4 Tips Padu Padan Set Meja dan Kursi Makan Bandung Kekinian

Ada banyak toko furniture yang menjual set meja & kursi makan Bandung. Penjualan secara set akan memudahkan para customer untuk memilih karena sudah pasti tampilannya serasi dan estetik. Customer pun tidak perlu mengunjungi banyak toko furniture di Bandung untuk mendapatkan set produk tersebut.

Meski demikian, ada juga beberapa customer yang lebih suka berkreasi sendiri untuk tampilan ruang makannya. Mereka pun membeli meja dan kursi makan secara terpisah. Apakah kamu juga ingin melakukan padu padan set meja & kursi makan Bandung supaya tampil beda? Simak dulu 4 tips dan panduannya berikut ini!

Set Meja & Kursi Makan Bandung Beda Warna

Cara termudah dan paling aman untuk memadukan meja & kursi makan Bandung kekinian adalah melalui permainan warna. Padu padan set meja dan kursi makan dari segi warna bisa dibuat kontras atau monokrom. Namun, material meja & kursinya tetap sama.

1. Perpaduan warna kontras

Tips padu padan warna kontras cocok untuk kamu yang ingin tampil super beda dan unik. Kamu dapat memilih warna yang saling bertolak belakang. Misalnya saja meja kayu berwarna kuning pastel dengan kursi makan dengan bantalan warna hijau pastel. Bisa juga meja warna putih dengan kursi warna navy.

2. Perpaduan warna netral

Selama ini kita mengenal putih, hitam, abu-abu, dan cokelat sebagai warna netral. Kamu dapat memadukan dua di antaranya atau bahkan tiga sekaligus. Misalnya meja makan warna hitam dengan kursi warna putih. Bisa juga meja warna cokelat dengan kerangka kursi warna putih dan bantalan dudukan warna abu-abu muda. Tampilannya langsung menarik perhatian orang yang melihatnya. Kesannya tetap minimalis, tapi tidak lekang oleh waktu. 

3. Perpaduan warna monokrom

Saat bicara warna monokrom, perpaduannya tidak hanya sebatas hitam dan putih saja. Melainkan bisa dibuat dari padu padan warna lain. Warna-warna monokrom tersebut biasanya dibuat dalam tone muda dan tua dari satu induk warna yang sama. Masing-masing padu padan juga dapat menghadirkan kesan tersendiri.

Padu padan meja merah dengan kursi pink bisa menghadirkan kelembutan sekaligus menggugah selera makan. Sementara itu, padu padan meja warna cokelat dan kursi krem akan menciptakan kesan ruang makan yang hangat dan homey.

Set Meja & Kursi Makan Bandung Beda Material

Beberapa material dapat dipadu padankan pada set meja & kursi makan Bandung. Selain untuk tampilan yang lebih estetik, padu padan material ini berguna untuk melengkapi satu sama lain. Misalnya meja makan dari kaca tidak mungkin menggunakan kursi kaca karena rawan pecah.

Untuk mempermudah pemilihan material-material set meja & kursi makan Bandung, sebaiknya kamu tentukan dulu material meja karena lebih banyak variasinya. Ditambah lagi, ukuran meja makan itu besar dan cukup menguasai penampilan interior ruang makan.

1. Meja makan dari kaca

Meja makan dari kaca memiliki karakteristik modern, minimalis, clean, bahkan futuristik. Jika ingin tampil serasi, gunakan kursi dari material plastik transparan. Jika ingin suasana yang lebih soft, silakan pilih kursi dari kayu polos atau dengan tambahan busa. Apabila ingin tampilan futuristik, padukan dengan kursi berkerangka stainless steel.

2. Meja makan dari kayu

Meja yang terbuat dari material kayu hampir cocok dengan kursi makan material apa saja. Umumnya, meja kayu penuh ukiran tentu cocok dengan kursi kayu penuh ukiran juga. Namun, jika ingin kelihatan minimalis dan modern, kamu bisa pilih kursi makan kayu polos dengan dudukan busa, seperti kursi makan TEMMA dari Heim Studio.

3. Meja makan dari stainless steel

Meja makan yang dibuat menggunakan stainless steel memang jarang dipakai kecuali pada rumah-rumah bergaya industrial. Kursi makan yang paling pas untuk menemaninya adalah yang terbuat dari stainless steel juga atau kayu, tapi dengan desain polos tanpa tambahan busa duduk lagi. Akan lebih serasi lagi kalau desain kursinya berupa stool.

4. Meja makan dari marmer

Karakteristik meja makan dari marmer berkaitan erat dengan kemewahan dan daya tahan yang kuat. Meja dari marmer hampir tidak pernah dipadukan dengan kursi makan dari marmer. Bukan hanya karena materialnya yang sulit dibentuk, tapi kursi dari marmer akan sulit dipindahkan dan kurang nyaman diduduki ketika menikmati santapan. Meja dari marmer sebaiknya dipadukan dengan kursi dari kayu dengan bantalan pada dudukan dan sandaran punggung, seperti kursi makan Heim Studio Fuji.

Set Meja & Kursi Makan Bandung Beda Ukuran

Ketika memilih set meja & kursi makan Bandung, mayoritas orang akan mengutamakan ukuran yang seragam. Padahal, tidak selamanya harus menggunakan ukuran yang sama. Kamu bisa mengadaptasi ide perpaduan meja makan yang ada di kastil-kastil.

Misalnya saja meja makan panjang dilengkapi dengan kursi berukuran normal di sisi yang panjang. Sementara itu, kursi yang diletakkan pada kedua ujung meja berukuran lebih besar, baik pada sisi sandaran punggung atau lengan. Kursi yang berukuran lebih besar ini diperuntukkan bagi para orangtua atau pemilik hunian ketika menjamu tamu.

Set Meja & Kursi Makan Bandung Beda Model

Selain dari segi ukuran, kamu bebas berkreasi memadu padankan meja & kursi makan Bandung dengan model yang berbeda-beda biar semakin unik dan kekinian. Padu padan ini lebih fokus ke model kursinya. Kamu bisa ikuti inspirasi dan tipsnya berikut ini!

1. Kursi biasa dan bench

Kursi makan ada yang berupa bench atau kursi panjang ala kantin. Karena bentuknya panjang dan tanpa sandaran punggung, kapasitasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya kursi bench ini diletakkan pada satu sisi. Sedangkan, sisi lainnya diisi dengan kursi makan model biasa berjumlah 2-3, tergantung pada ukuran meja makan.

2. Kursi biasa dengan nook

Padu padan set meja & kursi makan Bandung kekinian semacam ini sering ditemukan pada kafe-kafe hits. Nook dilengkapi dengan dudukan busa yang empuk dan nyaman. Desain nook-nya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya saja bentuk setengah bundaran atau memanjang di sisi jendela.

Untuk mendapatkan perpaduan yang sempurna, kamu tidak bisa menemukannya sembarangan di toko meja & kursi makan Bandung. Kamu perlu menyerahkan urusan nook ini kepada jasa desain interior profesional untuk membuatnya secara custom.

3. Pakai 2 model untuk 2 sisi

Padu padan kursi makan yang seperti ini benar-benar disesuaikan dengan keinginan kamu saja. Kamu hanya perlu menentukan 2 model kursi makan yang berbeda. Misalnya stool dengan kursi makan biasa atau stool dengan kursi chesterfield. Posisikan setiap model kursi pada masing-masing sisi atau atur selang-seling. Apabila takut tampilannya jadi “bertabrakan”, kamu bisa menyiasatinya dengan menyamakan warna atau bahan pelapis kursi-kursi tersebut.

Rekomendasi Toko yang Jual Meja & Kursi Makan Bandung

Toko yang jual meja & kursi makan Bandung ada banyak, tapi yang jual satuan dan bisa kamu padu padankan tidak sebanyak itu. Salah satu toko furniture terlengkap di Bandung yang bisa kamu kunjungi adalah Dekoruma Experience Center (DEC). Nikmati kenyamanan berbelanja meja & kursi makan kekinian dengan kemudahan pembayaran dan aneka promo.

Selain meja dan kursi makan, tersedia pula berbagai jenis furnitur berkualitas dan aksesoris rumah lainnya. Mulai dari sofa ruang tamu, nakas, lemari pakaian, kabinet dapur, karpet, selimut, cermin, pengharum ruangan, tanaman hias, hingga aneka peralatan dapur dan makan.

Dekoruma Experience Center Bandung pun ada dua. Pertama, ada DEC Dago yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 150. Kedua adalah DEC Paskal yang berada di Jl. Pasir Kaliki No. 166. #EnaknyaAdaDekoruma di Bandung kamu bisa sekalian belanja aneka dekorasi ruang makan biar semakin estetik dan juga bebas cobain produk-produknya. Kania tunggu ke datangan kamu di DEC Bandung, ya!

Leave a Reply