6 Manfaat Memelihara Tanaman Kaktus di Rumah, Sudah Tahu?

Ragam Manfaat Menanam Tanaman Kaktus di Hunian

Siapa yang suka berkebun atau bercocok tanam? Hobi berkebun memang punya banyak nilai positif, termasuk juga memelihara tanaman kaktus.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memelihara tumbuhan berduri yang unik dan lucu ini di rumah. Tak tanggung-tanggung, manfaat tersebut bisa kamu rasakan mulai dari fisik hingga mental. Lalu, apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak pembahasan Kania mengenai enam manfaat memelihara tanaman kaktus berikut ini!

Memperbaiki Kualitas Udara di Dalam Ruangan

deretan tanaman kaktus dalam pothips.hearstapps.com

Kamu pasti tahu, ‘kan konsep pernapasan dalam tubuh yang mengonversi oksigen menjadi karbon dioksida atau dengan kata lain membuang racun dari dalam tubuh ke udara? Nah, kebanyakan tumbuhan, termasuk tanaman kaktus membutuhkan karbon dioksida sebagai bahan makanannya.

Oleh karena itu, tanaman kaktus bisa menyerap gas karbon di rumah dan sebagai gantinya mengeluarkan udara segar berupa oksigen baru di ruangan. Untuk kondisi ruangan yang pengap, tanaman kaktus bisa jadi penyaring udara yang cukup ampuh, lho!

Tidak hanya untuk karbon dioksida, tanaman kaktus juga bisa menyerap gas polutan lain, seperti nitrogen dioksida dan benzene. Semakin ramai tanaman kaktus, pasti udara di hunian jadi semakin fresh dan bersih!

Meningkatkan Kadar Happy

seorang wanita tersenyum lebar di tengah-tengah tanaman kaktuspinterest.com

Sudah banyak studi yang mengaitkan antara keberadaan tanaman hijau dengan tingkat emosional seseorang yang lebih baik dan bahagia. Untuk tanaman kaktus yang punya bentuk imut, banyak yang menggunakannya sebagai pereda stres dan penangkal depresi. Mencurahkan kasih sayang dan perawatan ke tanaman kaktus bisa dijadikan sebagai cara bikin happy yang efektif. 

Bisa Bikin Lebih Produktif

tanaman kaktus dengan pajangan gajah di atas meja kerjaworldofsucculents.com

Untuk kamu yang WFH, coba deh letakkan tanaman kaktus di area home office, misalnya di atas meja kerja. Warna hijau sering dikaitkan dengan tingkat produktivitas, energi, dan motivasi kerja. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, tapi manfaat tanaman kaktus ini juga bisa dirasakan oleh si kecil. Jadi, kalau mau mereka semakin fokus saat belajar dan tertarik pada dunia tanaman, letakkan saja tanaman kaktus di dalam ruang belajarnya.

Kepuasan Merawat Tanaman Hidup

seseorang sedang menyirami tanaman kaktuships.hearstapps.com

Tanaman kaktus bisa dijadikan hobi merawat tumbuhan bersama-sama dengan keluarga untuk menghasilkan efek puas yang berkepanjangan. Tanaman kaktus tergolong minim perawatan dan mudah tumbuh dengan baik. Jadi, tantangannya tidak terlalu berat untuk pemula atau anak-anak. Sambil belajar merawat tanaman kaktus, pasti ada pengalaman seru juga yang bikin kegiatan di rumah makin asyik. 

Tanaman Kaktus Bisa Membantu Penyembuhan

seseorang memegang keranjang berisi tanaman kaktuscactusway.com

Jangan heran kalau banyak rumah sakit suka menghadirkan taman hijau untuk dekorasi atau menyisipkan pot-pot di sekitar ruangan. Hal ini karena tanaman hijau, termasuk tanaman kaktus bersifat menenangkan sehingga bisa membantu penyembuhan. Jadi, tidak ada salahnya kamu coba memelihara tanaman kaktus di rumah untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga. 

Terapi Berkebun Keluarga

seseorang memegang duri tanaman kaktuscactusway.com

Memiliki tanaman kaktus di rumah bisa jadi solusi terapi bagi yang membutuhkan. Sama halnya dengan hewan peliharaan yang bisa menemani dan menjadi penyemangat, tanaman kaktus juga punya daya terapi yang serupa. Keunggulannya, merawat tanaman kaktus tidak akan serepot memelihara anjing atau kucing. 

Demikianlah enam manfaat memelihara tanaman kaktus di rumah. Jangan lupa pilih tanaman kaktus yang punya penampilan ceria, unik, dan bikin termotivasi. Sediakan juga seluruh peralatan untuk merawat tanaman kaktus. Selamat merasakan manfaat dari tanaman kaktus!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari dapur, tempat tidur, sofa, hingga rak sepatu. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

Leave a Reply