Kenali 6 Keunikan Rumah Panjang, Rumah Adat dari Kalimantan Barat

Mengenal Rumah Panjang dari Kalimantan Barat

Bercermin dari kekayaan budaya Indonesia, tidak ada salahnya mengambil inspirasi dari rumah adat untuk interior modern milikmu. Salah satunya adalah Rumah Panjang dari Kalimantan Barat yang memiliki banyak keunikan.

Pasti kamu penasaran, ‘kan apa saja keunikannya? Yuk, kenalan dengan Rumah Panjang lebih dalam bersama Kania di bawah ini!

1. Panjang dan Luas yang Fantastis

fasad rumah panjang Kalimantan Baratgoogle.com

Rumah Panjang merupakan rumah adat suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat dengan ukuran yang fantastis, yaitu panjang 138 meter dan tinggi 7 meter. Bahkan, ada Rumah Panjang yang ukurannya mencapai 300 meter, lho!

Sebagai perbandingan, ukuran standar lapangan sepak bola adalah sekitar 105 x 68 meter. Jadi, bisa dibilang rumah adat ini lebih panjang daripada sebuah lapangan sepak bola. Sementara itu, lebar Rumah Panjang adalah setengah dari ukuran standar lapangan sepak bola. Kebayang, ‘kan luasnya Rumah Panjang?

2. Bentuk Panggung dengan Atap Pelana

fasad depan rumah panjang Kalimantan Barattwitter.com

Rumah Panjang mempunyai ciri-ciri berbentuk panggung dan pastinya memanjang. Selain itu, model atap yang digunakan adalah pelana. Pada suku Dayak tertentu, pembuatan rumah ini harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti bagian hulunya harusnya searah dengan matahari terbit dan sebelah hilirnya ke arah matahari terbenam.

Hal tersebut dianggap sebagai simbol dari kerja keras untuk bertahan hidup, mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Meski sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah, Rumah Panjang tetap menjadi rumah yang bernilai tinggi dan banyak mengandung makna bagi masyarakat Dayak. 

Dengan mendiami Rumah Panjang dan menjalani segala proses kehidupan di tempat tersebut, menunjukkan bahwa mereka juga memiliki naluri untuk selalu hidup bersama dan berdampingan dengan warga masyarakat lainnya. Unik banget, ya?

3. Jumlah Ganjil pada Anak Tangga

tangga pada rumah panjang Kalimantan Baratblogspot.com

Rumah Panjang sering ditandai dengan jumlah anak tangga yang ganjil dan berukuran lebar. Terdapat tiga tangga rumah utama dengan standar sekitar 1-1,2 meter. Nah, buat kamu yang terinspirasi dengan Rumah Panjang, boleh banget mencoba gaya anak tangga berjumlah ganjil di rumah.

4. Bersifat Komunal

tampak depan rumah panjang Kalimantan Baratgoogle.com

Rumah Panjang bisa dihuni banyak keluarga, bahkan bisa mencapai hingga 60 kepala keluarga (KK). Dikutip dari jurnal Radakng sebagai Pusat Kebudayaan Suku Dayak di Kalimantan Barat (2019) karya Poltak Johansen, Rumah Panjang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di berbagai penjuru Kalimantan, terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak.

5. Filosofi yang Unik dan Menarik

rumah panjang Kalimantan Baratgoogle.com

Rumah Panjang punya makna persatuan dan kesatuan antar penghuni yang harus selalu dijaga. Tidak heran kalau Rumah Panjang jadi simbol persatuan masyarakat Dayak dalam NKRI. 

Selain itu, ada pula pembagian arah ruangan dengan makna yang berbeda-beda. Di bagian tengah rumah biasanya dihuni oleh tetua adat. Pada umumnya, bagian hulu rumah menghadap timur, sedangkan bagian hilirnya menghadap ke barat. Menghadap ke timur dan ke barat merupakan simbol bagi orang Dayak. 

Hulu sebagai tempat terbitnya matahari memiliki filosofi kerja keras, yakni bekerja sedini mungkin. Hilir yang menghadap ke barat memiliki filosofi tidak akan pulang atau berhenti bekerja sebelum matahari terbenam.

6. Pemegang Rekor Muri Rumah Adat Terpanjang

bangunan rumah panjang dari Kalimantan Baratpontinesia.com

Kalau mampir di kota Pontianak, ada obyek wisata berupa Rumah Panjang bernama Rumah Radakng. Berlokasi di Jl. Letjen Sutoyo, Kecamatan Pontianak Selatan, rumah asli suku Dayak Kanayatn Kalimantan Barat ini dibangun dengan ukuran panjang 180 meter dan lebar 30 meter. 

Rumah panjang peninggalan nenek moyang ini menjadi satu-satunya bukti sejarah yang mudah ditemui di kota. Bangunan ini juga pernah dinobatkan sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia, lho!

Menarik dan unik banget, ya rumah adat dari Kalimantan Barat ini? Selain Rumah Panjang, temukan juga pembahasan mengenai rumah adat lain di Dekoruma yang pastinya nggak kalah menarik untuk disimak!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu juga bisa beli di Dekoruma secara online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa membuat ruangan rumahmu lebih efisien dan maksimal, bahkan di rumah mungil sekalipun. Harganya juga ramah di kantong. Yuk, wujudkan rumah impianmu dan ciptakan momen indah bersama keluarga!

Leave a Reply