8 Manfaat Menanam Palem Merah di Rumah, Bisa Bawa Hoki!

Keuntungan Menanam Palem Merah di Halaman Rumah

Sesuai namanya, palem merah atau Cyrtostachys renda merupakan jenis tanaman palem yang punya ciri khas batang warna merah. Tanaman ini punya kecantikan eksotis antara nuansa tropis dengan warna merah menyala yang unik. Tidak heran, banyak yang berlomba-lomba menanam palem merah di halaman rumah.

Selain cantik, kamu tahu nggak kalau palem merah ternyata juga punya banyak manfaat yang masih jarang diketahui orang? Bahkan, tanaman ini juga dipercaya bisa membawa hoki, lho. Yuk ulas bareng Kania di bawah ini!

1. Baik untuk Memblokir Energi Negatif

tanaman palem merahplantcaretoday.com

Menurut feng shui, berbagai jenis tanaman palem memang sangat dianjurkan ditanam di bagian halaman rumah, termasuk juga palem merah. Diyakini struktur tanaman palem yang tinggi besar ini ampuh menahan hawa negatif seperti posisi bangunan yang berseberangan dengan rumah ataupun tiang listrik. Untuk hasil yang maksimal, pastikan juga kamu menerapkan aturan feng shui rumah yang benar!

2. Membawa Keberuntungan atau Hoki

ilustrasi lambang keberuntungan dari palem merahastroclips.com

Nah, ini dia yang unik dari palem merah. Konon, palem merah pernah diberikan sebagai hadiah bagi sepasang pengantin Latin sebagai kado pernikahan. Kemudian, palem merah dibudidayakan dan dijadikan bisnis yang menguntungkan bagi pasangan tersebut. Dari kisah ini, palem merah sering dianggap sebagai tanaman yang membawa keberuntungan. Benar atau tidak, nggak ada salahnya, ‘kan menanam palem merah di rumah?

3. Jadi Lambang Kebahagiaan Rumah

ilustrasi kebahagiaan keluarga dari tanaman palem merahthinkaboutwealth.com

Dalam tradisi Tiongkok, warna merah memang identik dengan segala hal yang bersifat positif. Warna merah pada palem merah juga tergolong sangat cerah dan berkilau. Tak heran kalau kemudian palem merah dijadikan lambang kebahagiaan, apalagi bagi mereka yang memang suka dengan warna merah indah bercampur hijau. Mereka dapat sekaligus memanfaatkan filosofi warna di baliknya sebagai pembawa kebahagiaan.

4. Dipercaya Bisa Menangkal Bala

tanaman palem merah sebagai penangkal balaplantsnap.com

Dari pasangan latin hingga kepercayaan tradisi Tiongkok, ternyata palem merah juga punya makna penting bagi masyarakat Jambi. Palem merah dikenal sebagai maskot kota Jambi dengan khasiat menolak bala dan guna-guna. Banyak masyarakat Jambi yang menanam palem merah untuk menangkal malapetaka yang bisa menimpa penghuni rumah. 

5. Memperbaiki Kualitas Udara

batang tanaman palem merahgitacinta.com

Sebagai tanaman hijau yang tumbuh di dataran rendah, palem merah memiliki fungsi untuk memperbaiki kualitas udara di sekitar rumah. Sering digunakan sebagai penyaring udara, menanam palem merah bisa membantu penyerapan polusi, seperti formalin dan zat polutan lainnya yang bisa membahayakan kesehatan. 

6. Mengandung Zat yang Baik untuk Kesehatan

gambar buah tanaman palem merahhimakova.lk.ipb.ac.id

Palem merah juga bisa berbuah dan buahnya sering digunakan sebagai bahan minyak atsiri. Kandungan vitamin E dan karoten sebagai antioksidan di dalamnya sangat baik untuk melawan zat radikal bebas. Selain itu, penggunaan rutin juga bisa membantu  menjaga imunitas tubuh dan menghindarkan dari risiko serangan penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi sel.

7. Menjadi Bahan Dapur

ilustrasi pewarna makanan dari buah palem merahfoodhighs.com

Buah pada palem merah bisa dijadikan sebagai bahan pewarna makanan yang bersifat alami. Jadi, buat kalian yang suka memasak dengan bahan-bahan hasil budi daya sendiri, boleh nih memilih palem merah yang lebih unik dan beda dari pilihan tanaman biasa. 

8. Menghiasi Pekarangan agar Estetik

tanaman palem merah di depan rumahhawaiihomemag.com

Terakhir yang nggak kalah penting, palem merah dengan segudang manfaatnya juga sangat menarik dari segi visual. Dengan batang merah menjulang, daun palem merah bisa tumbuh subur dengan warna hijau yang sangat menenangkan. Seperti tanaman palem lainnya, palem merah bisa tumbuh baik pada berbagai karakteristik tanah, termasuk yang gersang sekalipun. 

Untuk membudidayakan tanaman palem merah di rumah, kamu cukup menanam dari bibit yang berkualitas yang bisa didapatkan di toko tanaman. Sediakan media tanah yang kualitasnya baik, lalu mulai saja tanam palem merah dengan pemupukan dan pengairan secukupnya. Pohon palem juga tergolong sangat minim perawatan, lho! Selamat menanam!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang multifungsi dan space-saving untuk membuat hunian kamu makin estetik dan efisien. Mulai dari jual meja makan, kursi makan, tempat tidur, rak buku, sofa, kasur, rak display, hingga jual kursi kantor yang ergonomis. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong.

Psst.. Dekoruma juga jual peralatan makan & minum untuk kebutuhan panganmu sehari-hari lho! Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah

Leave a Reply