Ini Dia 5 Cara Mengubah Wajan Biasa Jadi Wajan Anti Lengket!

Tips dan Trik Mendapatkan Wajan Anti Lengket dengan Bahan Memasak

Menggoreng ikan menggunakan wajan bisa jadi hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, kulit ikan biasanya malah menempel di permukaan wajan. Sudah susah dibersihkan, tampilan ikan goreng pun jadi mengurangi selera makan. Nah, supaya tidak emosi lagi, kamu butuh wajan anti lengket!

Namun, wajan anti lengket seperti teflon itu harganya cukup mahal. Belum lagi ada beberapa dampak buruk yang mengintai kesehatan apabila lapisannya mengelotok. Daripada pusing, lebih baik kita ubah saja wajan biasa jadi wajan anti lengket. Bahan yang dibutuhkan pun dari bahan-bahan masakan yang tergolong alami dan mudah ditemukan di rumah. Penasaran gimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan dari kania di bawah ini!

Gunakan Air dan Minyak

sebuah wajan anti lengket berisi minyakpixabay.com

Pertama-tama, siapkan wajan biasa yang akan dijadikan wajan anti lengket dan panaskan di atas kompor dengan api besar. Ubah posisi wajan sesekali supaya semua bagian mendapat panas. Lakukan langkah awal ini selama lima menit atau hingga permukaan wajan berubah warna jadi kecokelatan.

Setelah itu, matikan kompor, lalu tuang segelas air ke wajan yang masih panas. Apabila air tidak langsung mengalir ke dasar wajan, itu artinya belum berubah sempurna menjadi wajan anti lengket. Kamu bisa tambahkan air lagi dan ratakan ke seluruh permukaan wajan, kemudian buang airnya.

Kalau sudah, nyalakan kembali kompormu, lalu tuang sedikit minyak goreng ke dalam wajan. Ratakan minyak goreng tersebut menggunakan sutil atau spatula ke seluruh permukaan wajan. Tunggu beberapa saat, lalu buang minyaknya. Jika sudah, keringkan menggunakan tisu atau kain lap. 

Nah, setelah itu kamu bisa tes kembali kemampuan wajan anti lengket. Coba goreng telur dengan sedikit minyak. Jika masih terasa lengket, ulangi langkah-langkah di atas. Pasalnya, beberapa wajan memang butuh proses berulang-ulang.

Gunakan Lemak Hewani

lemak hewani sapi untuk mengubah wajan biasa menjadi wajan anti lengketstlucianewsonline.com

Penggunaan lemak hewani untuk menghindari wajan lengket sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, terutama saat memanggang daging. Biasanya, potongan lemak hewani ini dioleskan ke seluruh permukaan panggangan. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk mendapatkan wajan anti lengket. Beberapa lemak hewani yang cocok untuk mengolesi permukaan wajan agar tidak lengket adalah lemak sapi, kambing, dan babi.

Manfaatkan Ampas Parutan Kelapa

buah dengan parutan kelapa untuk membuat wajan anti lengketunsplash.com

Saat kamu selesai memeras parutan kelapa, jangan buang ampasnya! Pasalnya, kelapa adalah bahan makanan yang mengandung minyak alami. Kamu dapat memanfaatkan ampas parutan kelapa tersebut untuk menciptakan wajan anti lengket.

Cara untuk membuat wajan anti lengket ini sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan ampas parutan kelapa ke wajan biasa. Lalu, sangrai atau goreng tanpa minyak ampas parutan kelapa tadi hingga warnanya berubah menjadi cokelat kehitaman. Minyak kelapa pun akan menutupi seluruh permukaan wajan dan bebas lengket saat digunakan memasak. Jika kamu merasa wajan anti lengket ini belum sempurna, ulangi proses menyangrai ampas parutan kelapa tadi.

Perpaduan Garam dan Minyak

taburan garam di atas meja kayu untuk membuat wajan anti lengketpixabay.com

Siapa sangka kalau garam bisa digunakan untuk membuat wajan anti lengket? Langkah pertama adalah panaskan wajan kosong selama lima menit. Setelah itu, taburkan ¼ cangkir garam ke dalam wajan, kemudian ratakan garam tersebut dan tekan-tekan supaya menempel di seluruh permukaan wajan. Diamkan beberapa saat, lalu singkirkan garam.

Jika sudah, oleskan dua sendok makan minyak goreng ke permukaan dalam dan luar wajan. Setelah itu, masukkan wajan ke dalam oven dengan keadaan terbalik. Panggang selama satu jam dengan suhu sekitar 162 derajat Celcius. Setelah selesai, wajanmu sudah berubah jadi wajan anti lengket, deh! Namun, dinginkan dulu wajan anti lengket tersebut sebelum menggunakannya.

Gosok Kunyit ke Permukaan Wajan

beberapa potong dan taburan kunyit untuk wajan anti lengketpixabay.com

Apakah kamu memiliki sisa kunyit segar di dalam kulkas? Yuk, pakai kunyit tersebut untuk mendapatkan wajan anti lengket! Caranya pun sangat mudah. Pertama-tama, potong kunyit menjadi beberapa bagian, lalu gosok potongan kunyit ke seluruh permukaan wajan. Jika sudah dioles secara merata, tuangkan minyak goreng. Jadilah wajan anti lengket! Trik yang satu ini juga bisa mengurangi bau amis saat kamu memasak, lho.

Demikian lima cara mengubah wajan biasa menjadi wajan anti lengket. Tidak sulit, ‘kan? Setelah ada wajan anti lengket, menggoreng ikan pun jadi lebih menyenangkan dan kamu dapat mengatakan selamat tinggal kepada kulit ikan goreng yang menempel di wajan. Yuk, langsung saja terapkan cara-cara di atas untuk mendapatkan wajan anti lengket milikmu!

Leave a Reply