Mengenal Asuransi Rumah: Jenis, Cara Kerja, dan Tips Memilihnya

Serba-serbi Asuransi Rumah yang Perlu Kamu Ketahui

Semua aset sebaiknya dilengkapi dengan perlindungan. Salah satu caranya, kamu bisa menggunakan asuransi yang akan memberikan perlindungan jika terjadi masalah. Cukup membayar premi sesuai perjanjian pada pihak asuransi, perlindungan ini pun mencakup berbagai jenis aset, mulai dari barang-barang pribadi seperti ponsel dan peralatan elektronik, kendaraan, hingga rumah.

Pada artikel ini, Kania akan mengulas asuransi rumah, termasuk jenis, cara kerja, dan tips memilihnya. Untuk itu, kamu yang berencana mengikuti asuransi rumah, sebaiknya simak dulu penjelasan pada ulasan di bawah ini!

Apa Itu Asuransi Rumah?

ilustrasi asurnasi rumah melalui miniatur rumahintempuspropertymanagement.com

Memiliki cara kerja yang hampir sama dengan jenis asuransi lainnya, asuransi rumah dapat memberikan perlindungan terhadap rumah ataupun properti lainnya, serta memungkinkan kamu mendapatkan ganti rugi jika rumahmu mengalami suatu musibah. Dengan memiliki asuransi rumah, kamu pun bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan rumah karena biaya tersebut nantinya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. 

Manfaat Asuransi Rumah

seseorang memegang miniatur rumah untuk ilustrasi asuransi rumahaegonlife.com

Meskipun tidak sepopuler asuransi jiwa ataupun kendaraan, tapi asuransi rumah memiliki banyak manfaat untuk melindungi aset properti milikmu. Dengan memiliki asuransi rumah, kamu pun bisa memiliki proteksi jika sewaktu-waktu timbul kerugian akibat bencana alam, seperti banjir, terjadinya kebakaran rumah, ataupun tindak pencurian.

Selain itu, adanya asuransi rumah pun akan memberikan perlindungan terhadap barang yang ada di dalam properti, melindungi barang seni berharga di dalam rumah, memberikan perlindungan jika terjadi gugatan hukum, membuat nilai rumah atau properti tetap terjaga, menjadi syarat mengajukan pinjaman, serta dapat memberikan tempat tinggal sementara. Lebih penting lagi, asuransi rumah pun akan membuat kamu selalu merasa nyaman dan aman. 

Jenis Asuransi Rumah

gambar miniatur rumah untuk ilustrasi asuransi rumahprotectorins.net

Dalam asuransi rumah, terdapat beberapa jenis perlindungan yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan ataupun besaran premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jenis pertama adalah Asuransi Property All-risk yang biasanya mencakup seluruh perlindungan termasuk yang diakibatkan oleh bencana alam, kejahatan, kerusuhan, bahkan pergerakan tanah. Namun, dalam jenis asuransi rumah ini, biasanya terdapat juga risiko yang mendapatkan pengecualian sehingga sebaiknya kamu membaca polis secara menyeluruh.

Selain itu, ada pula Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk memberikan perlindungan pada properti yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, asap ataupun kejatuhan pesawat terbang. Dalam jenis asuransi rumah ini, biasanya kamu pun diberikan opsi untuk memperluas perlindungan, seperti kerusakan aset akibat kerusuhan, banjir, tanah longsor, kebongkaran, bahkan akibat kehilangan keuntungan dalam bisnis. 

Cara Kerja Asuransi Rumah

dokumen asuransi rumahthebalancesmb.com 

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk asuransi rumah, Kania akan mengajak kamu untuk mengetahui cara kerjanya. Secara umum, asuransi rumah dapat memberikan nilai pertanggungan yang dihitung berdasarkan jumlah dana yang akan diperlukan untuk membangun rumah. Kemudian, besaran premi tahunan akan disesuaikan berdasarkan nilai pertanggungan yang diberikan. 

Tips Memilih Asuransi Rumah

gambar kalkulator dan uang kertas untuk menghitung biaya asuransi rumahhealthanddiytips.com

Kania juga memiliki sejumlah tips yang bisa kamu lakukan saat ingin membeli asuransi rumah. Pertama, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi rumah dengan kredibilitas dan reputasi yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan kamu nantinya. Selain itu, pastikan juga untuk mengetahui keseluruhan isi polis asuransi rumah yang kamu beli agar terhindar dari risiko kerugian ataupun permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari.

Saat membeli asuransi rumah, pastikan juga jumlah premi yang kamu bayarkan telah memenuhi cakupan perlindungan yang dibutuhkan sehingga nantinya dapat terhindar dari kerugian akibat penggantian nilai pertanggungan yang rendah. Pastikan kamu menghitung dan mempertimbangkan seluruh komponen asuransi rumah yang akan didapatkan sehingga manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal.

Memiliki banyak manfaat, kamu sebaiknya mempertimbangkan pembelian asuransi rumah untuk melindungi aset properti yang dimiliki. Apalagi, rumah adalah tempat di mana momen indah berawal. Jadi, pastikan rumah kamu tetap aman dan nyaman senantiasa. Selain informasi di atas, temukan juga berbagai informasi dan inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma, ya!

Nah, buat kamu yang justru sedang mencari properti untuk tempat tinggal atau investasi, kamu bisa kunjungi laman DekorumaHouse. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di BSD, apartemen dijual di Jakarta Barat, atau rumah baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan properti impianmu di Dekoruma!

Leave a Reply