Tips Memilih Meja dan Kursi Makan di Toko Furnitur Surabaya

Tidak kalah penting dengan furnitur lain, penggunaan meja dan kursi makan tentu diharapkan dapat tahan lama dan awet. Sebagai tempat berkumpulnya keluarga setelah seharian beraktivitas, meja dan kursi makan milikmu sangat menentukan kualitas momen kebersamaan. Agar tidak salah pilih, kamu perlu tahu tips memilih meja dan kursi makan Surabaya yang tepat.

Namun, sebelum membahas tips memilihnya, ada satu pertanyaan penting yang terlebih dahulu harus dijawab. Pertanyaan tersebut adalah “apakah kamu ingin meja dan kursi makan Surabaya yang dihadirkan tampil senada atau justru saling kontras?”

Banyak pemilik rumah lebih memilih menghadirkan meja dan kursi makan yang memiliki desain, style, atau warna yang sama. Akan tetapi, ada juga yang menyukai kombinasi berbeda antara meja dan kursi makannya. Prinsipnya, tidak ada jawaban yang salah karena kedua cara pairing ini tetap valid dan bisa tetap terlihat menawan dengan penataan dan pemilihan yang tepat.

7 Tips Memilih Meja dan Kursi Makan Surabaya

Nah, setelah mengetahui adanya kesempatan untuk memilih tampilan dari gaya meja dan kursi makan Surabaya secara terpisah, baru lah kamu bisa simak tips memilihnya yang didasarkan pada pertanyaan di awal tadi. Yuk, kita bahas satu per satu bersama-sama!

1. Mulai dari Meja Makan Terlebih Dahulu

Secara tampilan, fokus utama dari sebuah ruang makan umumnya adalah meja makan, sedangkan kursi makan cenderung merupakan pelengkap. Oleh karena itu, kamu bisa lebih mencurahkan perhatian lebih pada meja makan yang akan dibeli. Setelah mengunci pilihan pada desain, ukuran, dan bahan meja makan Surabaya, baru deh pilih kursi makan sesuai fungsionalitas, kenyamanan, serta bahan dan warna yang cocok.

2. Meja dan Kursi Makan Tidak Harus Serupa

Meja & kursi makan Surabaya tidak harus dibeli secara satu set atau paket. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke toko furnitur Surabaya, sebaiknya kamu pastikan ada pilihan produk yang bisa di-mix & match secara terpisah. 

Sebagai ilustrasi, jika meja makan yang dipilih menggunakan kayu jati, maka kursi makan yang juga terbuat dari kayu jati akan terasa berat dan kaku jika saling dipadukan. Pilihan yang lebih ideal bisa dengan menghadirkan kursi makan bambu yang lebih luwes dan hangat. 

Atau jika meja makan didominasi bahan metal, maka kamu bisa memilih kursi makan yang dudukan dan sandarannya menggunakan bahan kulit. Tujuannya agar keseluruhan meja dan kursi makan Surabaya tetap terlihat elegan dan tidak membosankan.

3. Hindari Tekstur Berlebihan

Setelah paham memilih kombinasi meja dan kursi makan Surabaya yang saling mendukung, pastikan juga ruang makan tidak sampai terasa berlebihan dari segi teksturnya. Hasil akhir ruang makan secara visual harus klop, di mana pandangan mata tidak bertabrakan dengan tekstur yang berbeda-beda, baik dari meja & kursi makan itu sendiri ataupun furnitur serta dekorasi ruangan lainnya. Misalnya antara bahan dudukan dan sandaran kursi makan dengan tirai jendela, karpet, atau sofa yang berdekatan. 

Jika ruang makan di rumah didominasi oleh beberapa tekstur yang berbeda-beda dari furnitur atau aksesoris, pastikan kursi makan yang dipilih punya mood lebih tenang dan tidak terlalu mencolok. Misalnya dari bahan busa atau kain berwarna gelap.

4. Warna Meja & Kursi Makan Surabaya Terbaik

Faktor warna tentunya juga sangat penting saat memilih meja dan kursi makan Surabaya. Kuncinya adalah jangan memilih warna meja dan kursi makan yang sama persis, melainkan sebaiknya dikombinasi agar ada kontras yang berbeda tapi tetap klop dan serasi. Hal ini penting agar ruangan terasa lebih dimensional alias tidak flat atau kaku.

Misalnya, jika meja makan menggunakan bahan kayu berwarna cokelat natural, maka kamu bisa memilih kursi makan berwarna sage green yang juga merupakan warna alam atau earth tone. Atau jika meja makan berwarna hitam kelam, sebaiknya hadirkan kursi makan warna abu-abu elegan agar tercipta visual yang lebih dinamis.

5. Cocokkan Juga dengan Warna Lantai

Warna flooring juga berpengaruh, lho pada pemilihan meja & kursi makan Surabaya terbaik. Kesalahan yang sebaiknya dihindari adalah meja, kursi, dan lantai yang warnanya terlalu mirip. 

Cara terbaik untuk menciptakan visual yang lebih atraktif adalah memilih set meja & kursi makan yang beda dari warna lantai. Atau jika serupa, maka bisa disiasati dengan karpet khusus ruang makan. Pastikan cek kembali dengan tips seputar tekstur sebelumnya, ya.

6. Ukuran Meja vs Tinggi Kursi

Keunggulan memilih meja & kursi makan Surabaya yang sudah satu set atau sepaket adalah kamu tidak perlu khawatir lagi soal perbandingan ukuran tingginya. Akan tetapi, meski membeli secara terpisah, kamu pun tidak perlu khawatir karena dengan mengunjungi toko furnitur secara langsung, kamu bisa membandingkan antara ukuran dan tinggi yang ideal dengan tubuhmu.

Mintalah bantuan staf untuk mencocokkan meja & kursi makan Surabaya yang ada, lalu coba duduk dan juga lihat dari kejauhan apakah sudah serasi. Pastikan kamu menghindari kursi makan yang terlalu rendah, tapi juga tidak ketinggian. Idealnya, tinggi kursi secara keseluruhan harus minimal lebih tinggi 10 cm di atas permukaan meja makan.

7. Lebar Kursi Juga Harus Diperhatikan

Terakhir, pastikan kelebaran kursi juga cocok dengan ukuran meja. Jika kursi makan terlalu lebar, maka kapasitas meja akan jadi berkurang dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Idealnya, jarak antara masing-masing kursi adalah 10-20 cm sehingga kursi  makan tidak saling beradu. Desain kaki pada kursi makan juga harus diperhatikan dan sebaiknya kamu coba menatanya lengkap dengan meja makan saat kamu berada di toko furniture Surabaya.

Cobain Langsung Meja & Kursi Makan Idaman di Showroom Dekoruma

Meja dan kursi makan Surabaya yang terbaik dan ideal biasanya berawal dari toko furnitur Surabaya yang paham kebutuhan customer-nya, seperti yang dilakukan Dekoruma. Kamu bisa berkunjung ke Dekoruma Experience Center (DEC) untuk mencoba meja & kursi makan secara langsung. Karena kamu butuh ketelitian dan kehati-hatian tinggi dalam memilih furnitur, staf yang bertugas pun akan siap siaga membantu kamu.

Showroom Dekoruma menyediakan berbagai pilihan meja dan kursi makan Surabaya dengan desain, ukuran, dan warna yang bervariasi. Di sini kamu bisa memilih meja dan kursi secara terpisah. Tentunya akan dibantu untuk mendapatkan hasil yang klop dan serasi dengan ruang makanmu secara keseluruhan.

Tak hanya meja dan kursi makan saja, tersedia pula aneka furnitur, aksesoris, dan produk perlengkapan rumah lainnya. Mulai dari perabotan untuk ruang makan, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja, dan yang lainnya.

Uniknya lagi, berbagai produk kebutuhan rumah di DEC sudah ditata sedemikian rupa melalui inspirasi ruang ala Japandi. Kamu bisa langsung menikmati dan mencoba produk, sekaligus mendapatkan ide untuk desain rumah impian. Berbagai display per fungsi ruang di DEC Surabaya diharapkan memberikan pengalaman belanja yang realistis dengan suasana serba homey.

Di Dekoruma Experience Center juga terdapat area konsultasi desain interior bersama desainer profesional. Kamu pun bisa langsung melihat sampel material untuk hunian. Urusan harga atau ketersediaan barang tentunya juga bisa ditanyakan langsung kepada staf yang bertugas di DEC. Ada pula berbagai promo menarik yang bisa kamu dapatkan.

Showroom Dekoruma Surabaya sendiri berada di dua lokasi. Ada DEC HR Muhammad di Jl. Mayjen HR Muhammad No.96 dan DEC Manyar yang beralamat di Jl. Manyar Kertoarjo No.35, Surabaya, Jawa Timur. Kamu bisa mengunjungi DEC Surabaya yang paling dekat dengan domisilimu. Kania tunggu kedatangannya, ya!

Leave a Reply