Tak Banyak Diketahui, Ini 10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan!

Khasiat Kesehatan dari Buah Delima

Buah delima, ini adalah salah satu buah favorit Kania yang manis, juicy, dan serba sehat. Dikenal juga dengan istilah pomegranate, buah delima nggak cuma enak, tapi juga kaya akan berbagai manfaat kesehatan.

Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membahas apa saja khasiat yang bisa kamu dapatkan dari buah delima. Daripada makin penasaran, langsung saja cek di bawah ini, yuk!

1. Sebagai Antioksidan

manfaat buah delima sebagai antioksidanallaboutfeed.net

Buah delima dikenal dengan warna merah alaminya yang kontras. Warna tersebut juga diperoleh dari kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol diketahui sebagai zat yang ampuh bekerja sebagai antioksidan atau penawar racun. Besar kandungan polifenol dalam buah delima mencapai 3 kali lipat lebih banyak dari buah lain.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

kandungan vitamin C pada buah delimasolidstarts.com

Biar imun sehat, tubuh manusia memerlukan suplai vitamin C setiap harinya. Buah delima dapat memenuhi kebutuhan vitamin C kita hingga 40% dari jumlah total kebutuhan vitamin C per hari. Namun, ini berlaku asalkan buah delima dihidangkan secara fresh dan tanpa proses penambahan gula dan sebagainya, ya!

3. Mencegah Kanker

manfaat buah delima untuk cegah kankernewscientist.com

Riset menunjukkan buah delima mengandung zat yang berpotensi memerangi dan mencegah sel kanker prostat, meskipun proses penelitian untuk menggali fakta tersebut masih berlanjut hingga kini. Namun, tidak ada salahnya kita tetap rajin mengonsumsi buah delima, bukan?

4. Perlindungan dari Risiko Alzheimer

manfaat buah delima untuk mencegah Alzheimerthecalifornian.com

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, buah delima sangat ampuh dalam melindungi fungsi otak dan ingatan manusia. Kemampuan buah delima tersebut dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit Alzheimer yang menyerang sistem saraf dan ingatan manusia.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

manfaat buah delima untuk jaga pencernaanpinterest.com

Risiko radang usus dan pencernaan yang buruk juga dapat diatasi apabila sering mengonsumsi buah delima. Buah ini sangat dianjurkan untuk dinikmati para penderita penyakit Crohn, radang usus besar, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

6. Sebagai Anti Radang

manfaat buah delima sebagai antiradanghealthline.com

Jus buah delima sangat bermanfaat dalam mencegah peradangan pada seluruh tubuh kita. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, ia dapat membantu meringankan stres yang diakibatkan proses produksi radikal bebas yang tidak seimbang pada tubuh kita. 

7. Mengatasi Artritis

manfaat buah delima untuk atasi artritisdietaesfitnesz.hu

Radang sendi yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda artritis. Dengan kandungan flavonoid yang tinggi, buah delima sangat membantu memerangi pembengkakan yang dapat mengakibatkan sindrom artritis dan luka pada otot sendi. Para peneliti juga sedang mengembangkan studi untuk mencari tahu manfaat buah delima untuk penyakit otot lain, seperti rematik, berbagai jenis artritis, bahkan osteoporosis.

8. Mengatasi Penyakit Jantung

manfaat buah delima untuk kesehatan jantungmedovita.pl

Buah delima terkenal sebagai buah yang sangat baik bagi para penderita gangguan fungsi jantung. Buah delima mampu melancarkan peredaran darah dalam nadi dan mencegah kekakuan pembuluh arteri. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencegah penyumbatan akibat kolesterol dalam darah.

Namun, harus diingat dan diperhatikan bahwa buah delima diketahui memiliki kontraindikasi dengan beberapa zat yang terkandung dalam obat kolesterol dan jantung. Bagi yang rutin mengonsumsi obat penurun kolesterol, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambah buah delima ke dalam pola makan sehari-hari, ya!

9. Menjaga Tekanan Darah

manfaat buah delima untuk menjaga tekanan darahonlinefirstaid.com

Meminum satu gelas jus buah delima secara rutin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah “atas” atau sistolik yang berlebihan. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa buah delima jadi yang paling baik dikonsumsi untuk kamu yang sayang jantung. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter atau ahlinya, ya!

10. Sebagai Antiviral

manfaat buah delima sebagai antiviralspringernature.com

Seperti halnya Vitamin C dan E, jus buah delima termasuk dalam jajaran makanan yang sangat baik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Di saat pandemi ini, sering-seringlah mengonsumsi buah delima untuk menangkal bahaya virus yang berkeliaran. 

Nah, itu dia 10 manfaat buah delima yang wajib kalian ketahui. Sebagai salah satu buah yang paling nikmat, buah delima ini memang agak sulit didapatkan. Namun, khasiatnya sangat banyak dan baik bagi keluarga. Yuk, mulai hunting buah delima saat belanja ke supermarket!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur dan perabotan rumah, lho. Furniturnya pun tersedia dalam berbagai model, serta multifungsi dan juga space-saving alias hemat tempat. Di antaranya ada tempat tidur, meja TV, sofa bed, lemari pakaian, kabinet dapur, hingga meja kerja dan penyimpanan kantor.

Ada juga dekorasi kekinian yang fungsional, seperti karpet, tirai, cermin, dan lampu gantung. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply