Kenalan dengan Rumah Adat Lampung, Nuwow Sesat

Keunikan Rumah Adat Lampung “Nuwow Sesat”

Provinsi Lampung sebenarnya memiliki beberapa jenis rumah adat. Hanya saja, tidak semua jenis rumah adat Lampung bisa bertahan hingga sekarang. Kondisi tersebut dikarenakan Lampung sebagai daerah transmigrasi sehingga arus pendatang cukup banyak di provinsi ini. Meskipun demikian, masih terdapat rumah adat Lampung yang tetap eksis hingga saat ini, yaitu Nuwow Sesat.

Nuwow Sesat merupakan salah satu jenis rumah adat Lampung yang masih banyak berdiri di kawasan tersebut. Alih-alih digunakan sebagai tempat tinggal biasa, awalnya rumah adat Lampung Nuwow Sesat dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk musyarawarah bagi masyarakat Lampung. Nama Nuwow Sesat sendiri memiliki arti “rumah adat”.

Sama seperti rumah adat lainnya, rumah adat Lampung Nuwow Sesat juga memiliki beberapa ciri khas yang unik. Berikut ini Kania akan mengajak kamu untuk mengenal ciri khas yang melekat pada rumah adat Lampung yang satu ini. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Berbentuk Rumah Panggung

miniatur rumah adat lampung yang berbentuk rumah panggungwordpress.com

Hampir sama dengan rumah-rumah adat lainnya yang ada di Sumatera, rumah adat Lampung Nuwow Sesat juga berbentuk rumah panggung. Konsep rumah panggung ini dibuat untuk menyesuaikan kondisi geologis di kawasan tersebut yang sering terjadi gempa hingga serangan hewan buas.

Rumah adat Lampung dengan konsep ini didominasi oleh material kayu yang dinilai lebih tahan gempa dan lebih aman dari serangan binatang buas. Bahkan, saking kuatnya rumah adat Lampung Nuwow Sesat yang berada di Kampung Negeri Olok Gading ini tetap kukuh saat Gunung Krakatau meletus yang menyebabkan gempa serta tsunami hebat. Rumah adat Lampung itu pun masih berdiri sampai saat ini.

Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Terbagi Menjadi 3 Ruangan Utama

bagian teras rumah adat lampungblogspot.com

Rumah adat Lampung Nuwow Sesat pada dasarnya memiliki tiga ruangan utama. Ketiga ruangan itu disebut ijan geladak, anjungan serasi, dan ruang tetabuhan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Ijan geladak merupakan tangga masuk rumah adat Lampung Nuwow Sesat yang dilengkapi dengan atap. Anjungan serasi merupakan ruangan untuk pertemuan yang biasanya terdapat kursi. Sementara itu, ruang tetabuhan digunakan untuk menyimpan alat-alat tradisional. Pada rumah adat Lampung ini memang tidak ada kamar tidur karena fungsi awalnya memang ditujukan sebagai tempat musyawarah.

Rumah Adat Lampung Nuwow Sesar Berderet Mengikuti Aliran Sungai  

deretan rumah adat lampung dengan pemandangan gunung dan langit birupesona.travel

Pada umumnya, rumah-rumah adat Lampung Nuwow Sesat dibangun berderet. Deretan rumah adat Lampung ini pun tersusun rapi mengikuti arah aliran sungai. Konon katanya, peletakan rumah adat Lampung ini memang sengaja dibuat mengikuti aliran sungai agar masyarakat yang sedang berkumpul di dalamnya dapat dengan mudah mengambil sumber air.

Hiasan Payung sebagai Lambang Tingkatan Adat

rumah adat lampung dengan hiasan payungwordpress.com

Salah satu hal unik dari rumah adat Lampung yang satu ini adalah adanya hiasan payung di bagian atas bangunan. Hiasan payung pada rumah adat Lampung Nuwow Sesat yang satu dengan yang lain bisa berbeda warna. Setidaknya ada tiga warna, yakni putih, kuning, dan merah. Tidak hanya sekadar menjadi dekorasi, warna yang berbeda-beda ini ternyata melambangkan tingkatan adat tertua di masyarakat tradisional Lampung.

Atap Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Memakai Ilalang

rumah adat lampung dengan atap yang menggunakan ilalangmapio.net

Jika melihat rumah adat Lampung Nuwow Sesat saat ini, rata-rata bagian atapnya sudah memakai seng ataupun genting dari tanah liat. Namun, sebenarnya pada zaman dahulu, model atap rumah adat Lampung ini menggunakan ilalang. Ilalang sebagai atap membuat udara di dalam rumah terasa lebih sejuk. Ilalang yang dipakai sebagai atap rumah adat Lampung ini biasanya dianyam terlebih dahulu agar lebih kuat dan tahan lama.

Rumah Adat Lampung Nuwow Sesat Berubah Fungsi

dua rumah adat lampung dengan cat warna hijau dan birupesona.travel

Pada awalnya, rumah adat Lampung Nuwow Sesat memang ditujukan sebagai tempat bermusyarawarah bagi warga sekitar. Namun, seiring berjalannya waktu, fungsi rumah adat Lampung ini sudah berubah. Saat ini, kebanyakan rumah adat Lampung Nuwow Sesat diubah menjadi rumah tinggal biasa, meskipun dengan model dan jumlah ruangan yang tetap sama dengan aslinya.

Setelah melihat ciri khas dan keunikannya, apakah kamu tertarik untuk melihat Nuwow Sesat secara langsung? Rumah adat Lampung Nuwow Sesat ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata kamu saat berlibur ke Sumatera.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma menyediakan aneka furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa bikin ruangan makin efisien dan maksimal, lho! Dekoruma jual lemari pakaian, sofa minimalis, meja makan, dan kursi kerja yang tersedia dalam ragam model dan ukuran.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual cermin, poster kanvas, wallpaper dinding, dan dekorasi dinding lainnya. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply