Ketahui 7 Manfaat Labu Kuning, Nggak Cuma untuk Kesehatan Tubuh Saja!

Ragam Khasiat Labu Kuning

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ‘kan dengan labu kuning? Sadar atau tidak, setiap orang pasti pernah melihat labu kuning sebagai hiasan halloween, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya labu kuning memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lho! Lalu apa saja sih manfaat labu kuning? Untuk selengkapnya, simak ulasan dari Kania di bawah ini, ya!

1. Meningkatkan Imun Tubuh

ilustrasi imun tubuhshutterstock.com

Khasiat labu kuning sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Hal ini karena labu kuning sangat kaya akan vitamin A yang bisa membantu sistem tubuhmu untuk melawan virus. Dengan demikian, kamu pun bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Tak hanya daging buahnya, minyak yang dihasilkan oleh labu kuning pun bisa membantu melawan infeksi jamur dan bakteri. Mengonsumsi labu kuning sama dengan mengonsumsi vitamin C sehingga tubuhmu akan jadi lebih sehat dan bisa cepat pulih saat terserang flu.

2. Menurunkan Tekanan Darah

seorang dokter memeriksa tekanan darah pasienshutterstock.com

Selain vitamin A dan C, labu kuning juga kaya akan kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan demikian, kamu pun bisa terhindar dari penyakit stroke, serangan jantung, batu ginjal, dan pengeroposan tulang yang sangat berisiko. Nah, selain labu kuning, kamu juga bisa mengonsumsi tomat, pisang, dan kentang yang juga mengandung kalium.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

mata indahshutterstock.com

Sama seperti wortel, labu kuning juga bermanfaat untuk menajamkan penglihatan matamu. Hal ini karena labu kuning mengandung beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuhmu. Vitamin A ini sangat baik untuk membantu retina mata dalam menyerap dan memproses cahaya yang masuk. Jangan anggap sepele, pasalnya fungsi retina mata yang menurun bisa mengakibatkan kebutaan, lho!

Tak hanya itu saja, labu kuning juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut mampu mencegah katarak mata dan juga memperlambat perkembangan degrenasi makula atau gangguan mata karena faktor usia.

4. Menjaga Kecantikan Wajah

wanita cantikshutterstock.com

Selain untuk kesehatan tubuh, labu kuning juga bermanfaat pada kecantikan kulit wajah, lho! Hal ini karena labu kuning sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan juga serta yang bisa membuat kulit wajahmu jadi lebih sehat, kenyal, dan lembut.

Kandungan antioksidan pada labu kuning sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan juga bisa mencegah radiasi dari sinar UV yang hampir setiap hari kamu temui. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi labu kuning, kamu pun akan tampak lebih muda.

5. Mencegah Kanker

pita pink kankershutterstock.com

Setiap orang pasti ingin terhindar dari penyakit kanker yang mematikan ini. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi labu kuning. Kandungan beta-karoten yang ada pada labu kuning juga bisa membantu tubuhmu melawan kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru. Sementara itu, kandungan vitamin A dan C yang ada dalam labu kuning juga berperan sebagai pelindung sel dalam tubuhmu dalam melawan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

seorang pria dengan jantung sehatshutterstock.com

Selain aneka kandungan yang sudah disebutkan sebelumnya, labu kuning juga mengandung magnesium, karotenoid, dan folat. Ketiga kandungan tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan jantungmu.

Kandungan magnesium yang ada di dalam labu kuning berperan sebagai relaksan pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung serta stroke. Labu kuning juga bisa mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu keadaan pembuluh darah arteri mengeras yang disebabkan oleh penumpukkan lemak pada dinding pembuluh dalamnya.

7. Menurunkan Berat Badan

seseorang sedang menimbang berat badanshutterstock.com

Manfaat labu kuning yang terakhir ini mungkin bisa menjadi solusi tepat untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebih. Labu kuning sangat tinggi serat dan juga rendah kalori serta karbohidrat sehingga sangat baik dijadikan menu sehat untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi pada labu kuning bisa membuat kamu merasa kenyang saat mengonsumsinya. Nah, karena sudah merasa kenyang, kamu pun jadi enggan untuk memakan aneka camilan yang menggoda dan bisa membuat berat badan naik.

Gimana, setelah melihat manfaat labu kuning di atas, tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak mengonsumsi labu kuning ‘kan? Yuk, sama-sama mulai hidup sehat dengan mengonsumsi labu kuning!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma! Kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah, seperti furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi, lho! Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply