Mengenal Daun Sirsak: Manfaat, Cara Merebus, dan Efek Sampingnya

Serba-serbi Daun Sirsak yang Perlu Kamu Ketahui

Meski sudah memasuki era modern, masyarakat Indonesia tampaknya tidak bisa lepas dari pengobatan tradisional. Selain biayanya lebih terjangkau, efek sampingnya dinilai lebih minim risiko dibandingkan mengonsumsi obat-obatan modern. Tidak sedikit juga yang menggabungkan pengobatan tradisional dan modern supaya penyakit lebih cepat reda. Nah, salah satu pengobatan tradisional yang populer adalah minum rebusan daun sirsak.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dan bagaimana cara mengolah daun sirsak? Selain itu, apakah ada efek sampingnya? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan daun sirsak bersama Kania!

Banner Dekoruma Retail

Mengenal Pohon Sirsak

gambar pohon sirsak lengkap dengan buah dan daun sirsakpixabay.com

Sesuai dengan namanya, daun sirsak diperoleh dari pohon sirsak. Pohonnya sendiri bisa tumbuh hingga ketinggian 9 meter di dataran rendah ataupun tinggi. Buahnya berukuran 20-30 cm dengan berat mencapai 2 kg. Sementara itu, daunnya berwarna hijau tua dengan bentuk bulat panjang yang melancip di bagian ujungnya. Panjangnya sekitar 8-16 cm dan lebarnya 3-7 cm.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuhpixabay.com

Daun sirsak terkenal untuk pengobatan kanker lantaran mengandung zat anti kanker bernama acetogenin. Namun, kamu perlu tahu juga kalau daun ini tidak hanya baik untuk mengobati kanker. Kandungan antioksidan dalam daun sirsak juga baik untuk mencegah serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penderita sariawan juga bisa minum air rebusan daun sirsak supaya sariawannya mengecil. Daun sirsak juga baik untuk mengatasi asam urat, tekanan darah tinggi, meningkatkan imun tubuh, menyembuhkan infeksi, menurunkan kadar gula darah, mengatasi anemia, hingga meredakan insomnia.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Kulit

manfaat daun sirsak untuk kesehatan kulitpixabay.com

Selain baik untuk kesehatan tubuh, daun sirsak juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, lho! Terutama untuk masalah jerawat, rambut, dan penuaan dini. Daun ini mengandung zat antioksidan, antibakteri, dan anti radang. Kandungan-kandungan tersebut mampu mengurangi produksi minyak berlebih yang memicu jerawat, serta mengurangi peradangan yang ditimbulkan jerawat.

Untuk yang mengalami masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, dan rambut bercabang, daun sirsak juga mampu mengatasinya. Sementara, kandungan vitamin C dan asam askorbat pada daun ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pemicu penuaan dini dengan gejala keriput serta perubahan warna kulit.

Cara Merebus Daun Sirsak yang Tepat

gambar daun sirsak yang menempel di potongan rantingplantsandbenefits.blogspot.com

Daun sirsak biasanya dikonsumsi dengan cara direbus. Namun, perlu diperhatikan tata cara pengolahannya supaya kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dapat benar-benar dirasakan.

Pertama-tama, perhatikan kondisi daun yang akan dipetik. Pilih yang daunnya mulus dan berwarna tua dan tidak digigit hama. Daun yang akan dipetik juga sebaiknya berada di urutan ke-4 hingga ke-6 dari pucuk. Dengan demikian, pertumbuhan daun sirsak yang baru tidak akan terhambat. Setelah itu, cuci dengan air untuk menyingkirkan debu dan kotoran lainnya. Sementara itu, jumlah daun yang dibutuhkan adalah 10 helai.

Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air mineral hingga airnya tersisa setengah saja. Setelah itu, tuang rebusan daun sirsak ke dalam gelas untuk dikonsumsi. Kamu dapat meminumnya dalam keadaan hangat ataupun dingin setiap pagi. Namun, pastikan kamu menggunakan gelas yang aman untuk menampung rebusan daun sirsak yang panas, misalnya gelas kaca. Hindari penggunaan gelas plastik karena hawa panas dari air rebusan bisa memicu kandungan zat kimia pada gelas dan menimbulkan racun yang berbahaya bagi kesehatan. 

Efek Samping yang Perlu Diwaspadai

daun sirsak yang kaya manfaat1000ecofarms.com

Meski pengobatan menggunakan daun sirsak dikatakan minim efek samping, tetap saja kamu harus waspada. Apalagi jika mengonsumsinya secara berlebihan. Efek samping ringan bisa berupa mual, muntah, diare, dan keringat berlebihan.

Sedangkan, efek samping yang tergolong berat di antaranya adalah pembentukan batu ginjal, permasalahan pada rahim yang dapat memicu kelahiran prematur dan keguguran pada ibu hamil, serta pengaruh buruk pada sistem kardiovaskular. Oleh karenanya, ibu hamil dan penderita jantung perlu berkonsultasi terlebih dulu pada dokter jika ingin mengonsumsinya.

Selamat menikmati manfaat pengobatan dari daun sirsak dan ingatlah untuk mengonsumsinya dalam batas wajar supaya terhindar dari efek sampingnya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan ragam furnitur untuk hunianmu, lho. Tersedia pula furnitur yang space-saving dan multifungsi yang dapat membuat ruangan di hunian semakin efisien dan maksimal. Di antaranya ada meja & kursi makan, lemari laci, rak buku & rak display, tempat tidur, kursi kantor, sofa, dan meja rias. Tunggu apa lagi? Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply