6 Manfaat Sunscreen untuk Kulit yang Nggak Semua Orang Tahu

Ragam Manfaat Sunscreen yang Jarang Diketahui

Kamu termasuk orang yang cuek pergi ke luar rumah tanpa sunscreen? Atau justru termasuk orang yang suka banget mengoleskan produk pelembap kulit tersebut untuk mendapatkan manfaat sunscreen? Ngomong-ngomong soal manfaat sunscreen, kebanyakan orang memang memakai produk ini agar kulit tidak cepat menggelap akibat paparan sinar matahari.

Namun, di balik fungsi utamanya, terdapat beragam manfaat sunscreen lainnya, lho! Manfaat sunscreen yang dapat kamu rasakan ketika memakai produk ini berhubungan dengan kemampuan kulit menangkal radikal bebas dari sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, baik itu secara langsung di luar ruangan, ataupun tidak langsung melalui pencahayaan alami yang masuk melalui jendela rumah.

Jadi makin penasaran apa saja manfaat sunscreen buat kulitmu? Percayalah, ketika kamu mengetahui semua manfaat sunscreen bagi kulit, kamu nggak akan pernah mau melewatkan pemakaian produk tersebut, khususnya ketika berkegiatan di luar ruangan. Yuk, simak ulasannya bersama Kania di bawah ini!

Hindari Kulit Terbakar

manfaat sunscreen untuk mencegah kulit terbakarthelist.com

Bukan hanya membuat kulit menggelap, paparan sinar matahari bahkan bisa membuat kamu merasa perih di bagian kulit. Sensasi perih yang mirip dengan terbakar sesuatu ini dikenal dengan istilah sunburn. Manfaat sunscreen sendiri bisa sangat efektif mencegah kondisi kulit yang terbakar tersebut. Namun, harus diingat pula, perlindungan agar tidak merasa kulit terbakar bukan hanya mengandalkan sunscreen saja, melainkan juga memastikan tubuh selalu terhidrasi. Artinya, kamu perlu banyak minum air tiap hari!

Minimalkan Kulit Kering

manfaat sunscreen untuk meminimalisir kulit keringfarmersalmanac.com

Kebanyakan sunscreen mengandung hyaluronic acid, airlicium, ataupun ascorbyl glucoside. Kombinasi berbagai bahan aktif tersebut menghasilkan manfaat sunscreen yang ampuh untuk menjaga kelembapan kulit secara ekstra sehingga kamu tidak mudah menjumpai masalah kulit kering yang merupakan akar dari masalah kulit lainnya, mulai dari jerawat hingga masalah dermatitis atopik seperti eksim. Untuk mendapatkan manfaat sunscreen ini, kamu bisa mengaplikasikannya pada kulit ketika di luar ruangan tiap 2—3 jam sekali.

Hilangkan Komedo

manfaat sunscreen untuk mengempeskan komedokamini.id

Suka kesal nggak, sih ketika kulit wajahmu sepintas sudah terlihat mulus karena bebas jerawat, tapi ternyata banyak komedo di sekitar area hidung? Kamu nggak sendirian, kok karena ada banyak orang yang juga mengalaminya. Untuk mengatasi masalah komedo tersebut, kamu bisa menjajal manfaat sunscreen.

Penggunaan sunscreen alis tabir surya ini bisa membuat produksi keringat berkurang, khususnya ketika kamu sedang berjemur di teras rumah atau terkena sinar matahari saat bepergian. Jadi, risiko komedo muncul di wajah pun bisa berkurang cukup drastis.

Jaga Warna Kulit Merata

manfaat sunscreen untuk mencegah sunburnformespa.co.nz

Sinar matahari memang akan mudah membuat kulitmu lebih gelap jika lama terpapar, baik itu di area yang tertutup maupun tidak tertutup pakaian. Namun, yang paling menyebalkan adalah ketika warna kulit jadi tidak merata. Betul tidak?

Oleh karena itu, nggak ada salahnya memakai sunscreen untuk merasakan khasiatnya. Soalnya, kebanyakan produk sunscreen mengandung glycolic acid yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Jadi, kamu dapat merasakan manfaat sunscreen untuk mengikat sel kulit mati dan memperbaharuinya. Warna kulit jadi lebih merata dan kamu pun jadi lebih percaya diri!

Kulit Lebih Awet Muda

manfaat sunscreen untuk menjaga kulit tetap sehatdebrajshome.com

Salah satu manfaat sunscreen yang sering terlupakan adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Bagaimana tidak, penggunaan sunscreen nyatanya bisa mencegah tanda-tanda penuaan kulit yang datang terlalu cepat sehingga kamu akan tampak lebih awet muda. Ini karena bintik-bintik cokelat sampai kerutan yang merupakan tanda penuaan akibat paparan radikal bebas dapat diminimalkan dengan menggunakan sunscreen secara rutin.

Mencegah Kanker Kulit

manfaat sunscreen untuk mencegah kankermiskawaanhealth.com

Terpapar sinar ultraviolet secara terus-menerus bisa meningkatkan peluang kamu terkena kanker kulit. Siapa pun pasti nggak mau sampai hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, gunakanlah sunscreen secara rutin, baik itu saat hendak beraktivitas di luar maupun dalam ruangan.

Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh UVA dan UVB. Dengan demikian, manfaat sunscreen yang satu ini bisa menghindarkanmu dari risiko kanker kulit yang membahayakan.

Mulai sekarang, jangan malas untuk memakai sunscreen, ya! Kamu nggak akan menyesal karena manfaat sunscreen buat kulit sangat banyak dan penting untuk kesehatan. Jangan lupa pastikan juga kamu memilih produk sunscreen yang berkualitas dari merek terpercaya!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual beragam furnitur multifungsi dan space-saving alias hemat tempat untuk hunianmu, lho. Di antaranya ada meja rias, sofa bed, meja TV, lemari pakaian, kabinet dapur, meja kerja, dan rak buku.

Ada pula dekorasi kekinian yang fungsional, seperti tirai, cermin, karpet, dan lampu gantung. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

 

Leave a Reply