5 Manfaat Air Bagi Manusia untuk Tingkatkan Gaya Hidup Sehat

Mengenal Manfaat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Air adalah sumber kehidupan untuk semua mahkluk hidup di bumi, termasuk manusia. Berbeda dengan mahkluk hidup lainnya, penggunaan air oleh manusia sangat beragam untuk melakukan aneka kegiatan sehari-hari dan meningkatkan gaya hidup sehat.

Lalu, apakah kamu tahu apa saja manfaat air bagi kehidupan manusia? Untuk lebih jelasnya, mari simak 5 manfaat air bagi manusia yang sudah Kania rangkum di bawah ini!

Mandi

manfaat air untuk kegiatan mandi dengan produk Panasonicpanasonic.com

Manfaat air yang paling umum adalah untuk kegiatan mandi atau membersihkan tubuh. Posisi air dalam kegiatan ini hampir tidak bisa digantikan dengan elemen lain. Saat menggunakan tisu basah sekalipun, belum tentu keringat dan kuman bisa hilang secara menyeluruh. Kalau sudah mandi dengan sabun dan air bersih, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan sehat karena tidak ada lagi kuman atau bakteri yang menempel.

Mencuci Baju dan Peralatan Makan

manfaat air untuk mencuci piringshutterstock.com

Baju dan peralatan makan harus dalam keadaan bersih setiap kali akan digunakan. Hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dan virus masuk ke dalam tubuh. Namun, supaya manfaat air ini terwujud, air yang digunakan harus dalam keadaan bersih. Dengan demikian, hasil cucian tidak berbau serta benar-benar bebas dari kuman dan virus. Tentu manfaat air ini akan menghindarkan kamu dan keluarga dari sumber penyakit. Gaya hidup sehat pun dapat tercapai!

Pengairan

manfaat air untuk pengairan lingkunganshutterstock.com

Manfaat air berikut ini sangat berharga untuk area sawah dan perkebunan, bahkan juga di taman rumahmu. Biasanya, air dialirkan ke area tersebut dengan jalur khusus supaya dapat digunakan oleh tanaman untuk berfotosintesis. Tanaman-tanaman akan tumbuh sehat dan siap panen untuk dinikmati oleh manusia. Sebut saja seperti beras, kayu pohon, atau yang bisa dihasilakan di rumah seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Manfaat air sebagai pengairan ini tidak harus jernih, asalkan bebas dari zat kontaminan saja sudah cukup.

Pembangkit Listrik Tenaga Air

manfaat air sebagai pembangkit listrik tenaga airshutterstock.com

Sering menggunakan listrik, tapi sudah tahu belum asal energi tersebut dari mana? Ya, salah satunya berasal dari air! Manfaat air yang satu ini dikenal juga sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi potensial yang dimiliki air terjun atau bendungan diubah menjadi energi mekanik menggunakan turbin. Lalu, diubah menjadi energi listrik dengan bantuan generator. Luar biasa, ya manfaat air yang satu ini?

Sumber Air Minum yang Sehat

manfaat air untuk kesehatan tubuhshutterstock.com

Kalau manfaat air yang satu ini pasti sudah kamu ketahui dan dilakukan setiap saat. Minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat air yang diminum untuk kesehatan pun ada banyak, di antaranya adalah:

  • Mencegah dehidrasi
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menetralisir racun
  • Melembapkan kulit
  • Mempercepat proses penyembuhan ketika sakit
  • Mencegah sembelit dan batu ginjal
  • Mengurangi lemak berlebih
  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Manusia sendiri disarankan untuk minum 8 gelas air mineral setiap harinya. Bagi orang yang menjalani gaya hidup sehat, air berada di daftar konsumsi paling atas, lho!

Terapkan Gaya Hidup Sehat Bersama Panasonic

produk Panasonic Water Dispenserpanasonic.com

Bicara soal manfaat air sebagai asupan minuman, pastinya kamu ingin mendapatkan air minum yang sehat dan berkualitas, ‘kan agar kondisi tubuh tetap fit dan prima untuk melakukan aktivitas sehari-hari? Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan dispenser air yang juga berkualitas dengan berbagai fitur pendukung, seperti Water Dispenser dari Panasonic dengan seri Basic NY-WDB73MAK1, serta seri Deluxe NY-WDB83MAW1 dan NY-WDB83MAK1.

Keunggulan Panasonic Water Dispenser adalah memiliki fitur Ozone Cleaning Technology yang dapat menekan pertumbuhan bakteri 86% dan tetap menjaga pH air minum, serta dapat menghilangkan rasa yang tidak enak pada air. Fitur ini terdapat pada Water Dispenser Model Deluxe Ozone. Sedangkan pada Water Dispenser Model Basic, pintunya dilengkapi dengan stainless steel yang tidak mudah tergores, kuat dan tahan lama, serta tidak meninggalkan bekas bercak air pada pintu stainless steel-nya.

tampak depan Water Dispenser Panasonicpanasonic.com

Water Dispenser Panasonic juga dilengkapi dengan lampu penerangan, lampu indikator level air, kunci pengaman anak, serta pengaman ganda untuk melindungi panas berlebihan. Untuk urusan air panas, Water Dispenser Panasonic juga punya keunggulan, di mana waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air secara maksimal hanya 12 menit saja.

Kapasitas tangki air Water Dispenser Panasonic ini mencapai 4 liter. Itu artinya, ketika dispenser tidak terhubung dengan listrik, kamu tetap dapat menikmati air minum sebanyak 4 liter yang setara dengan 6 cangkir air panas dan 8 cangkir air dingin.

Sudah siap menikmati manfaat air untuk meningkatkan gaya hidup sehat bersama Water Dispenser Panasonic? Awali harimu dengan minum air putih, Panasonic Water Dispenser #Sehatnya Untuk Semua.

Leave a Reply