Keren Banget! Intip 6 Model Atap Joglo untuk Rumah Modern

Inspirasi Desain Atap Joglo yang Bisa Kamu Tiru

Atap joglo merupakan salah satu model atap khas Indonesia yang berasal dari rumah adat Jawa. Atap joglo yang punya filosofi tersendiri ini memiliki unsur klasik yang selalu sukses mencuri perhatian. Tak heran, banyak hunian modern yang memadukan unsur tradisi dari atap joglo ke kediaman sehari-hari. Hasilnya? Tentu ada estetika modern berbalut nostalgia indah yang bikin kagum.

Kamu tertarik menerapkan model atap salah satu rumah adat Indonesia ini untuk rumah modern milikmu? Yuk, langsung saja cek pilihan model atap joglo modern dari Kania berikut ini!

Atap Joglo dengan Sentuhan Klasik

model atap joglo klasikgoogle.com

Sama menariknya dengan atap joglo yang megah, hunian modern ini menyita perhatian berkat model atapnya yang berkesan klasik. Apalagi, di bawah atap terlihat ada lampu penerangan yang letaknya strategis sehingga menciptakan kesan mewah.

Selain itu, penataan bagian outdoor juga diatur senyaman mungkin dengan gaya furnitur modern. Lengkap dengan sebuah kolam kecil, rumah dengan atap joglo ini cocok untuk kebutuhan akomodasi berlibur atau untuk rumah idaman bagi siapa saja. 

Atap Joglo dengan Unsur Tropis

model atap joglo tropisvilondo.com

Inspirasi atap joglo dengan estetika modern paling sering ditemui di daerah liburan di Indonesia, seperti Bali. Tidak heran, hal ini karena atap joglo memang bisa memberi kesan tradisional yang memukau secara instan. Hunian untuk tempat istirahat akan semakin terasa spesial berkat unsur tradisi yang penuh kehangatan. Jadi, kalau kamu berlibur ke daerah wisata yang tropis, carilah hunian atau penginapan yang berdesain estetik dengan atap joglo supaya momen indahmu makin berkesan! 

Pendapa Modern Tempat Bersantai

model atap joglo moderngoogle.com

Bagian pendapa alias ruang depan rumah dengan atap joglo merupakan kunci dari keseluruhan penampilan yang sukses memikat semua orang. Untuk inspirasi yang satu ini, atap joglo dipercantik dengan aksen dekorasi di seluruh bagiannya. Sementara itu, gaya modern hadir pada lantai keramik pada pendapa, plus bagian luar tempat bersantai yang sangat asri dan mendukung. 

Atap Joglo Minimalis

model atap joglo minimalispinterest.com

Berlokasi di Yogyakarta karya arsitek Umran Studio, hunian yang menggunakan atap joglo ini mengombinasikan antara desain humanis yang lembut dengan arsitektur modern. Perpaduan antara dua area desain ini tercermin dari komposisi bahannya, yaitu konkrit, kaca transparan, dan kayu alami. Semuanya bersanding harmonis dengan atap joglo yang tampil minimalis.

Atap Joglo untuk Konsep Rumah Terbuka

ide atap joglo minimalis modern

bali-home-immo.com

Inspirasi atap joglo ini tampil sangat menawan dengan paduan konsep rumah open space yang sudah sangat identik dengan kebutuhan urban modern. Rumah modern ini menggunakan bahan tembok bata dan jendela kaca yang berpadu cantik dengan atap joglo di atasnya.

Tempat istirahat atau bersantai di bawah atap joglo juga tampil apik berkat pemilihan furnitur bergaya alami, seperti dari bahan kayu, rotan, dan sejenisnya. Supaya komposisinya lebih seimbang, lengkapi dengan dekorasi penerangan dan juga tirai yang melambai indah.

Transisi Antara Modern dan Tradisional

atap joglo besar dan kecilgoogle.com

Kian banyak yang mengusung atap joglo sebagai pilihan rumah idaman, seperti yang terlihat pada inspirasi cantik satu ini. Penerapan atap joglo bisa sangat mudah dikombinasikan dengan bahan seperti batu alam, pilar kayu, bahkan dinding konkrit dengan cat berwarna alam supaya perpaduannya makin klop. Dengan atap joglo ganda, rumah ini tampak mewah dan punya karakter tersendiri. Model atap yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu pecinta tradisi lokal Jawa. 

Keindahan budaya dan tradisi Indonesia memang tidak ada habisnya, termasuk untuk desain arsitektur yang penuh estetika. Jadi, dari semua inspirasi di atas, model atap joglo mana yang paling kamu suka?

Temukan berbagai artikel inspiratif lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Beberapa di antaranya, ada meja TV, sofa minimalis, lemari dapur, meja makan, hingga kursi kantor. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Leave a Reply