Apa Itu Powder Room? Simak Fungsi dan Inspirasi Desainnya!

Mengenal Powder Room Beserta Ide Desain Interiornya

Apa yang terbayang di benakmu saat mendengar istilah powder room? Mungkin beberapa di antara kamu memikirkan sebuah ruangan khusus untuk merias wajah atau mungkin ada juga yang masih belum terbayang sama sekali.

Ya, istilah powder room memang masih terasa asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Lalu, sebenarnya apa itu powder room dan untuk apa fungsinya di dalam rumah? Yuk, pahami lebih dalam melalui ulasan Kania di bawah ini!

Pengertian Powder Room

desain powder room hitam putihpinterest.com

Powder room merupakan sebuah ruang toilet kering berukuran kecil di dalam rumah yang dibuat khusus untuk para tamu yang berkunjung. Di dalam powder room biasanya terdapat wastafel, closet duduk, dan sebuah cermin untuk merias diri. Jadi, bagi kamu yang tadi berpikir bahwa powder room adalah ruangan untuk merias wajah sebenarnya sudah hampir benar. Hanya saja, biasanya ruangan ini tidak menggunakan meja rias, melainkan hanya ada meja wastafel.

Menghadirkan powder room di dalam sebuah hunian sebenarnya bertujuan untuk memudahkan tamu saat ingin ke kamar kecil dan sekaligus menjaga privasi penghuni rumah karena tamu tidak perlu sampai masuk ke dalam kamar mandi pribadi. Oleh karena itu, biasanya letak powder room ada di sekitar area ruang tamu.

Meskipun ruang toilet ini bukan untuk digunakan oleh penghuni rumah, tapi kamu tetap harus menjaga kebersihan powder room agar para tamu tidak merasa jijik saat menggunakannya. Begitu juga dengan desain interiornya, usahakanlah untuk mendesain powder room sebagus mungkin supaya pengalaman tamu saat berkunjung ke rumahmu lebih berkesan. Nah, di bawah ini, Kania sudah menyiapkan beberapa inspirasi desain powder room yang bisa kamu tiru. Yuk, langsung saja intip bersama!

Powder Room Bernuansa Pink

powder room bernuansa pinkremodelista.com

Kamu suka desain interior yang bertema feminin? Kalau begitu, powder room yang bernuansa pink ini bisa jadi inspirasi untukmu. Seluruh ruangannya dibalut oleh warna pink, mulai dari keramik dinding, lantai, hingga meja wastafelnya.

Di dalam powder room ini juga terdapat sebuah cermin panjang yang sengaja dipasang supaya para tamu lebih puas saat bercermin. Kamu juga bisa memberikan sedikit sentuhan mewah di dalam powder room ini dengan menggunakan aksen warna emas pada bingkai cermin, gantungan handuk, dan kran wastafel.

Powder Room Minimalis

desain powder room minimalishome-designing.com

Nah, kalau desain powder room yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang mengusung konsep rumah minimalis. Di dalam powder room ini terdapat sebuah tembok pembatas minimalis yang memisahkan dua area, yaitu area toilet dan wastafel.

Bagian dinding di area wastafel powder room menggunakan keramik marmer berwarna putih abu-abu, sementara untuk area toiletnya hanya menggunakan warna cat tembok putih yang membuatnya terlihat lebih bersih. Supaya tidak terkesan monoton, kamu bisa menambahkan beberapa furnitur atau dekorasi di dalam powder room, seperti kabinet dari material kayu, lukisan, atau tanaman monstera.

Powder Room dengan Aneka Pajangan

powder room bernuansa biruhgtv.com

Selain berfungsi sebagai toilet tamu, kamu juga bisa sekaligus menjadikan powder room sebagai tempat untuk memamerkan koleksi pajanganmu, lho! Coba tambahkan sebuah rak gantung terbuka untuk meletakkan aneka pajangan di dalam powder room.

Kalau kamu mau lebih hemat tempat, saat membangun powder room buatlah sebuah rak built-in, seperti gambar di atas. Dengan menerapkan desain powder room ini, semua tamu kamu pasti akan terkesan saat memasukinya.

Powder Room Hitam Elegan

powder room mewah bertema hitamdecoist.com

Warna hitam memang identik dengan hal yang misterirus, tapi di sisi lain warna hitam juga bisa memberikan kesan mewah pada desain interior, salah satunya di dalam powder room yang satu ini. Untuk memaksimal kemewahannya, kamu bisa menambahkan sentuhan warna emas dan menggunakan dekorasi yang berkesan klasik, seperti lampu gantung kristal atau cermin yang berukir.

Selain peralatan kamar mandi yang esensial, di dalam powder room ini juga ada sebuah meja yang di atasnya terdapat bingkai foto, botol aromaterapi, dan aneka pajangan meja lainnya. Setiap tamu yang masuk ke dalam powder room ini pasti akan terpesona dengan keindahannya.

Powder Room Serba Putih

desain powder room serba putihdecorpad.com

Ingin memiliki tampilan powder room yang bersih senantiasa? Coba tiru inspirasi powder room yang didominasi oleh warna putih ini. Ya, selain bisa menciptakan ilusi ruang yang luas, warna putih juga bisa memberikan kesan bersih pada ruangan.

Nah, supaya tidak terlalu monoton, kamu bisa menggunakan furnitur atau perlengkapan kamar mandi yang warnanya kontras, tapi tetap netral, seperti coklat tua. Tambahkan juga berbagai dekorasi menarik, seperti cermin yang unik atau lampu gantung. Namun perlu diingat, meskipun powder room sudah terlihat bersih dengan mengaplikasikan warna putih, kamu tetap harus memeberishkannya secara rutin, ya!

Gimana, sekarang kamu sudah tahu, ‘kan apa itu powder room, untuk apa fungsinya, dan seperti apa desain yang cocok untuk di dalam rumahmu? Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya! Oh ya, jangan lupa share juga artikel ini kepada teman, saudara, atau keluargamu supaya mereka juga tahu apa itu powder room.

Kamu sedang mencari kasur baru buat di rumah? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Dekoruma jual kasur Alga, Comforta, dan King Koil, tiga merek kasur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply