Mengenal 5 Rumah Adat Riau dan Masing-masing Keunikannya

Jenis-jenis Rumah Adat Riau

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki ragam kekayaan budaya. Hal ini dapat terlihat dari desain rumah adat masing-masing provinsi. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membahas rumah adat Riau.

Rumah adat Riau tidak hanya memiliki satu jenis rumah adat seperti provinsi lainnya di Indonesia. Melainkan ada 5 jenis rumah adat. Masing-masing rumah adat Riau pun memiliki keunikannya sendiri. Baik dari segi desain, maupun filosofinya. Yuk, kenalan dengan 5 rumah adat Riau secara singkat berikut ini!

Banner Dekoruma Retail

Rumah Selaso Jatuh Kembar

Rumah Adat Riau - Rumah Selaso Jatuh Kembarkompas.com

Rumah Selaso Jatuh Kembar merupakan salah satu rumah adat Riau yang sangat identik melambangkan Riau. Rumah ini berukuran sangat besar dengan konsep rumah panggung dan terdiri dari beberapa tingkat. Bagian atapnya berbentuk segitiga dengan ornamen ukiran motif hewan atau tumbuhan berwarna cerah.

Rumah adat Riau ini tidak diperuntukan sebagai hunian warga, tapi sebagai area berkumpul. Biasanya jenis rumah adat Riau yang satu ini untuk pertemuan adat, musyawarah, masak bersama, hingga tempat penyimpanan benda-benda adat seperti alat musik. 

Rumah Melayu Atap Lontik

Rumah Adat Riau - Rumah Melayu Atap Lontikwikipedia.org

Rumah Melayu Atap Lontik juga dikenal sebagai Rumah Pelancang. Pemberian nama rumah adat Riau ini berdasarkan bentuk kaki rumah yang bentuknya seperti perahu atau lancang. Rumah adat Riau Melayu Atap Lontik kerap digunakan sebagai tempat tinggal suku Melayu yang berada di Lima Koto.

Biasanya, Rumah Melayu Atap Lontik dibangun di pinggiran sungai. Desainnya berupa rumah panggung untuk menghindari banjir serta serangan binatang buas. Sekilas, rumah adat Riau ini nampak seperti rumah biasa. Namun, ada keunikan pada bagian anak tangga di setiap ruangan, yakni jumlahnya selalu ganjil. Misalnya 3, 5, 7, 9, dan 11.

Rumah Melayu Lipat Kajang

Rumah Adat Riau - Rumah Lipat Kajanggoodnewsfromindonesia.id

Rumah adat Riau berikutnya adalah Rumah Melayu Lipat Kajang. Keunikannya terletak pada bagian atap yang berbentuk segitiga sama kaki yang tingginya cukup ekstrem. Desain atap ini juga dikenal dengan istilah bubung curam. Desainnya tidak dibuat semata-mata untuk menambah nilai keindahan bangunan, tapi memiliki fungsi penting, yakni supaya air hujan dapat segera mengalir ke bawah. Dengan demikian, atap tidak mudah roboh dan tidak ada genangan air yang menjadi sumber penyakit, seperti keberadaan jentik nyamuk yang memulai daur hidupnya di air.

Rumah Atap Limas Potong

Rumah Adat Riau - Rumah Atap Limas Potongbackpackerjakarta.com

Di antara jenis-jenis rumah adat Riau yang ada, Rumah Atap Limas Potong merupakan salah satu yang mudah ditemukan. Rumah ini menjadi tempat tinggal utama masyarakat setempat. Sesuai namanya, rumah ini memiliki atap dengan bentuk menyerupai limas yang dipotong.

Konsep rumah ini sama seperti rumah adat Riau lainnya, yakni rumah panggung dengan ketinggian 1,5 meter dari permukaan tanah. Material utama pembuatan rumah ini adalah kayu dan papan. Ukurannya beragam. Semakin kaya pemiliknya, maka semakin besar juga rumahnya. Namun yang pasti, rumah ini terbagi atas area teras, ruang depan, ruang tengah, ruang belakang, kamar tidur, dan dapur.

Rumah Singgah Sultan Siak

Rumah Adat Riau - Rumah Singgah Sultan Siakriaumagz.com

Rumah Singgah Sultan Siak bukanlah rumah adat Riau yang umum. Rumah ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada masa Kerajaan Siak Sri Indrapura, tepatnya pada tahun 1895. Konsepnya sendiri berupa rumah panggung. Keunikannya terdapat pada pondasi rumah yang berjumlah 22 buah, terdiri dari 18 buah tonggak di sekeliling rumah dan 4 buah tonggak di bagian tengah.

Untuk menuju ke bagian dalam rumah, ada tangga di bagian beranda. Sementara itu, material utama pembangunan rumah adat Riau ini berupa bata dan dilapisi plester. Berbeda dengan rumah adat Riau lainnya yang menggunakan kayu dan papan, Rumah Singgah Sultan Siak ini jauh lebih kokoh dan nyaman.

Demikianlah 5 jenis rumah adat Riau dan masing-masing keunikannya yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi mengenai salah satu aspek keragaman budaya di Indonesia ini tidak berhenti di kamu dan tetap dikenal oleh generasi muda bangsa Indonesia, ya!

Temukan artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan ragam furnitur untuk hunianmu, lho. Tersedia pula furnitur yang space-saving dan multifungsi yang dapat membuat ruangan di hunian semakin efisien dan maksimal. Beberapa di antaranya ada sofa, meja tamu, kabinet dapur, lemari pakaian, rak buku & rak display, hingga tempat tidur. Tunggu apa lagi? Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply