7 Model Teralis Jendela Unik, Bikin Rumah Tampil Stand Out!

Ide Desain Teralis Jendela yang Anti-Mainstream

Teralis selalu digunakan untuk melengkapi jendela sebuah rumah. Kehadirannya memiliki fungsi utama untuk meningkatkan keamanan para penghuni. Orang asing tidak akan bisa memasuki rumah melalui jendela karena teralis ini memiliki celah yang kecil. Lama-kelamaan, model teralis jendela pun berkembang.

Tidak hanya sebagai pengaman rumah, tapi juga sebagai elemen dekorasi yang membuat rumah tampil stand out. Yuk, intip 7 model teralis unik dari Kania berikut ini supaya kamu mendapatkan inspirasi untuk renovasi jendela!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Persegi Panjang yang Variatif

model teralis jendela persegi panjangzingyhomes.com

Model teralis jendela yang satu ini tampil sederhana dengan bentuk persegi panjang. Akan tetapi, teralis ini tetap terlihat variatif karena ada aksen khusus di bagian jendela atas. Teralis ini juga dapat dibuka-tutup sehingga lebih mudah dibersihkan.

Model Teralis Jendela Setengah Saja

ide teralis jendela minimalis klasik unik setengah bagianpinterest.com

Jika model teralis jendela yang full membuat rumah malah terlihat sumpek, coba model teralis yang setengah saja. Bagian bawahnya dibuat polos tanpa teralis, sedangkan bagian atas menggunakan teralis model persegi. Desainnya minimalis menggunakan material kayu, tapi tetap menawan dengan sentuhan warna putih. Model teralis seperti ini paling pas untuk desain rumah klasik atau Japandi klasik yang interiornya didominasi material kayu.

ARIA HOME Gorden Blackout KSL Motif Ivory (145cm x 250cm)

ARIA HOME Gorden Blackout KSL Motif Ivory (145cm x 250cm)

Agar semakin sempurna, pasanglah tirai berwarna senada. Misalnya saja tirai blackout dari ARIA HOME warna ivory. Tirai ini tidak tembus cahaya dan pandang sehingga privasi dan keamanan penghuni rumah tetap terjaga meski teralis jendela hanya di bagian atas saja.

Permanen sebagai Eksterior Rumah

model teralis jendela di bagian depan rumahpinoybuilders.ph

Kalau model teralis jendela yang satu ini malah sengaja dipasang di bagian eksterior rumah. Sifatnya permanen sehingga tidak mudah dicungkil orang yang berniat jahat. Material besi yang dicat hitam ini dibentuk simetris dengan lekukan sederhana sebagai focal point-nya. Jika ingin menggunakan model teralis seperti ini, pastikan untuk memberi jarak supaya ada ruang ketika jendela dibuka atau bisa juga kamu pertimbangkan penggunaan jendela geser.

Dekorasi Jendela Arch

inspirasi teralis jendela unik model archtableauxgrilles.com

Berikutnya ada model teralis jendela yang fungsinya benar-benar sebagai elemen dekorasi saja. Teralis ini menghiasi jendela bagian atas yang berbentuk arch (melengkung). Tiang-tiang besi dibengkokkan hingga membentuk lekukan simetris yang memenuhi jendela. Bagian tengahnya memiliki lekukan besar, lalu diiringi dengan lekukan mungil di sekelilingnya.

Teralis Jendela dengan Kombinasi Kaca Patri

model teralis jendela unik dengan kombinasi kaca patrinorthknoxsidingandwindows.com

Pada umumnya, teralis jendela dibuat menggunakan material besi yang kokoh. Nah jika kamu ingin tampilan yang lebih unik, kombinasikan saja dengan material dekoratif seperti kaca patri. Supaya tidak mengganggu fungsi dari model teralis jendela itu sendiri, kaca patri cukup dipasang pada bagian tengah atau titik temu tiang-tiang teralis tadi. Sudah unik, bisa menghasilkan bayangan warna-warni yang cantik pula saat terkena sinar matahari.

Minimalis untuk Jendela Tinggi

inspirasi jendela tinggi melengkung dengan teralis minimalishome-designing.com

Jendela berukuran tinggi dan besar sudah cukup membuat rumah tampil stand out. Oleh karena itu, model teralis jendela sebaiknya yang minimalis saja agar tidak berlebihan. Pada inspirasi kali ini, teralis hanya diterapkan pada bagian atas dengan model garis-garis yang terpusat pada setengah lingkaran mungil.

Desain Rumit nan Unik yang Anti Maling

model teralis jendela unik dengan desain rumithouzz.com

Semakin kecil celah teralis jendela, maka semakin kecil pula risiko jendela dibobol orang asing. Logikanya memang tepat. Akan tetapi, kalau dibuat kecil saja, rumah malah kelihatan kurang menarik. Supaya lebih unik dan atraktif, gunakan model teralis jendela dengan desain yang abstrak, tapi tetap simetris seperti ini. Lalu, cat besi teralisnya dengan warna kontras dibandingkan dinding eksterior maupun interior. Dilihat dari luar maupun dalam, tampak seperti kastil-kastil di Eropa, ‘kan?

Agar model teralis jendela tadi awet dan tetap menjadikan rumah tampil stand out, bersihkan dari debu secara rutin. Jangan lupa untuk memberi lapisan anti karat, terutama di bagian sambungan dan bautnya. Dari inspirasi di atas, model teralis mana yang paling kamu suka?

Psst.. jangan cuma jendelanya saja, lengkapi juga bagian dalam hunianmu dengan aneka furnitur kekinian yang multifungsi dari Dekoruma! Kamu bisa menemukan sofa, credenza, rak buku, rak sepatu, kabinet dapur, meja makan, kursi bar, tempat tidur, meja rias, hingga nakas. Semuanya tersedia dengan beragam pilihan model dan juga harga yang bersahabat. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply