5 Cermin Multifungsi dan Manfaat Meletakkannya di Hunian

Keuntungan Menggunakan Cermin di Hunian Beserta Rekomendasi Produknya

Jangan pernah berpikir kamu nggak membutuhkan cermin di rumah hanya karena sudah bisa mematut diri lewat ponsel. Fungsi utama cermin memang untuk berkaca, tapi manfaatnya ketika kamu meletakkan perabotan yang satu ini di hunian jauh lebih besar!

Adanya cermin di rumah bahkan bisa membuat kamu merasa nyaman. Soalnya, cermin-cermin tersebut bisa menghadirkan keuntungan dari segi keindahan sampai fungsionalitas ruangan. Karena alasan-alasan inilah, banyak konsep desain interior rumah, mulai dari desain Japandi hingga klasik nggak pernah melewatkan cermin dalam pengaturan tata ruangnya.

Makin penasaran, sebenarnya apa sih manfaat meletakkan cermin di hunian selain untuk berkaca? Berikut Kania akan membagikan informasi mengenai ragam manfaat menaruh cermin di sudut rumahmu. Dijamin kamu nggak bakal ragu lagi menaruh cermin di tiap ruangan untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan di bawah ini!

Percantik Ruangan

kamar tidur japandi dengan dekorasi cermindekoruma.com

Pada dasarnya cermin adalah dekorasi ruangan yang fungsional. Selain bisa mempercantik ruangan, memasang cermin di salah satu sudut ataupun menggantungnya di tembok bisa sangat fungsional untuk mematut diri. Karena manfaatnya yang bisa mempercantik ruangan ini, kamu mesti hati-hati memilih cermin. Upayakan mencari cermin yang sesuai dengan desain interior yang kamu terapkan di hunianmu.

cermin Heim Studio MOKU Mirrordekoruma.com

Kalau rumahmu mengusung tema Japandi, kamu bisa mencari cermin gantung yang space-saving dengan warna-warna netral, seperti putih ataupun warna kayu. Contohnya cermin MOKU dari Heim Studio yang ukurannya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Laminasi kayu di kedua sisi cermin pun sangat menawan sehingga akan dengan mudah mempercantik kamarmu.

Uniknya lagi, cermin yang berbentuk persegi panjang ini bisa kamu gunakan dalam dua model, yaitu horizontal dan vertikal. Tinggal sesuaikan saja mana yang paling cocok dengan konsep ruangan.

Ruangan Tampak Lebih Luas dengan Cermin

fungsi cermin untuk membuat ruangan terlihat lebih luasdekoruma.com

Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada ruangan yang terlihat sumpek hanya dengan menambahkan cermin di ruangan tersebut. Pilihlah cermin tempel berukuran besar atau paling tidak standing mirror untuk menghadirkan ilusi ruangan yang lebih luas. Pastikan pula kamu menaruh cermin tersebut di area atau sudut yang strategis supaya ilusi luas ruangan yang tercipta bisa lebih besar!

cermin Heim Studio Kanou Standing Mirror - Whitedekoruma.com

Jangan berpikir kalau cermin besar akan mempersempit ruangan. Ada cermin Kanou dari Heim Studio yang berbentuk standing mirror dengan model ramping sehingga lebih space-saving. Model cermin Kanou tersedia dalam dua warna, yaitu putih dan cokelat muda. Pilihan-pilihan warna cermin ini pas banget untuk berbagai konsep interior ruangan, mulai dari Japandi, minimalis, ataupun modern.

Cahaya Ruangan Lebih Memadai

cermin besar di apartemen Japandi untuk memantulkan cahayadekoruma.com

Menaruh cermin di #SatuSudutDulu atau bahkan di beberapa sudut lainnya ternyata bisa juga berpengaruh ke pencahayaan ruangan, lho! Hunian-hunian yang memiliki beberapa cermin sebagai pelengkap dekorasi hampir bisa dipastikan memiliki pencahayaan yang lebih baik. Soalnya, cermin bisa membantu pemantulan cahaya dari lampu maupun cahaya alami melalui jendela. Hunianmu pun akan terlihat lebih terang dan pastinya lebih nyaman dihuni.

cermin Ezma Standing Mirror Hildadekoruma.com

Semakin besar cermin yang kamu taruh sebenarnya bisa memantulkan cahaya yang lebih maksimal. Namun, pastikan pula kamu memilih cermin yang space-saving supaya nggak membuat ruanganmu terlihat penuh.

Kalau bisa, pilihlah cermin yang juga bisa merangkap sebagai rak atau tempat penyimpanan, seperti cermin yang ditawarkan oleh Ezma melalui produk Standing Mirror Hilda. Selain cermin tanpa pinggiran, bagian penyangga standing mirror ini bisa dijadikan tempat penyimpanan untuk beberapa container berukuran kecil ataupun sedang.

Lebih Mewah dengan Cermin

desain ruang tamu Japandi dengan cermin bulatdekourma.com

Dengan menambahkan cermin, bahkan hanya di #SatuSudutDulu di rumahmu, tampilan hunian bisa mendadak lebih mewah. Hal ini berlaku juga saat kamu menaruh cermin di kamar mandi ataupun di bagian kamar rias. Tentunya supaya bisa terlihat mewah, kamu harus jeli memilih model cermin yang tepat.

Xavier Home Decor Cermin BEVERLYdekoruma.com

Nggak percaya? Coba deh pasang cermin Beverly dari Xavier Home Decor. Cermin ini punya desain minimalis dengan material dasar dari pipa besi yang kokoh dan kuat, tapi tetap terlihat elegan. Cocok banget buat kamu bersolek! Menaruhnya di kamar mandi ataupun kamar tidur adalah pilihan menarik untuk membuat tampilan ruangan setingkat lebih mewah.

Cermin Bisa Tutupi Kerusakan

penggunaan cermin gantung bundar di dalam kamar tidurdekoruma.com

Cermin di ruangan juga bisa menutupi kerusakan dinding ataupun noda parah yang sulit hilang dari dinding. Tentu saja sebaiknya kamu memilih cermin gantung untuk ditempelkan di dinding jika tujuanmu memasang cermin tersebut untuk menutupi kerusakan di tembok.

cermin Meublemont Louisa Round Mirror 55 - Antique Greydekoruma.com

Namun, jangan asal-asalan memilih cermin gantung. Pastikan cermin yang kamu pilih juga dapat mengakomodasi manfaat lainnya, mulai untuk bercermin sampai membantu mengoptimalkan pencahayaan ruangan. Cermin dengan bentuk unik seperti Meublemont Louisa Round Mirror berwarna antique grey bisa menjadi pilihan yang ideal karena cermin ini tidak hanya berfokus pada fungsi utama, tapi juga dekorasi.

Nggak ada ruginya memasang cermin di tiap ruangan di rumahmu. Justru sebaliknya, ketika kamu menambahkan cermin, beragam manfaat yang super menguntungkan di atas bisa kamu dapatkan. Kamu juga nggak perlu pusing mencari cermin yang tepat untuk hunianmu karena Dekoruma punya banyak pilihan cermin cantik yang bisa memberikan kamu banyak manfaat. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!

Leave a Reply