7 Mesjid Terindah di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

Mesjid adalah tempat suci bagi umat Islam. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, mesjid juga dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan komuniatas muslim lain seperti perayaan hari besar, diskusi tentang agama, dakwah, dan tempat mengkaji kitab suci.

Dalam sejarahnya, mesjid turut berperan dalam aktivitas sosial, ekonomi, hingga kemiliteran. Mesjid pertama dibangun pada abad ke-7 dan yang hingga sekarang paling terkenal yaitu Masjidil Haram di Saudi Arabia yang menjadi mesjid yang teruta di dunia. Pertumbuhan agama Islam kemudian menyebar dan jutaan mesjid dibangun di seluruh dunia. Beberapa di antaranya pun menampilkan arsitektur bangunan mesjid yang memukau.

1. Masjidil Haram di Arab Saudi

Menyebut nama mesjid maka Masjidil Haram adalah satu yang tak boleh dilewatkan. Masjid Al Haram atau “Masjid Agung” yang terletak di kota Mekah ini menjadi salah satu monumen arsitektur Islam paling terkenal di dunia dan menjadi impian seluruh umat muslim untuk beribadah di sini. Strukturnya mencakup area seluas 400.800 meter persegi termasuk area lyar ruang dan dalam ruang serta dapat menampung hingga 4 juta orang selama periode haji.

Mesjid Terindah Di Dunia Masjidil Haram di Arab Saudigoogle.com

Dahulu Sultan Salim II memberikan wewenang kepada arsiteknya untuk mengganti atap datar dengan kubah yang dihiasi kaligrafi bersepuh emas. Selanjutnya Sultan Murad pada tahun 1623-1640 merenovasi kubah karena kaligrafi luntur karena hujan. Lantai Ka’bah diganti dengan lantai marmer berwarna biru dan terdapat 7 menara di sekelilingnya.

2. Mesjid Nabawi di Arab Saudi

Masih di Arab Saudi, Mesjid Nabawi yang berlokasi di kota Madina adalah mesjid kedua yang dibangun dalam sejarah islam dan menjadi salah satu mesjid terbesar di dunia. Mesjid ini pula merupakan situs kedua paling suci dalam islam setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Mesjid Nabawi di Arab Saudiwikipedia.org

Di tengah mesjid Nabawi, pengunjung dapat melihat makam Nabi Muhammad yang ditutup dan dibatasi oleh pagar yang tinggi serta berhiaskan kaligrafi-kaligrafi. Lalu terdapat Raudhah, yang disebut-sebut sebagai taman surga

Raudhah tidak berwujud seperti taman pada umumnya, namun hanya lantai berlapiskan karpet hijau seluas 144 meter persegi. Tampilan mesjid ini semakin mewah dan menawan dengan karpet tebal dan pendingin udara. Dari sisi eksterior, kini dapat dilihat setidaknya mesjid Nabawi telah dilengkapi dengan ratusan payung kerucut terbalik yang terbuka lebar untuk menaungi para jamaah haji dan umroh dari sengatan sinar matahari.

3. Mesjid Al-Aqsa di Yerusalem, Palestina

Mesjid ini juga dikenal sebagai Al-Aqsa dan Bayt al-Muqaddas dan menjadi tempat suci ketiga dalam islam dan kuil islam yang terletak di Kota Tua Yerusalem. Kubah Mesjid Al-Aqsa berwarna perak yang tersusun dari lapisan timah.

Berbeda dengan Kubah Batu yang mencerminkan arsitektur Byzantium klasik, kubah Mesjid Al-Aqsa menunjukkan ciri arsitektur Islam awal. Kubah yang asli dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan, namun sekarang sudah tidak ada lagi sisanya.

Mesjid Al-Aqsa di Yerusalemgoogle.com

Bentuk kubah seperti yang ada saat ini awalnya dibangun oleh Ali Azh-Zhahir dan terbuat dari kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Pada tahun 1969, kubah dibangun kembali dengan menggunakan beton dan dilapisi dengan aluminium yang dianodisasi sebagai ganti dari bentuk aslinya yaitu lapisan enamel timah yang berusuk. Pada tahun 1983, aluminium yang menutupi bagian luar diganti lagi dengan timah untuk menyesuaikan dengan desain asli Azh-Zhahir.

4. Mesjid Hassan II di Maroko

Mesjid Hassan II merupakan nama mesjid yang terletak di Kota Casablanca, Maroko. Mesjid ini dibangun tahun 1980 dan didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Mesjid ini memiliki menara  paling tinggi di dunia dengan ketinggian 210 meter dan memiliki kapasitas 25.000 orang, ditambah dengan pelatarannya yang mampu menampung 80.000 jamaah.

