Mengenal Wall Moulding dan 7 Ide Desainnya di Hunian

Ide Desain Wall Moulding untuk Rumah Impian

Mendekorasi dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan wall moulding. Istilah ini pada dasarnya merujuk pada teknik dekorasi dinding rumah menggunakan cetakan yang membentuk desain tertentu dan sifatnya menonjol dari dinding.

Umumnya, wall moulding dibuat dari gypsum atau kayu. Teknik ini dinilai sebagai teknik pembuatan dekorasi dinding yang sangat minimalis, namun mampu membuat interior kelihatan mewah dan hidup dalam sekejap. Penasaran seperti apa penerapan dan variasi wall moulding tersebut? Simak inspirasinya dari 7 desain berikut!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Desain Wall Moulding Klasik

Si Paling Klasik

Aplikasi wall moulding yang paling klasik dan banyak dipilih orang adalah desain bingkai kayu seperti ini. Bentuknya persegi panjang dalam berbagai ukuran yang disusun secara simetris. Warna wall moulding disamakan dengan warna cat dinding sehingga teksturnya tampil natural. Desain ini tidak pernah salah untuk diaplikasikan pada gaya interior apapun.

Kombinasikan dengan Cermin

wall moulding

Wall moulding tidak melulu tampil polos. Agar lebih variatif, kamu bisa kombinasikan dengan cermin. Pada ide desain di atas, cetakan pada dinding dibuat dalam susunan persegi kecil. Lalu bagian tengahnya dilapisi cermin. Selain kelihatan modern, cermin ini mampu menciptakan ilusi ruangan yang lebih lapang.

Bagai Pagar Setengah Dinding

Bagai Pagar Setengah Dinding

Untuk hunian mungil, memenuhi dinding dengan wall moulding bisa jadi malah membuat ruangan terlihat sempit. Ada baiknya ikuti desain yang menyerupai pagar setengah dinding, tepatnya di dinding bagian bawah saja. Buatlah cetakan garis-garis vertikal sebagai pagarnya. Lalu tambahkan wall  yang lebih tebal atau besar sebagai bingkai antara lantai dan dinding atas.

Wall Moulding dengan Cat Warna yang Beda

wall moulding

Desain wall moulding berikutnya mungkin sangat sederhana, tapi kehadirannya cukup sukses membuat ruang keluarga jadi lebih menawan. Hal ini dikarenakan bidang dinding yang menggunakan dinding diberi cat warna yang kontras dengan dinding dan furnitur di sekitarnya. Warnanya hijau pastel khas gaya Japandi. Sangat atraktif dijadikan backdrop TV panel sekaligus focal point ruang keluarga.

Kamar Tidur Mewah dengan Wall Moulding

Wall Moulding

Ini dia desain wall moulding yang bisa bikin kamar tidur langsung terlihat mewah dalam sekejap. Desainnya dibuat seakan mengapit headboard ranjang. Lalu, bagian cetakan yang menonjol diberi cat warna keemasan. Trik ini sangat ampuh menampilkan kemewahan serta menonjolkan desain cetakan dinding itu sendiri.

Supra Lampu Dinding Gold Minimalis B1614

Supra Lampu Dinding Gold Minimalis B1614

Agar kelihatan mewah sempurna, gunakan perlengkapan tidur dengan nuansa emas juga. Misalnya lampu dinding Gold Minimalis dari Supra yang dipasang di tengah bingkai wall moulding.

Sebagai Penegas Bingkai Foto

wall moulding

Jika desainnya tepat, maka wall moulding pun bisa membuat ruangan super mungil jadi lebih luxury. Ukuran cetakannya sangat tipis, lalu hanya diaplikasikan pada dinding bagian atas saja. Uniknya, masing-masing bingkai cetakan dinding ini dilengkapi dengan bingkai foto di dalamnya. Bisa jadi ide desain untuk galeri seni atau sekedar memajang lukisan favoritmu nih!

Kombinasi 2 Warna

wall moulding

Kalau desain lainnya hanya menggunakan 1 warna yang sama, maka ide desain kali ini menggunakan kombinasi 2 warna. Bukan pada moulding-nya, tapi pada warna dasar dinding. Wall moulding dibuat menyerupai bingkai persegi panjang pada dinding bagian kanan dan kiri.

Warna dinding tersebut putih. Sedangkan dinding di bagian tengah yang kosong diberi warna taupe. Area dinding yang kosong ini tidak perlu diberi tambahan dekorasi lagi karena sudah cukup menarik perhatian mata yang memandangnya.

Demikian 7 ide desain wall moulding yang dapat kamu terapkan di hunian masing-masing. Semoga bisa menambah inspirasi untuk mempercantik interior hunian impian! 

Leave a Reply