Buat Takjil yang Segar #BisaDiRumah dengan 9 Menu Ini!

Aneka Takjil yang Melepaskan Dahaga untuk Buka Puasa

Sudah seharian berpuasa, pasti ingin berbuka dengan sesuatu yang manis dan segar ‘kan? Meski kamu belum bisa pergi ke luar rumah untuk mencari jajanan takjil kesukaan, tapi tenang saja karena membuat menu takjil yang segar #BisaDiRumah, lho!

Ada banyak menu takjil enak yang bisa kamu buat untuk disantap bersama keluarga tersayang di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana. Nah, selama menunggu waktu berbuka puasa, coba buat sembilan menu takjil dari Kania berikut ini, yuk!

1. Es Pisang Ijo

es pisang ijoshutterstock.com

Hampir semua orang pasti sudah pernah mencoba menu takjil yang satu ini. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo terbuat dari pisang yang dilapisi adonan khusus berwarna hijau. Rasanya pun manis dan segar sehingga sangat cocok untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat takjil ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, seperti tujuh sampai delapan buah pisang raja, 150 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, 500 ml santan, 100 gram gula, dan pasta pandan. Setelah itu, tambahkan sirup atau susu kental manis sesuai selera. Jangan lupa juga untuk menambahkan es dan adonan bubur sumsum putih ke dalamnya, ya!

2. Es Kopyor

es kopyorshutterstock.com

Menu takjil berikutnya adalah es kopyor yang menggunakan kelapa kopyor sebagai bahan utamanya. Namun, biasanya menu takjil ini juga disajikan dengan agar-agar kopyor sebagai pengganti daging kelapa.

Untuk membuat menu takjil ini kamu memerlukan 300 gram daging kelapa kopyor, 550 ml air kelapa muda, 60 ml sirup cocopandan, dan es batu. Sementara, bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat agar-agar kopyor adalah 450 ml santan kental, 100 gram gula pasir, satu bungkus bubuk agar-agar, dan 200 ml air. Kalau kamu, lebih suka menggunakan daging kelapa asli atau agar-agar kopyor, nih?

3. Kolak Pisang

kolak pisangshutterstock.com

Tak bisa dimungkiri, kolak pisang merupakan salah satu menu takjil yang hampir disukai oleh semua orang. Rasanya yang manis dan khas mampu melepaskan dahaga selama seharian berpuasa. Selain manis, rasa dari kuah kolak pisang juga gurih karena merupakan perpaduan dari santan dan gula merah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu takjil ini adalah pisang raja, 50 gram gula merah, 30 gram gula pasir, setengah sendok teh garam, 200 ml santan kental, dan 600 ml air. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kolang-kaling ke dalam menu takjil ini. Kalau kamu lebih suka kolak pisang yang dingin, jangan lupa tambahkan es batu, ya!

4. Es Cendol Tape Ketan Hitam

es cendolshutterstock.com

Bosan dengan cendol biasa? Coba deh menu takjil yang satu ini! Tanpa menghilangkan bahan utama cendol, menu takjil ini divariasikan dengan tape ketan hitam sehingga rasanya jadi lebih unik.

Bahan yang dibutuhkan untuk menu takjil ini adalah cendol, tape ketan hitam, gula pasir, sagu, garam, gula merah, santan kental, dan daun pandan. Jangan lupa, tambahkan juga es batu atau bahan pelengkap lainnya ke dalam menu takjil ini, seperti susu atau buah-buahan sesuai selera.

5. Sup Buah

es buahshutterstock.com

Jangan khawatir jika kamu tidak bisa keluar rumah untuk membeli sup buah favoritmu karena kamu bisa membuat menu takjil yang segar ini di rumah, lho! Cara untuk membuatnya pun tidak sulit, di mana kamu hanya perlu memotong aneka buah-buahan sesuai selera menggunakan pisau atau alat pemotong lainnya, kemudian tambahkan sirup sebagai kuahnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan susu kental manis pada menu takjil ini agar lebih nikmat. Kalau tidak suka sirup, kamu bisa menggantinya dengan yogurt. Sebelum membuatnya, pastikan untuk memilih buah-buahan yang masih segar, ya! Dengan demikian, takjil sup buah ini juga bisa menjadi menu sehat.

6. Puding Buah

pudding buahunsplash.com

Selain sup buah, kamu juga bisa membuat puding buah sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Cara membuatnya pun sama seperti membuat puding pada umumnya, hanya saja menu takjil ini ditambahkan buah-buahan sehingga jadi lebih segar dan menarik.

Selain itu, kamu juga bisa membuat menu takjil ini dengan rasa puding sesuai selera, seperti stroberi, vanila, green tea, dan cokelat. Setelah selesai membuat puding buah ini, jangan lupa masukkan ke dalam kulkas, ya agar lebih segar dan nikmat saat disantap!

7. Es Teler

es telerthepeopleofasia.com

Selanjutnya, ada menu takjil es teler yang menggugah selera. Menu ini merupakan salah satu takjil yang paling populer dan digemari oleh masyarakat. Bahan utamanya adalah buah alpukat, nangka, dan kelapa. Sementara, bahan pendukung lainnya untuk membuat takjil ini adalah es serut, air, garam, gula, dan susu kental manis. Semuanya bisa ditambahkan sesuai selera kamu dan keluarga.

8. Es Cincau

es cincaushutterstock.com

Ingin membuat menu takjil yang praktis? Coba buat es cincau yang segar ini! Kamu hanya perlu membuat kuahnya dengan memasak air gula dan gula merah di dalam panci sampai mendidih. Sementara, untuk cincaunya, kamu bisa membeli yang sudah jadi di supermarket.

Setelah kuah cincau mendidih, biarkan sampai menjadi hangat. Kemudian, masukkan cincau yang sudah dipotong kecil dan tambahkan es batu. Kamu juga bisa menambahkan susu sesuai selera pada menu takjil ini. Mudah banget, ‘kan?

9. Kolak Biji Salak

kolak biji salakshutterstock.com

Untuk menu takjil yang terakhir, ada kolak biji salak. Menu takjil ini bukan berarti terbuat dari biji salak sungguhan, ya! Melainkan terbuat dari ubi yang dipotong hingga seukuran biji salak.

Nah, untuk membuat semangkuk menu takjil ini kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berupa tiga buah ubi rebus yang sudah dikupas dan dipotong, 125 gram sagu, 260 ml santan, 250 gram gula jawa, dua sendok makan gula pasir, seperempat sendok teh garam, dan juga air. Supaya menu takjil ini lebih segar, tambahkan es batu sesuai selera.

Itulah sembilan menu takjil yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dari semuanya, mana yang mau kamu buat terlebih dahulu, nih? Selamat mencoba!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi dengan kualitas terbaik. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

Leave a Reply