8 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan, Kamu Sudah Tahu?

Khasiat Garam Epsom Bagi Kesehatan Tubuh

Pernah mendengar atau melakukan sendiri berendam dengan garam? Pastinya garam yang digunakan sebagai campuran air mandi tersebut nggak sama dengan garam dapur yang biasa kamu pakai untuk campuran bahan makanan. Garam untuk campuran mandi dan berendam dikenal sebagai garam epsom. Alih-alih punya rasa asin, jenis garam yang satu ini justru pahit ketika kamu sentuhkan ke lidah.

Garam epsom sejatinya adalah garam laut biasa, tapi telah diberi campuran magnesium sulfat dan oksigen. Bukan tanpa alasan orang-orang suka menggunakan garam epsom buat mandi. Soalnya, garam ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Cukup merendamkan tubuh ke air yang telah diberi campuran garam epsom, berbagai khasiat kesehatan yang sudah Kania rangkum di bawah ini bisa kamu dapatkan! Kira-kira, ada tidak ya manfaat garam epsom yang sudah kamu tahu sebelumnya? Yuk, langsung saja simak bersama!

Garam Epsom Buat Tidur Nyenyak  

manfaat garam epsom untuk tidur lebih nyenyakalzdiscovery.org

Berendam dengan air hangat yang dicampur garam epsom  di dalam bathtub sebelum tidur bisa membuat kualitas tidurmu lebih baik! Ini karena larutan garam epsom yang mengandung magnesium dapat membantu tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon inilah yang ampuh membuat kamu mengantuk saking rileksnya.

Maka dari itu, orang-orang dengan gangguan tidur, seperti insomnia ataupun susah untuk deep sleep, sangat direkomendasikan untuk memakai garam epsom. Namun, pastikan juga kamu tidur di atas kasur yang nyaman agar makin pulas, ya!

Nyeri Otot Berkurang Seketika!

manfaat garam epsom untuk meredakan nyeri ototpost.naver.com

Merasa pegal-pegal sehabis olahraga? Biasanya itu terjadi karena otot dan sendi yang masih tegang. Nggak jarang akhirnya orang-orang merasakan nyeri otot maupun sendi karena penegangan tersebut. Banyak cara untuk mengatasinya. Mandi dengan garam epsom pun diyakini dapat membuat nyeri otot maupun sendi berkurang seketika. Berminat mencobanya?

Stres Reda dengan Garam Epsom

manfaat garam epsom untuk meredakan tingkat strespinterest.com

Jangan ragu untuk berendam dan bersantai dengan air hangat yang dicampur garam epsom jika kamu sedang banyak pikiran. Soalnya, garam epsom termasuk mujarab untuk meredakan tingkat stres. Magnesium yang terkandung di dalam garam epsom inilah yang membantu otak menghasilkan neurotransmitter, sekaligus membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang membuat kamu lebih rileks. Alhasil, stres tingkat tinggi pun akan hilang!

Bantu Atasi Sembelit

manfaat garam epsom untuk atasi sembelitshutterstock.com

Pencernaan kamu juga bisa membaik dengan penggunaan garam epsom yang tepat, lho! Garam epsom disebut-sebut ampuh membantu mengatasi masalah sembelit yang mengganggu. Jadi, buat kamu yang sulit buang air besar atau bahkan biasanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, coba deh memanfaatkan garam epsom.

Kamu hanya perlu minum secangkir air yang sudah dicampur sekitar 2 sendok teh garam epsom. Ini akan membantu menarik air ke rongga usus sehingga pergerakan usus lebih lancar dan feses menjadi lebih lunak. Campuran air dengan garam epsom memang pahit, tapi khasiatnya pantas dicoba!

Jadi Lebih Jarang Sakit

manfaat garam epsom untuk meningkatkan daya tahan tubuhdam.northwell.edu

Kalau kamu termasuk yang senang berendam dengan air hangat yang sudah dicampur garam epsom, pasti kamu termasuk salah satu orang yang jarang sakit. Soalnya, berendam dengan garam epsom bisa meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, paparan virus dan bakteri bisa dihalau lebih mudah oleh tubuh, tanpa menghadirkan infeksi.

Digigit Serangga? Garam Epsom Juga Bisa Redakan Gatal!

manfaat garam epsom untuk redakan gatal akibat gigitan seranggabusinessinsider.in

Siapa yang suka kesal kalau digigit nyamuk atau serangga lainnya dan nggak kuat sama rasa gatalnya? Coba deh bilas bagian kulit yang habis digigit serangga menggunakan campuran air hangat dan garam epsom yang perbandingannya 1:1. Dijamin, rasa gatal akibat gigitan serangga akan langsung berkurang. Namun, walaupun sudah tahu manfaat ini, tetap pastikan kamu menerapkan cara mengusir nyamuk yang tepat agar terhindar dari gigitannya yang mengganggu, ya!

Garam Epsom Atasi Kulit Terbakar

manfaat garam epsom untuk meredakan kulit terbakar karena panas mataharinaturalneatelier.eu

Nggak perlu risau lagi kalau kulit mulai terbakar karena panas matahari. Berendam dengan air hangat yang dicampur garam epsom bisa jadi solusi untuk mengatasi kulit yang terbakar panas matahari. Soalnya, garam epsom punya sifat anti inflamasi yang kuat sehingga peradangan akibat panas yang membuat kulit menjadi kemerahan bisa cepat memudar.

Rambut Lebih Tebal dan Terawat

manfaat garam epsom untuk rambutflorida-academy.edu

Untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan terawat, manfaat garam epsom pun harus kamu coba. Keramas menggunakan larutan garam epsom dipercaya mampu meningkatkan kelembapan kulit kepala sekaligus meningkatkan sirkulasi udara di kulit rambut. Alhasil, rambut jadi lebih sehat dan tampak lebih tebal.

Selain manfaatnya yang banyak, efek samping garam epsom yang bisa membuat pusing dan otot melemah nggak boleh disepelekan, ya! Supaya lebih aman, jika kamu termasuk yang senang berendam dengan larutan garam epsom, batasi waktu berendam hanya sekitar 15 menit! 

Temukan artikel dengan beragam informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving (hemat tempat) untuk hunianmu, lho. Kamu bisa menemukan rak dinding, sofa bed, tempat tidur, meja makan, hingga meja kerja. Modelnya pun beragam dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply