya dihirup, seperti KOUGA Scented Candle Okura dari Linori. Lilin aromaterapi ini dibuat menggunakan soy wax yang aman bagi pernapasan. Perpaduan aroma blueberry, rose, tea, dan patchouli begitu lembut dan menenangkan pikiran. Cocok dinyalakan di kamar tidur untuk menemani meditasi self care ataupun saat bekerja.

Baca Buku

seorang perempuan membaca buku di atas sofa bed yang nyaman sebagai upaya self lovedekoruma.com

Dengan membaca buku, kita bukan hanya memperbanyak ilmu pengetahuan, tapi juga memperluas jangkauan perspektif dan mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik. Alhasil, kita mampu memaknai dan menghadapi berbagai permasalahan dalam hidup tanpa stress berlebih.

Penerapan ini bermanfaat untuk intellectual self care. Kalau kamu mau baca buku novel untuk sekadar hiburan juga tidak apa. Hal tersebut jauh lebih bermanfaat dibandingkan hanya bermain media sosial yang bisa memicu rasa iri dan insecure.

Heim Studio Mito Sofa 1 Dudukan Mint untuk Self Care di Rumah

Heim Studio Mito Sofa 1 Dudukan Mint

Agar momen membaca buku jadi lebih santai dan bebas gangguan, gunakan sofa atau kursi yang empuk dan nyaman. Posisikan tubuh senyaman mungkin. Bila perlu letakkan dekat jendela biar bisa self care sambil berjemur di bawah matahari pagi yang baik untuk kesehatan.

Meditasi

ilustrasi kegiatan meditasi untuk self carepixabay.com

Lupakan meditasi dengan image berjam-jam di tempat yang terpencil. Saat ini, ada banyak cara bermeditasi sederhana untuk self care yang bisa dilakukan dari rumah dalam waktu 5-10 menit.

Manfaatnya adalah meningkatkan daya ingat, menjaga keseimbangan, mengurangi stress dan rasa cemas, hingga mengontrol emosi. Zaman sekarang, meditasi mindfulness dan olah pernapasan sangat digemari karena mudah dilakukan, tapi efeknya sangat luar biasa.

Linori KIARA Round Floor Cushion 50x50x15cm - Mint

Linori KIARA Round Floor Cushion 50x50x15cm

Agar meditasinya semakin sah, gunakan floor cushion yang nyaman untuk duduk bersila. Kalau sudah selesai bermeditasi pun kamu bisa memakai cushion ini untuk bersantai. Kalau kamu punya floor cushion ini, enaknya buat meditasi self care di kamar tidur atau di halaman belakang, nih?

Menjaga Kebersihan Diri

beberapa alat mandi untuk self care dan relaksasipixabay.com

Faktanya, menjaga kebersihan diri mampu meningkatkan mood saat bekerja dan menghadapi dunia luar. Hal ini dikarenakan kita merasa percaya diri dengan fisik dan penampilan yang bersih. Bonusnya, tubuh jadi lebih sehat karena bebas kuman penyakit. Yuk, mandi secara rutin sebagai bentuk self care. Kemudian, sempatkan diri juga untuk bermanja ria dengan lulur, creambath, grooming, dan memakai pakaian terbaik.

Nonton Film Favorit

seseorang sedang menonton tv di atas kursi lesehan yang nyamanpixabay.com

Kegiatan menonton punya manfaat untuk melepas stress usai penat bekerja seharian. Pilih film atau program tontonan yang menghibur hingga kamu dapat tertawa. Ketika kamu tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang baik untuk mengatasi stress dan menyehatkan sejumlah organ tubuh.

Heim Studio YUZU Sofa 2 Dudukan

Heim Studio YUZU Sofa 2 Dudukan

Biar nyaman saat menonton, sebaiknya kamu memilih sofa dengan sandaran punggung dan lengan yang empuk untuk menopang tubuhmu. Silakan pilih mau menonton dalam posisi duduk atau selonjoran ke samping. Senyamannya kamu, ya!

Olahraga Rutin

seorang perempuan melakukan olahraga di rumah sebagai upaya self careshutterstock.com

Olahraga rutin merupakan bentuk self care kita terhadap kesehatan fisik dan mental. Untuk pemula, lakukanlah olahraga ringan seperti jogging, senam, bersepeda, atau aerobik. Lakukan self care ini setidaknya 2-3 kali seminggu selama 10-20 menit. Tentunya aktivitas ini juga akan membuat tubuh kamu jadi lebih bugar jika dilakukan secara rutin.

Journaling

seorang perempuan melakukan journaling di atas sofa untuk meningkatkan self caredekoruma.com

Semua orang memiliki emosi. Namun, tidak semua orang mampu memahami emosi tersebut sehingga sering merasa mudah marah, depresi, bahkan tidak tahu tujuan hidupnya. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat penting melakukan journaling sebagai upaya self care dari sisi manajemen emosi.

Kamu bisa menceritakan semua yang kamu rasakan melalui tulisan di buku personalmu. Percaya atau tidak, kegiatan journaling ini bisa membantu mengurangi stres dan membuat perasaan kamu jadi lebih lega. 

Linori Lobo Mini Bean Bag - Dark Grey

Linori Lobo Mini Bean Bag – Dark Grey

Siapkanlah buku khusus, lalu duduk di atas bean bag yang nyaman. Kemudian, tuliskan emosi yang kamu rasakan hari ini, entah itu emosi yang negatif maupun positif. Cari tahu apa yang menyebabkan kamu merasa emosi seperti itu. Dengan mengenali emosi yang dirasakan, kamu akan lebih mudah mengontrol emosi tersebut dan hidup jadi lebih tenang.

Yuk, mulai fokus self care dari sekarang! Karena kalau bukan diri sendiri, siapa yang mau peduli? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Ohya, buat kamu yang mencari aneka furnitur untuk mendukung kegiatan self care di rumah, kamu bisa cek dan temukan di Dekoruma, lho! Ada juga berbagai aksesoris dan dekorasi untuk kamu me-time sambil menghias rumah. Selain perasaan jadi lebih senang, hunian pun akan terlihat makin cantik. Yuk, langsung saja cari yang kamu butuhkan di Dekoruma!

Leave a Reply