Mesjid Hassan II di Marokogoogle.com

Mesjid ini dibangun menjorok ke samudra Atlantik yang membuatnya seakan berada di tengah laut layaknya sebuah mesjid yang terapung. Mesjid ini memanfaatkan teknologi laser untuk pencahayaan dan memberikan keindahan tersendiri di malam hari. Penggunaan penghangat ruangan dihadirkan untuk mengontrol temperatur ruangan seperti pintu elektrik, rancangan atap yang bisa dibuka dan ditutup dan beberapa bagian lantai mesjid yang dibangun menggunakan kaca tebal sehingga memungkinkan jamaah melihat samudra atlantik yang menyapu bebatuan di bawah mesjid.

5. Mesjid Wazir Khan di Pakistan

Wasjid Wazir Khan berada di kota Lahore, propinsi Punjab, Republik Islam Pakistan, kota yang sama dengan Mesjid Badhashi. Jarak antara kedua mesjid bersejarah ini hanya terpisah lebih kurang satu kilometer saja. Namun, Mesjid Wazir Khan dibangun 36 tahun lebih dulu dibandingkan Mesjid Badhashi.

Terkenal dengan karya seni keramik bangunannya yang menakjubkan, mesjid ini menjadi satu bangunan yang mempermanis kota Lahore sejak masa kekuasaan dinasti Mughal, sampai-sampai dianalogikan sebagai tahi lalat yang mempermanis pipi kota Lahore.

Mesjid Wazir Khan di Pakistanwikipedia.org

Butuh waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan pembangunan arsiktetur masjid yang dibangun tahun 1634-1635 semasa kekuasaan Raja Shah Jehan ini. Fitur utama masjid Masjid Wazir Khan terdiri dari 5 kubah lancip khas India dan 4 menara tinggi di keempat penjurunya. Di sekeliling lapangan tengah mesjid ini terdapat beberapa ruangan kecil (khanas).

6. Mesjid Kul Sharif di Rusia

Mesjid Kul Sharif di Rusiagoogle.com

Mesjid ini merupakan mesjid terbesar di Rusia dan kawasan Eropa Timur, tepatnya di Kota Kazan, yang dikenal sebagai “gerbang Islam” di Rusia. 50% warga kota Kazan adalah muslim dan bangunan ini menjadi sangat monumental.

Paduan warna putih dan biru laut yang mendominasi dinding mesjid membuatnya jadi sangat mencolok. Menara-menaranya menjulang tinggi. Di dalam mesjid ini, langit-langitnya berhiaskan kaligrafi ayat-ayat Al-quran berwarna emas, mihrab yang dihiasi kiswah Ka’bah, mimbar yang menjulang dan lantai yang berlapis karpet lembut.

Interior Mesjid Kul Sharif di Rusiagoogle.com

Ruangan mesjidnya juga terdiri dari tiga tingkat yang di setiap bagian pinggirnya bertabur kaligrafi nama-nama Allah SWT, Rasulullah SAW, dan para sahabatnya. Di bagian tengah terdapat lampu gantung kristal besar yang menggantung indah.

Secara geografis, letak mesjid ini berada di puncak bukit yang dikelilingi danau dan sungai. Pada malam hari, wisatawan yang datang untuk mengunjungi mesjid ini akan disuguhkan pengalaman yang takkan terlupakan karena taburan cahayanya yang melimpah dan berwarna-warni menjadikan mesjid Kul Sharif bak istana di negeri dongeng.

7. Mesjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia

Mesjid Istiqlal di Jakartawikipedia.org

Mesjid yang dibangun pada 24 Agustus 1951 dan selesai pada 22 Februari 1978 ini memiliki elemen desain arsitektur yang sangat menarik. Keunikan bangunan kubah raksasa yang dimiliki oleh mesjid Istiqlal Jakarta ialah bahan bangunan yang digunakan, yaitu marmer putih dan baja stainless steel.

Mesjid ini mempunyai Kubah berbentuk setengah bola menggunakan kerangka polyhendra asal Jerman. Sementara bagian luar kubah juga dilapisi oleh material keramik. Kubah ditunjang dengan 12 tiang. Pada bagian tengah kubah tertulis Surat Thaha ayat ke 14 dan di bagian kiri kubah tertulis lafadz Muhammad. Pada tengah-tengah kubah, tertulis Ayat Kursi serta Surat Al Ikhlas. Banyaknya tiang pancang Mesjid ini sampai 5.138 tiang.


Mesjid yang mana yang nggak sabar ingin kamu kunjungi? Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual rak TV, meja makan, sofa, dan lemari dapur dengan model serta ukuran yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain furnitur, ada juga berbagai jenis kasur dari merek-merek terkenal untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual Dunlopillo, King Koil, Comforta, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!

Leave a Reply