Yuk, Kenalan dengan Pohon Pule dan Ragam Manfaatnya!

Serba-serbi Pohon Pule yang Harus Kamu Tahu

Sudah pernah mendengar nama pohon pule belum, teman Kania? Buat kamu yang tinggal di ibu kota, cukup jalan-jalan saja ke seputar kawasan Monas bagian Selatan untuk mengintip pohon jenis ini. Bentuknya yang menjulang dengan ranting besar dan dedaunan hijau pasti seketika menarik perhatianmu.

Tak hanya menarik, ternyata pohon pule juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Nah, biar kamu lebih mengenal pohon pule, simak dulu ulasan dari Kania berikut ini!

Mengenal Pohon Pule & Keistimewaannya

gambar pohon pule di pinggir jalan rayarimbakita.com

Dengan istilah latin Alstonia Scholaris, pohon pule disebut juga blackboard tree atau devil’s tree dalam bahasa Inggris. Nama unik devil’s tree atau pohon iblis ini mungkin bikin ngeri, tapi sebenarnya hanya seputar mitos yang konon berasal dari negara India yang menyebutkannya sebagai salah satu pohon suci yang harus dihindari. Selain itu, pohon pule juga disebut blackboard tree atau pohon papan tulis hitam karena bahannya yang sering digunakan sebagai bahan pembuat papan tulis dan meja tulis

Dari bentuknya sendiri, pohon pule ditandai dengan pohon yang memiliki ketinggian hingga 20 – 50 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Merupakan jenis pohon tropis, pohon pule kerap ditemui di wilayah anak benua India serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pohon pule ini memiliki dedaunan yang rimbun dengan tekstur kilat berwarna hijau tua. Di tengah dedaunan ini bisa tumbuh bunga putih atau kekuningan dengan aroma harum. 

pohon pule yang berbuah hijaushutterstock.com

Buah pohon pule juga bisa berbuah dari warna hijau menjadi cokelat ketika matang. Dengan batang pohon yang kokoh, ekstrak dari buah pohon pule punya kandungan racun yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Namun, dengan pengolahan yang tepat sesungguhnya pohon pule punya banyak manfaat yang menguntungkan manusia. 

5 Manfaat Pohon Pule yang Jarang Diketahui

Mungkin kamu penasaran apa saja manfaat dari pohon pule yang bisa dirasakan manusia. Oleh karena itu, di bawah ini Kania juga sudah merangkumnya yang dilansir dari beberapa sumber:

Sebagai Obat Luka yang Mujarab

manfaat pohon pule untuk atasi lukashutterstock.com

Pohon pule memiliki khasiat yang efektif sebagai obat penyembuh luka. Sebuah studi menunjukkan kandungan ekstrak metanol dari daun pohon pule aman diaplikasikan pada luka terbuka. Studi lain pada pada subjek percobaan juga menunjukkan pemulihan dan regenerasi kulit yang cukup signifikan.

Formula herbal pada daun dan batang pohon pule dipercaya jadi alasan di balik efek tersebut. Akan tetapi, karena masih kurangnya studi klinis, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter atau tenaga ahli profesional sebelum langsung diuji coba untuk menghindari risiko berbahaya atau efek samping.

Punya Efek Anti Kuman dan Antimikroba

manfaat pohon pule sebagai anti kumanadvancedclinicalsolution.co.uk

Secara biologis, pohon pule mengandung bahan komponen aktif yang bersifat anti kuman. Melalui sebuah percobaan pada hewan tikus, studi menunjukkan aktivitas parasit plasmodium tampak berkurang melalui pemberian ekstrak batang pohon pule secara rutin. Secara bersamaan, daya tahan hidup subjek percobaan juga jadi lebih meningkat. Secara spesifik, pohon yang rindang ini dipercaya bisa melawan parasit penyebab infeksi malaria.

Membantu Mengatasi Diare

manfaat pohon pule untuk atasi diareshutterstock.com

Selain diare, pohon pule juga dipercaya bisa mengobati disentri. Kandungan metanol pada daun dan batang daun pule punya efek pereda rasa sakit serta mengurangi frekuensi diare. Komponen lain pada pohon sule seperti tanin dan alkaloid juga diyakini dapat membantu menenangkan masalah sistem pencernaan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat pohon pule untuk menjaga daya tahan tubuhshutterstock.com

Ekstrak daun pohon pule secara spesifik efektif untuk mengurangi reaksi alergi dan memperbaiki fungsi imun. Pada sebuah studi yang dilakukan di India, batang pohon pule diindikasikan efektif merangsang kinerja sistem imun pada bagian selnya sehingga tubuh lebih mampu melawan kuman penyakit.

Melindungi Organ dan Fungsi Hati

manfaat pohon pule untuk menjaga fungsi hatishutterstock.com

Percobaan pada subjek hewan menunjukkan potensi pohon pule dalam melindungi organ hati. Masih pada percobaan di India, ekstrak etanol pohon pule bisa mengurangi kerusakan hati dan mengembalikan strukturnya. 

Secara terpisah, studi yang sama di Taiwan juga membuktikan efek perlindungan pada organ hati dengan pohon pule. Bahkan, studi yang dipublikasikan di World Journal of Pharmacological Research mengungkapkan batang pohon pule bisa mengembalikan fungsi organ ini akibat terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia. 

Berbagai manfaat kesehatan pohon pule tidak terhenti sampai di sini, lho. Masih banyak sekali efek yang menguntungkan terhadap tubuh seperti mengatasi defisiensi vitamin B, mengurangi efek penuaan, meredakan batuk, dan yang lainnya.

Tidak lupa juga, nih pohon pule yang rindang juga bisa menyejukkan suasana, menyaring udara kotor, dan memberi keteduhan di tengah terik matahari. Bahkan, kalau kamu menanamnya di halaman rumah, kamu bisa menambahkan meja & kursi makan di bawah pohon pule dan berkemah di sana. Pasti seru banget, ya?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang space-saving dan multifungsi untuk membuat hunianmu makin efisien, lho. Mulai dari jual credenza, sofa bed, rak dinding & ambalan, meja tamu, hingga tempat tidur. Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply