9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan yang Nggak Disangka

Ragam Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Pernah makan sayur jantung pisang nggak? Sebagian orang mungkin masih asing banget sama olahan makanan ini. Namun, beberapa di antara kamu pasti pernah mengonsumsinya, bukan?

Memang bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, tapi berbagai bagian lain dari pohon pisang juga bisa dimanfaatkan, salah satunya bagian jantung pisang. Kalau dijadikan tumisan, jantung pisang bisa buat kamu ketagihan karena rasanya yang unik dan lezat.

Nggak cuma menggoda dari segi rasa, olahan jantung pisang juga sangat baik buat kesehatanmu. Berbagai manfaat kesehatan mungkin nggak pernah kamu sangka-sangka bisa diperoleh dari jantung pisang. Untuk itu, Kania sudah merangkum 9 manfaat jantung pisang untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya bersama!

Pencernaan Lebih Lancar

manfaat jantung pisang untuk pencernaantimehealth.co.uk

Selama ini kamu sering punya masalah pencernaan, seperti sembelit, wasir, atau maag? Coba deh konsumsi jantung pisang. Soalnya, jantung pisang kaya akan serat tidak larut air. Adanya serat ini bisa membuat pencernaanmu lebih lancar sehingga masalah pencernaan, mulai dari maag sampai sembelit nggak akan sering mengganggumu lagi.

Altenatif untuk Diet

manfaat jantung pisang untuk menjaga berat badan idealselfhack.com

Jantung pisang punya berbagai hal yang dibutuhkan orang-orang untuk menurunkan berat badan. Selain kaya serat yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, jantung pisang juga  hanya mengandung sedikit lemak. Dalam tiap 100 gram jantung pisang, kandungan lemaknya cuma 1,2 gram. Artinya, olahan sayuran ini nggak akan membuat berat badan kamu langsung bertambah banyak. Cocok banget buat kamu yang ingin mengonsumsi makanan bergizi untuk menemani diet. Jangan lupa maksimalkan juga dengan aneka makanan yang rendah kalori, ya!

Jantung Pisang Kontrol Gula Darah

manfaat jantung pisang untuk cegah diabetesmedicinaysaludpublica.com

Buat kamu yang punya masalah kadar gula darah tinggi nggak perlu takut mengonsumsi olahan jantung pisang. Bagian dari pohon pisang ini diketahui memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Nggak cuma mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, jantung pisang juga bisa dijadikan alternatif untuk mencegah diabetes.

Kurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

manfaat jantung pisang untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan strokestartsat60.com

Serat tinggi yang ada dalam jantung pisang sangat berefek positif untuk kelancaran peredaran darah. Ini karena serat tinggi mampu menghalangi pembentukan plak-plak dalam pembuluh darah yang berpotensi menimbulkan serangan jantung maupun stroke.

Usir Penyakit Malaria

manfaat jantung pisang untuk atasi malariabelmarrahealth.com

Jantung pisang punya kandungan etanol yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri patogen di tubuhmu. Berbagai infeksi pun bisa dicegah dengan kandungan tersebut. Bahkan, dalam pengobatan tradisional, rebusan air jantung pisang yang mengandung etanol kerap dijadikan obat untuk mengatasi infeksi nyamuk yang menyebabkan malaria. Nah, kalau untuk mencegah penyakit malaria sendiri, pastikan kamu tahu cara mengusir nyamuk yang tepat di rumah!

Anemia Teratasi dengan Jantung Pisang

manfaat jantung pisang untuk atasi anemiahonestdocs.id

Sering cepat lelah dan merasa pusing karena anemia? Coba deh konsumsi olahan jantung pisang. Ternyata, jantung pisang cukup banyak mengandung zat besi yang dapat membantu produksi sel darah merah. Produksi sel darah membaik, anemia pun bisa cepat teratasi.

Menstruasi Lancar dan Bebas Nyeri

manfaat jantung pisang untuk atasi nyeri saat menstruasimakatimed.net.ph

Buat perempuan, manfaat jantung pisang yang satu ini penting banget. Jantung pisang dapat meningkatkan kadar hormon progesteron dan mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi. Mengonsumsi jantung pisang secara rutin dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar dan bebas nyeri.

Jantung Pisang Sebagai Mood Booster

manfaat jantung pisang sebagai mood bosster6dimensionsofhealing.com

Nggak cuma buat kesehatan fisik, jantung pisang juga baik untuk kesehatan mentalmu. Jantung pisang bisa menjadi mood booster yang mengurangi tingkat stres dan kecemasanmu. Jadi, risiko depresi bisa diminimalkan sebab suasana hati lebih baik.

Pilihan Cegah Kanker

manfaat jantung pisang untuk mencegah kankerthewowstyle.com

Jantung pisang juga punya kandungan flavonoid dan zat metanol yang dapat meminimalkan efek radikal bebas. Manfaatnya apa? Banyak banget! Salah satu yang paling penting dari mencegah efek radikal bebas adalah menghalangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Apakah kamu tertarik mencoba jantung pisang untuk memperoleh berbagai manfaat kesehatannya? Cobalah untuk menjadikannya sebagai tumisan yang dilengkapi nasi hangat. Kamu bisa ketagihan, lho!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat dan menarik lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Mulai dari meja TV, sofa bed, rak dinding, hingga tempat tidur yang dilengkapi storage, semuanya ada! Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply