Ini Dia 7 Keuntungan Memajang Tanaman Hias dan Vas di Hunian!

Merasa buntu karena melihat dekorasi ruangan kurang menarik? Cobalah untuk memajang tanaman hias & vas di dalam hunian, baik itu di ruang tamu, ruang makan, atau di ruang-ruang lain. Pasti kamu akan tersenyum karena menemukan jawaban yang pas terkait pilihan dekorasi yang ciamik untuk hunianmu.

Memajang tanaman hias & vas di hunian memang bisa membuat interior rumah kamu menjadi berwarna. Bukan cuma itu, beberapa keuntungan dari memajang tanaman hias & vas juga bisa membuat kesehatanmu lebih baik. Tidak percaya?

Ini dia beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan saat memajang tanaman hias & vas sebagai dekorasi rumah! Setelah mengetahuinya, kamu pasti langsung ingin menambah dekorasi tanaman hias & vas di hunianmu!

Suasana Lebih Teduh dengan Tanaman Hias & Vas

Memajang tanaman hias & vas di dalam rumah dijamin bisa membuat rumahmu terasa lebih teduh. Banyak orang menganggap bahwa nuansa hijau yang ada di tiap tanaman hiaslah yang membuat keuntungan ini bisa diperoleh.

Hal tersebut ada benarnya karena unsur warna hijau pada tanamanlah yang membuatnya bisa berfotosintensis. Proses fotosintesis ini membuat tanaman mengeluarkan uap air ke udara dan inilah yang akhirnya membuat suhu ruangan lebih dingin dan suasana lebih teduh. Karena alasan ini pula, sebaiknya kamu memajang aneka jenis tanaman hias & vas di dekat jendela agar bisa mendapat sinar dan proses fotosintesisnya tetap maksimal.

Tanaman Hias & Vas Juga Bisa Hangatkan Suhu

Selain bisa membuat suasana rumah lebih teduh dan suhu lebih adem, memajang tanaman hias & vas di rumah juga bisa membantu menghangatkan ruangan, lho! Ini akan sangat berguna khususnya bagi kamu yang tinggal di daerah dingin ataupun saat musim hujan tengah melanda.

Kamu pasti penasaran, ‘kan bagaimana bisa tanaman hias & vas membuat udara di rumah menjadi lebih hangat? Simpel saja, memajang tanaman hias di ruangan membuat area rumah menjadi lebih lembap. Kelembapan yang meningkat inilah yang pada akhirnya bisa menahan lebih banyak panas sehingga suhu ruangan terasa lebih hangat.

Tanaman Hias & Vas Bantu Bersihkan Udara Ruangan

Yakin udara di rumahmu bersih? Tahu tidak, udara di rumah justru cenderung kotor karena banyaknya kandungan senyawa kimia berjenis volatil yang berasal dari aneka perabotan rumah tangga, seperti dari karpet, bahkan cat dinding rumah.

Senyawa inilah yang sangat mengganggu kualitas udara dalam ruangan. Nah, tanaman hias & vas yang ditaruh di dalam rumah bisa menghilangkan hampir 80 persen senyawa volatil dari ruangan sehingga udara lebih bersih dan kesehatanmu pun dapat lebih terjaga.

Ruangan Lebih Tenang karena Tanaman Hias & Vas

Memajang tanaman hias & vas sangat dianjurkan kalau kamu tinggal di hunian yang areanya cukup bising, seperti di apartemen ataupun rumah yang berlokasi dekat dengan jalan raya. Soalnya, tanaman ternyata memiliki kemampuan untuk menyerap suara. Alhasil, suara bising dari sekitar hunian bisa diredam dan ruangan pun terasa lebih tenang.

Namun, untuk mendapatkan manfaat ruangan yang lebih tenang dengan tanaman hias & vas, kamu perlu lebih selektif dalam memilih jenis tanaman. Pilihlah tanaman dengan ukuran daun yang lebih lebar dan kerapatan daun yang lebih kecil agar peredaman suara dapat lebih efektif.

Mood Membaik dengan Melihat Tanaman Hias & Vas

Mendekorasi rumah dengan tanaman hias & vas juga sangat baik untuk memperbaiki suasana hati. Tidak jarang suasana rumah yang memiliki pajangan taman hias & vas akan terasa lebih menyenangkan daripada hunian yang tidak memiliki dekorasi tanaman hias & vas.

Lagi-lagi ini bukan sugesti. Kenyataannya, tanaman hias mengandung mikroba kecil bernama outdoorphins. Mikroba ini memiliki sifat anti depresan sehingga membuat suasana hati orang-orang yang melihat atau dekat dengan tanaman hias jadi lebih baik.

