9 Model Rak Sudut Paling Unik dan Kreatif, Dijamin Hemat Tempat!

Inspirasi Model Rak Sudut yang Keren dan Space-saving

Rak sudut menjadi salah satu furnitur yang paling dicari oleh pemilik hunian mungil. Wajar saja, bentuknya sangat space-saving. Sudut hunian yang tadinya kosong jadi berfungsi sebagai area pajang atau penyimpanan. Penggunaan rak sudut juga memungkinkan para penghuni menjangkau barang dari segala sudut hunian.

Kamu sedang mencari atau memang mau membuat rak sudut? Simak 9 inspirasi modelnya yang unik dan kreatif dari Kania berikut ini!

Banner Dekoruma Retail

1. Rak Sudut Dinding

model rak sudut dinding dapurdekoruma.com

Sudut ruangan tak hanya merujuk pada bagian lekukan dinding yang mengarah ke dalam, tapi bisa juga bagian dinding yang menjorok keluar. Untuk area yang demikian, kamu bisa menggunakan rak sudut seperti model di atas. Materialnya terbuat dari kayu yang kokoh sehingga cocok sebagai pelengkap kitchen set di dapur untuk meletakkan aneka toples, alat makan, ataupun dekorasi.

2. Seperempat Lingkaran

model rak sudut seperempat lingkaranregalraum.com

Model rak sudut yang paling klasik adalah dengan bentuk seperempat lingkaran. Sudut seperempat lingkaran ini sangat pas dengan sudut ruangan. Rak ini dibuat menempel langsung pada dinding sehingga tidak ada kaki penyangga yang menambah sesak ruangan. Materialnya menggunakan papan kayu yang dibiarkan tanpa lapisan cat. Cocok untuk menghiasi hunian Japandi dan minimalis.

3. Efek Zigzag

model rak sudut dengan efek zigzagyankodesign.com

Rak sudut yang unik akan membuat ruangan terlihat semakin menarik, misalnya dengan model yang memberikan efek zigzag seperti ini. Pada dasarnya, rak sudut ini berbentuk persegi panjang. Hanya saja, pada sisi kanan dan kiri ditutupi dengan papan yang membentuk segitiga. Warna tepinya putih, mirip dengan warna dinding. Sedangkan raknya sendiri menggunakan kayu warna cokelat tua sehingga kontras dan langsung menyita perhatian.

4. Built-in di Sepanjang Dinding

model rak sudut di sepanjang dindingodditymall.com

Butuh rak sudut berukuran besar yang multifungsi dan space-saving? Kalau begitu, kamu perlu mempertimbangkan model rak sudut yang memenuhi dinding seperti ini. Salah satu bagiannya multifungsi yang dapat dijadikan sebagai meja belajar. Sedangkan, bagian lainnya untuk menyimpan buku dan memajang aneka koleksi foto dan piagam. Alih-alih menggunakan meja belajar dan rak biasa, penggunaan rak sudut ini membuat ruangan terlihat lebih lega, ‘kan?

5. Bentuk L

model rak sudut bentuk huruf Ldekoruma.com

Selain bentuk seperempat lingkaran, rak sudut ambalan juga banyak yang menggunakan bentuk L. Desainnya sederhana tanpa ada pembatas dan juga aksen pada papan. Lebarnya cukup untuk meletakkan buku serta aneka pajangan. Jika kamu ingin menggunakan rak sudut ambalan seperti ini, pastikan untuk memilih material yang tebal dan menggunakan baut/paku yang tepat. Dengan demikian, rak menjadi kokoh dan awet menopang barang.

6. Mengecil di Bagian Atas

model rak sudut berdiribestshelvingunits.com

Kali ini ada inspirasi model rak sudut dengan kaki penyangga layaknya rak display sehingga daya topangnya jadi lebih kokoh. Modelnya sendiri cukup unik lantaran ukuran papan rak semakin ke atas semakin mengecil. Bonusnya, rak sudut ini mudah dipindahkan ke mana saja karena tidak dipasang secara permanen ke dinding. Mau ganti suasana pun jadi mudah!

7. Posisi Selang-seling

model rak sudut sederhana dengan posisi selang-selingpinterest.com

Mau buat rak sudut sendiri dengan desain yang paling sederhana? Siapkan saja 4 papan kayu yang tebal untuk dijadikan rak dinding di sudut ruangan. Posisikan keempat papan tersebut selang-seling di kedua bidang dinding. Jarak antar papan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu atau ukuran benda yang akan diletakkan di sana. Selanjutnya, hantamkan paku di bagian bawah papan supaya tampilannya tetap rapi.

8. Bingkai yang Dibengkokkan

model rak sudut yang menyerupai bingkaidekoruma.com

Pernah lihat rak ambalan yang berbentuk menyerupai bingkai? Nah, model rak sudut yang satu ini merupakan modifikasi dari bentuk tersebut. Tampilannya seperti bingkai yang bengkok mengikuti bentuk sudut ruangan. Ukurannya sendiri cukup panjang dan yang paling penting adalah bentuk ini tidak mengurangi fungsi dari sebuah rak. Cocok banget buat di ruang kerja pribadi, nih!

9. Di Atas Meja

model rak sudut di atas meja kamar mandiregalraum.com

Kebanyakan kamar mandi dibuat dalam ukuran kecil hingga sedang. Area wastafel seringkali sudah sempit dengan beragam furnitur dan perlengkapan mandi. Dengan model rak sudut yang space-saving ini, fungsi kamar mandi kamu pun akan jadi lebih maksimal. Manfaatkan model rak sudut ini untuk meletakkan barang yang sifatnya kering. Dijamin tidak akan terciprat air karena posisinya cukup jauh dari sumber air.

Itulah 9 model rak sudut yang unik dan kreatif. Dijamin kamu bisa menghemat tempat tanpa kekurangan tempat penyimpanan. Selamat memilih model yang paling sesuai di hati dan ruanganmu!

Butuh lebih banyak inspirasi untuk hunianmu? Jangan ragu untuk baca artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur space-saving dan multifungsi dengan harga terjangkau, lho. Kamu bisa menemukan lemari pakaian, meja makan, coffee table, sofa, meja rias, hingga kursi kantor.

Selain itu, ada juga aneka kasur dengan berbagai pilihan ukuran, material, dan merek untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, Sleep Care, Guhdo, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena kehidupan indah berawal dari rumah!

Leave a Reply