Tips Memilih dan Menempatkan Meja dan Kursi Kerja Jakarta Selatan

Bagi warga Jakarta Selatan yang berencana mendesain home office, hal terpenting tak lain adalah posisi atau lokasi meja & kursi kerja milikmu. Pastinya, meja & kursi kerja ini merupakan benda paling utama di ruangan. Biar nggak salah kaprah, saatnya cek dulu tips memilih meja & kursi kerja Jakarta Selatan beserta penempatannya di ruangan berikut ini!

Tips Memilih Meja & Kursi Kerja Jakarta Selatan

Memilih meja dan kursi kerja sebenarnya tidaklah sulit, tapi tetap harus dilakukan secara cermat dan hati-hati agar bisa mendapatkan produk terbaik yang sesuai kebutuhan. Mari kita kupas satu per satu cara memilih meja & kursi kerja yang tepat dan terbaik di bawah ini!

1. Kenali Kebutuhan Kerja

Setiap kebutuhan pekerjaan masing-masing orang pasti berbeda. Ini dia patokan untuk memilih meja & kursi kerja Jakarta Selatan:

Jika sering menggunakan komputer

Pilih meja & kursi kerja Jakarta Selatan yang desainnya cocok untuk kebutuhan khusus komputer. Meja dengan fitur ini biasanya memiliki tempat penyimpanan khusus perangkat komputer sehingga jadi lebih praktis. Biasanya sudah didukung juga dengan lubang untuk kabel konektor dan sebagainya.

Jika lebih banyak paperwork

Untuk yang sering berkutat dengan kertas atau dokumen, meja & kursi kerja pastinya harus bisa mendukung kebutuhan tersebut. Pilihlah meja kerja yang berukuran lebih luas, termasuk yang memiliki rak bertingkat yang terintegrasi langsung dengan meja. 

Kombinasi antara komputer, paperwork, dan meeting

Konsep meja & kursi kerja Jakarta Selatan yang berbentuk seperti huruf L bakalan cocok untuk kamu yang butuh multitasking. Bahkan, jika ada ruang dan budget ekstra, meja & kursi kerja berbentuk huruf U juga boleh dipertimbangkan.

Volume kecil & space terbatas

Jika kebutuhan kerja tergolong minim tetapi tetap butuh set-up khusus yang tidak menyita tempat, kamu bisa memilih meja kerja lipat atau yang sifatnya mobile dengan fitur roda. Untuk ukurannya, sesuaikanlah dengan besar ruangan dan kebutuhan sehari-hari. Pastinya model meja kerja seperti ini sangat space-saving alias tidak makan tempat.

2. Pertimbangkan Kebiasaan Bekerja

Gaya bekerja kamu yang bagaimana, nih? Apakah cenderung berantakan dan butuh ruang kreatif sesuka hati? Atau sebaliknya, kamu butuh space yang rapi dan teratur? 

Biasanya, kebiasaan bekerja yang dinamis akan membutuhkan meja & kursi kerja Jakarta Selatan yang berukuran lebih besar. Sedangkan untuk yang lebih statis, cukup memilih meja & kursi kerja yang tidak terlalu besar. Ini supaya kamu tidak perlu repot mengakses dokumen atau peralatan yang berdekatan.

3. Aspek Kenyamanan dan Ukuran

Prinsipnya, memilih meja & kursi kerja Jakarta Selatan harus disesuaikan dengan ukuran ruang yang tersedia. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Meja & kursi kerja harus cukup luas untuk mengakomodasi bagian kaki dengan rata-rata ketinggian meja sekitar 75-80 cm dari lantai.
  • Saat duduk di belakang meja kerja, maksimal ada sekitar 1 meter ruang tersisa. Begitu juga untuk jarak antar meja & kursi kerja Jakarta Selatan dengan furnitur terdekat. 
  • Perangkat elektronik yang sering digunakan harus bisa nyaman diakses dari segi jangkauan dan ketinggian. Selain itu, meja & kursi kerja juga harus bisa menampung semua perangkat elektronik kamu. 
  • Jika meja & kursi kerja memiliki bagian yang tajam, maka harus diantisipasi agar tidak menimbulkan risiko terbentur, cedera, dan sebagainya.

4. Bahan Meja Kerja Jakarta Selatan

Untuk meja kerja, ada beberapa pilihan material favorit, yaitu:

  • Particle board dan MDF: Terbuat dari bahan kayu olahan yang memberikan tampilan estetik dengan harga lebih terjangkau dibanding kayu solid.
  • Laminate: Finishing plastik pada permukaan kayu, lebih terjangkau, tahan pakai, dan tersedia dalam banyak pilihan.
  • Metal atau baja: Terlihat profesional, berkualitas tinggi, dan cocok untuk berbagai jenis pekerjaan berat. 
  • Kayu atau veneer: Memberikan tampilan elegan dan indah, terlihat atraktif, tetapi lebih mudah terkelupas atau rentan rusak. 

5. Pilih Kursi yang Ergonomis

Sementara itu, untuk memilih kursi kerja, pastikan sudah kamu sudah mencobanya terlebih dahulu di toko furniture Jakarta Selatan terdekat. Pilihlah yang ergonomis dan bisa menopang tubuh dengan baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kursi kerja antara lain:

  • Ketinggian kursi harus pas atau bisa disetel dengan fitur adjustable. Pastikan saat duduk, kaki dapat menapak di lantai dengan posisi paha rata dan lengan menyentuh bagian meja kerja. 
  • Dudukan cukup lebar dan dalam supaya dapat mendukung bobot tubuh secara nyaman. Standar umum kursi kerja bervariasi pada bagian lebarnya, tapi umumnya sekitar 50 cm dan bisa menyisakan sekitar 5-10 cm di bagian belakang saat diduduki.
  • Sandaran solid dan harus sudah bersifat ergonomis, alias mendukung postur tubuh belakang sesuai lekuk alami tubuh. Jika dibutuhkan, kamu bisa memilih produk yang sandaran punggungnya bisa mendukung bagian punggung atas dan bawah. 
  • Material berkualitas penting supaya kursi kerja nyaman diduduki berlama-lama. Sebaiknya, pilih yang ada busa atau padding dan bisa mendukung bobot tubuh.

Tips Menempatkan Meja & Kursi Kerja Jakarta Selatan

Nah, setelah mengetahui cara memilih produk terbaik, sekarang saatnya kamu melihat tips penempatan meja & kursi kerja yang ideal, baik dari segi fungsi, kenyamanan, maupun estetika. Yuk, simak di bawah ini!

1. Pemandangan Meja & Kursi Kerja Jakarta Selatan

Semua pasti ingin memiliki pemandangan dari meja & kursi kerja yang bikin ruangan terasa plong. Aturan lazimnya, meja & kursi kerja bisa menghadap ke pintu akses, tetapi ada pula yang memilih menghadap ke jendela rumah dengan panorama. Apalagi dengan cahaya matahari yang bikin pikiran lebih segar, pilihan ini sering jadi favorit. Jadi, antara dua alternatif ini, coba sesuaikan posisi meja & kursi kerja Jakarta Selatan terbaik yang paling klop dengan ketersediaan ruang di hunianmu!

2. Ukuran Meja & Kursi Kerja Jakarta Selatan

Jika ukuran meja & kursi kerja Jakarta Selatan cenderung besar dibandingkan ukuran ruangan, maka idealnya diletakkan di pojok ruangan. Namun, jika meja & kursi kerja Jakarta Selatan biasa atau kecil saja, maka bisa ditaruh di tengah dan bisa diletakkan beberapa sekaligus. Namun, hal ini kembali lagi kepada layout ruangan dan keinginan pemilik rumah. Bisa juga kamu memosisikan meja kerja mungil pada sisi kiri dan kanan yang cocok untuk rekan kerja atau kebutuhan belajar si kecil di rumah.

3. Desain Ruangan Kerja

Desain dan aransemen ruangan kerja cukup menentukan peletakkan meja & kursi kerja Jakarta Selatan yang tepat. Beberapa aspek seperti jendela, perabot, dan lampu juga harus dijadikan pertimbangan. 

Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan dengan konsep ruangan masing-masing. Prinsipnya, meja & kursi kerja harus mendapatkan akses cahaya lengkap, tidak sulit saat keluar masuk, dan kamu bisa senantiasa merasa nyaman saat bekerja.

4. Outlet atau Sumber Listrik untuk Bekerja

Yang sering terlupakan hingga detik-detik terakhir, peletakkan meja & kursi kerja juga harus memperhatikan sumber listrik yang tersedia. Penting untuk menyesuaikan jarak antara perangkat komputer dengan colokan listrik. Sebisa mungkin, hindari sampai harus membongkar dinding, terkecuali sebagai solusi akhir.

Meja & Kursi Kerja Jakarta Selatan di Dekoruma Experience Center 

Butuh mencoba langsung meja & kursi kerja Jakarta Selatan sebelum membelinya? Keputusan tepat banget, tuh! Telah hadir, Dekoruma Experience Center (DEC) dengan konsep terlengkap dan paling memuaskan di Jakarta Selatan!

Di showroom Dekoruma, tersedia ragam pilihan meja & kursi kerja Jakarta Selatan yang siap kamu pilih. Sebagai solusi modern berbelanja furnitur, nikmati kelengkapan produk yang lebih maksimal, termasuk dari furnitur, aksesoris rumah, peralatan sehari-hari, pernak-pernik hiasan, hingga perkakas, termasuk juga furnitur kerja yang mendukung meja & kursi kerja. 

Selain itu, di DEC Jakarta Selatan juga tersedia area konsultasi desain interior. Kamu bisa berkonsultasi mengenai penempatan meja & kursi kerja yang ideal sesuai desain ruanganmu guna mewujudkan ruang kerja pribadi yang nyaman. Selain itu, DEC Jakarta Selatan juga sudah ditata dengan berbagai inspirasi ruang Japandi, kamu bakalan dapat ide-ide baru untuk setiap ruangan di rumah.

Dekoruma Experience Center Jakarta Selatan terdapat di 3 lokasi yang strategis, yaitu di Arteri, Radio Dalam, dan Kemang. Langsung saja deh catat masing-masing alamat DEC Jakarta Selatan berikut:

  • DEC Arteri: Jl. Sultan Iskandar Muda No.76B, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • DEC Radio Dalam: Jl. KH. Ahmad Dahlan Kby No.59, Kramat Pela, Jakarta Selatan
  • DEC Kemang: Jl. Benda No .16 A, Kemang, Jakarta Selatan

Kania tunggu kehadiran kamu di Dekoruma, ya!

Leave a Reply