Tanaman Hias & Vas Usir Cemas dan Kesepian

Adanya mikroba outdoorphins yang cenderung dimiliki oleh tiap tanaman bukan hanya membuat suasana hatimu lebih baik. Pada akhirnya, ini juga akan berpengaruh pada tingkat stres yang menurun.

Buat kamu yang sering cemas atau merasa kesepian di rumah, wajib banget memajang tanaman hias & vas yang kamu suka. Ini akan menjadi terapi untuk membuat perasaanmu lebih tenang sehingga rasa cemas maupun kesepian bisa terusir secara perlahan. Nggak percaya? Coba saja langsung mendekorasi ulang hunianmu dengan tambahan tanaman hias & vas!

Tanaman Hias & Vas Tunjang Produktivitas

Kalau akhir-akhir ini kamu merasa lesu dan kurang produktif, mungkin ada yang salah dengan dekorasi hunianmu. Coba deh mengatur ulang dekorasi rumah dengan menambahkan tanaman hias & vas sesuai pilihanmu. Dijamin, produktivitas yang tersendat bisa lebih lancar kembali.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa tanaman hias bisa menunjang dan meningkatkan produktivitas sampai 70 persen. Karena alasan inilah, makin banyak kantor yang menambah dekorasi tanaman hias & vas di ruangan-ruangan kerja. Kalau di kantor saja tanaman hias & vas bisa jadi hiasan menarik yang menunjang produktivitas, pastinya di hunianmu juga bisa! Tinggal letakkan saja di atas meja kerja.

Tips Memilih dan Menaruh Tanaman Hias & Vas Dalam Ruangan

Jika ingin merasakan berbagai keuntungan dari memajang tanaman hias & vas, tentunya kamu nggak boleh asal-asalan dalam memilih dan menaruhnya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tanaman hias & vas guna menghiasi interior rumahmu supaya kamu pun bisa merasakan berbagai keuntungannya secara optimal!

  • Taruh di Tengah Meja
    Kalau kamu memilih pot sebagai wadah tanaman, kamu bisa menaruh tanaman hias tersebut di sudut ruangan. Namun, kamu kamu tipe yang lebih suka mengombinasikan tanaman hias & vas dengan ukuran yang cukup mungil, tempat terbaik untuk menaruhnya adalah di tengah meja. Kamu bisa menaruh tanaman hias & vas tersebut di meja tamu sampai di meja makan untuk menciptakan suasana hangat dan meredam kebisingan.
  • Hindari Tanaman Berdaun Lancip
    Pernah tidak kamu merasa lelah ketika memandangi suatu tanaman hias & vas? Bisa jadi karena daun tanaman yang terpajang memiliki bentuk yang lancip. Tipe daun yang lancip membuat otot mata lebih berkontraksi ketika melihatnya sehingga kamu akan cepat merasa lelah. Karena alasan inilah, kebanyakan tanaman hias dalam ruangan dipilih yang tidak berdaun lancip.
  • Berani Bermain dengan Warna
    Memajang tanaman hias & vas sebagai dekorasi rumah nggak melulu harus mengandalkan tanaman berdaun hijau. Daun hijau memang membuat fotosintesis lebih optimal sehingga suasana rumah yang lebih teduh bisa diperoleh. Namun, fotosintesis juga bisa dilakukan oleh tanaman dengan warna lain, kok! Apalagi, kamu juga bisa menggunakan tanaman hias artifisial.
    Malahan dengan memajang tanaman hias & vas yang warnanya lebih berani, seperti ungu ataupun merah, kamu bisa mendapatkan suasana rumah yang lebih estetik. Dengan begitu, kamu pun makin betah di rumah.
  • Rutin Lakukan Rotasi
    Jangan karena tanaman hias & vas sudah terpajang apik di dalam ruangan, lalu kamu membiarkannya tetap di tempat yang sama untuk jangka waktu bertahun-tahun. Ini hanya akan membuat tanaman hiasmu cepat mati.
    Kalaupun menggunakan tanaman hias artifisial, kamu pasti akan cepat merasa bosan jika posisinya tidak diubah. Maka itu, mulailah untuk rutin melakukan rotasi letak tanaman hias, setidaknya dua minggu sekali ke luar ruangan atau area lainnya. Kemudian, kembalikan lagi ke dalam rumah dalam jangka waktu yang sama.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa kamu peroleh, nggak ada alasan buat kamu menolak memajang tanaman hias & vas di dalam rumah, ‘kan? Kamu bisa memilih tanaman hias dengan bentuk daun ataupun bunga yang kamu suka. Perihal vasnya, kamu pun bisa memilih yang modelnya cantik dengan aneka warna sesuai selera. Yuk, langsung saja temukan tanaman hias & vas favoritmu di Dekoruma! 

Leave a Reply