Meski Social Distancing, Olahraga Kardio #BisaDiRumah Bersama Keluarga!

Macam-macam Olahraga Kardio yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, hal apa saja yang sudah kamu lakukan di rumah? Apapun itu kegiatanmu dan keluarga, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit, ya!

Jangan khawatir jika kamu belum bisa berolahraga di taman umum atau tempat kursus karena olahraga tetap #BisaDiRumah, lho! Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah adalah olahraga kardio. Olahraga kardio sendiri bermanfaat untuk membakar lemak serta meningkatkan sistem tubuh dan detak jantung agar otot-otot pada jantung tetap kuat.

Ada banyak pilihan olahraga kardio yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah. Bagi kamu yang masih bingung, langsung saja yuk, simak enam jenis olahraga kardio dari Kania di bawah ini!

1. Squat Jump

wanita melakukan squat jumpverywellfit.com

Sesuai dengan namanya, olahraga kardio ini dilakukan dengan cara jongkok dan melompat. Tak hanya melatih otot jantung, olahraga kardio ini juga sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan pada otot kaki.

Untuk melakukan olahraga kardio squat jump ini, pertama-tama atur posisi tubuh berdiri dengan kaki yang dibuka lebar dan posisikan tangan di belakang kepala dengan siku menghadap ke arah luar. Jika sudah, tekuk lutut hingga mendapat posisi jongkok, kemudian melompatlah setinggi yang kamu bisa. Usahakan agar saat mendarat posisi tubuh tetap jongkok, ya!

2. Zumba

sekumpulan orang sedang olahraga zumbashutterstock.com

Nah, olahraga kardio yang satu ini merupakan yang paling digemari oleh semua umur karena konsepnya merupakan olahraga sambil menari. Biasanya, olahraga kardio ini diiringi musik dengan irama yang cepat. Gerakannya pun tidak terlalu sulit untuk diikuti, jadi jangan takut kalau kamu tidak pandai menari, ya!

Selain membakar kalori, kamu juga bisa meningkatkan energi dan melatih pikiran jadi lebih konsentrasi melalui olahraga kardio ini. Selama di rumah, kamu bisa melakukan zumba bersama keluarga di ruang santai atau bahkan di ruang tamu. Namun, pastikan semua perabotannya disingkirkan terlebih dahulu, ya agar kamu sekeluarga lebih leluasa saat melakukan olahraga kardio ini!

3. Lompat Tali

wanita sedang lompat talimyfitsociety.com

Salah satu olahraga kardio yang paling mudah dilakukan di rumah adalah lompat tali. Meskipun demikian, jenis olahraga kardio ini mampu membakar sekitar 220 kalori dalam waktu 20 menit, lho! Alat yang dibutuhkan untuk olahraga kardio ini hanyalah sebuah tali khusus atau yang biasa disebut tali skipping.

Kamu bisa melakukan olahraga kardio ini dengan melompati tali yang memutari badan. Saat mendarat, usahakan untuk tidak menapakkan tumit atau telapak kaki seluruhnya, melainkan hanya bagian kaki paling depan yang ada di bawah jari-jari. Jangan lupa untuk melakukan olahraga kardio ini di tempat yang permukaannya rata, ya!

4. Burpees

olahraga burpeesshutterstock.com

Burpees merupakan salat satu jenis olahraga kardio yang cukup menantang, terutama jika kamu belum pernah melakukan sebelumnya. Hal ini karena gerakannya cukup sulit, tapi olahraga kardio ini sangat efektif untuk memicu detak jantung lebih kencang.

Untuk melakukan olahraga kardio ini, pertama-pertama kamu harus berdiri dengan posisi telapak kaki yang sejajar dengan bahu. Setelah itu, lompat dan jongkok secara perlahan dengan menekuk kedua lutut.

Lanjutkan dengan meletakkan kedua telapak tangan di tanah dan luruskanlah kaki ke arah belakang dengan cara sedikit melompat sehingga posisi tubuhmu jadi tengkurap. Jika sudah, lakukan satu kali push-up dan langsung angkat tubuh dengan melompatkan kaki ke arah depan. Setelah itu, lompatlah satu kali dengan posisi berdiri untuk mengakhiri olahraga kardio ini.

5. Olahraga Tangga

olahraga naik turun tanggashutterstock.com

Kamu bisa memanfaatkan tangga rumah sebagai media untuk melakukan olahraga kardio, lho! Cara untuk melakukan olahraga kardio ini pun sangat mudah, di mana kamu hanya perlu naik dan turun tangga secara berulang kali.

Tak hanya itu, olahraga kardio ini juga bisa divariasikan dengan cara lain, lho! Kamu bisa melakukannya dengan melompati satu anak tangga atau naik turun dengan posisi tubuh menyamping. Namun, tetap berhati-hati supaya tidak terjatuh dari tangga, ya!

6. Berenang

seorang wanita sedang berenangswimming.org

Nah, jika kamu memiliki kolam renang di dalam rumah, cobalah untuk berenang secara rutin bersama keluarga sebagai salah satu kegiatan olahraga kardio. Melalui olahraga kardio ini, seluruh tubuhmu akan ikut bergerak sehingga semua otot pun jadi terlatih dan lebih kuat.

Tak hanya itu saja, olahraga kardio ini juga sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan melatih pernapasan supaya lebih optimal. Kamu bisa melakukan olahraga kardio ini dengan cara berenang memutari kolam beberapa kali menggunakan aneka gaya. Jika kamu mencari variasi lainnya, kamu bisa melakukan olahraga untuk mengecilkan perut, seperti plank dan sit up.

Sebelum melakukan keenam olahraga kardio di atas, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya agar semua sendi dan otot tidak kaku serta terhindar dari kram! Selain tubuh jadi lebih sehat, olahraga kardio ini pun menjadi aktivitas seru #BisaDiRumah bersama keluarga. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jawabannya. Dekoruma jual meja komputer, kursi makan, sofa minimalis, dan kabinet.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka peralatan rumah tangga dan dekorasi, seperti lampu gantung, organizer, hingga elektronik rumah tangga. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply